Rumahweb Blog
banner artikel - Repeat Order Artinya dan Cara Menyusun Strateginya

Arti Repeat Order dan Cara Menyusun Strateginya

Secara sederhana, Repeat order artinya membeli kembali atau membeli secara berulang-ulang. Umumnya, alasan pembeli melakukan repeat order karena ia merasa puas dengan produk/layanan di toko tersebut.

Dalam Bahasa Indonesia, repeat order artinya adalah pembelian berulang. Hal ini berarti repeat order merupakan proses pembelian yang dilakukan oleh seseorang yang sebelumnya sudah pernah membeli di toko Anda. 

Berdasarkan data dari Marketing Metrics,  repeat order adalah elemen penting bagi suatu perusahaan. Menurut data tersebut, pelanggan yang pernah berbelanja sebelumnya, cenderung melakukan pembelian 60-70% lebih banyak dari pelanggan baru. Jadi, dapat dikatakan pembeli lama tidak kalah penting posisinya jika dibandingkan dengan pembeli baru.

Arti Repeat Order

Sederhananya, repeat order artinya suatu aktivitas pembelian berulang yang dilakukan seorang konsumen di suatu toko. Transaksi bisa dilakukan pada produk atau toko yang sama. Aktivitas tersebut pada dasarnya terjadi karena konsumen menyukai produk yang dijual di toko tertentu. 

Repeat order adalah sesuatu yang sangat disukai pebisnis. Mengapa demikian? Sebab, perilaku ini secara tidak langsung dapat membuat pebisnis menghemat biaya promosi.

Penghematan biaya promosi bisa dilakukan karena produk yang dijual sudah dikenal sebelumnya. Jadi, pebisnis tidak perlu lagi melakukan promosi besar-besaran untuk meningkatkan awareness masyarakat mengenai produknya.

Strategi Agar Pembeli Melakukan Repeat Order

Ada sejumlah strategi yang bisa dilakukan pelaku usaha agar pembeli mereka melakukan repeat order. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik dan maksimal tentu akan membuat pelanggan puas berbelanja di toko Anda.

Anggaplah semua konsumen adalah teman lama. Bangun kesan pertama/first impression semenarik mungkin, karena first impression ini sangat menentukan apakah pelanggan itu datang kembali untuk melakukan pembelian lagi atau tidak.

2. Menawarkan Promo Menarik

Selain merasa puas dengan produk yang dibeli, promo menjadi alasan lain pelanggan melakukan repeat order.

Anda dapat menawarkan promo atau diskon menarik bagi mereka yang pernah berbelanja di toko Anda, misalnya potongan harga untuk transaksi selanjutnya atau menerapkan metode buy 1 get 1.

Alternatif lainnya, Anda dapat membuat program poin yang bisa ditukar dengan hadiah tertentu, mengadakan program VIP/loyalitas, membuat program referral, dan masih banyak lagi.

3. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pembelian ulang hampir mustahil terwujud jika Anda tidak bisa membangun hubungan baik dengan konsumen. Caranya, Anda bisa menyediakan media/sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen, misalnya dengan menggunakan media sosial, website, atau fitur chat di platform tertentu.

Anda dapat menanyakan feedback atau kendala terkait produk yang pernah mereka beli. Dari sini Anda juga bisa mengetahui kebutuhan konsumen.

4. Menerapkan Metode Retargeting

Agar pelanggan melakukan repeat order, Anda juga perlu menerapkan metode retargeting. Metode ini bisa dilakukan dengan mengingatkan pelanggan untuk membeli produk Anda kembali melalui email, iklan di media sosial, pencarian, maupun tampilan grafis.

5. Memanfaatkan Personalized Marketing

Strategi lain yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan personalized marketing. Pemasaran personal adalah suatu teknik marketing dengan mengirimkan penawaran pada konsumen secara personal (melalui email/chat), berdasarkan riwayat pembelian yang pernah lakukan.

Berikan juga informasi mengenai tawaran promo bagi mereka yang melakukan order selanjutnya.

Baca juga: Pentingnya Online Chat Untuk Bisnis Anda

6. Mengumpulkan User Generated Content (UGC)

User Generated Content atau disingkat UGC adalah konten yang dibuat oleh pembeli atau pelanggan sendiri. Konten ini bisa berupa product review maupun pengalaman mereka saat menggunakan produk tersebut.

Anda dapat meminta konsumen yang sudah membeli produk untuk memberikan ulasan berupa video maupun foto dan mengunggahnya di media sosial dengan disertai tagar tertentu.

Demikian penjelasan mengenai repeat order dari Rumahweb Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa repeat order memang menjadi aspek penting dalam sebuah bisnis. Semakin banyak pelanggan yang melakukan pembelian ulang, semakin menunjukkan bahwa Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan mereka.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb