Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Kode Referral Adalah - Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Apa itu Kode Referral? Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuat

Jika Anda sering berbelanja online atau mengunduh aplikasi tertentu, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah kode referral. Apa itu kode referral? Kode referral adalah kode unik berupa angka, huruf, simbol, atau kombinasi ketiganya.

Kode ini kerap digunakan untuk mengajak orang mengunduh suatu aplikasi, membeli produk, atau mendaftar keanggotaan tertentu. Mereka yang memberi atau menggunakan kode referral biasanya akan mendapatkan potongan, cashback, atau hadiah khusus.

Apabila Anda masih asing dengan kode referral, berikut ini penjelasan lengkapnya dari Rumahweb Indonesia. Mari simak bersama!

Apa itu Kode Referral?

Kode referral atau referral code adalah salah satu metode promosi atau strategi marketing yang cukup populer di kalangan pelaku usaha. Kode ini umumnya berupa kode unik yang terdiri atas huruf, angka, simbol, atau kombinasi ketiganya.

Selain bentuk di atas, kode referral juga bisa berupa tautan atau link yang akan mengarahkan penerima kode untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunduh atau mendaftar akun.

Kode referral sekilas memang mirip seperti kode voucher. Namun bedanya, kode referral memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, baik pemberi maupun pengguna kode. Selain itu, kode voucher biasanya memiliki masa aktif dan hanya bisa digunakan sekali, sedangkan kode referral sifatnya berkelanjutan dan relatif tidak memiliki masa aktif.

BACA JUGA: Google Analytics: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Cara Kerja Kode Referral

Agar lebih mudah memahami apa itu kode referral, berikut penjelasan mengenai cara kerja kode referral dengan studi kasus perusahaan edukasi.

1. Membuat Kode Referral

Proses ini dilakukan oleh pemilik bisnis, yang dalam hal ini adalah perusahaan edukasi. Mereka akan membuat kode unik untuk kemudian dibagikan secara otomatis kepada setiap pengguna/pendaftar baru.

Misalnya, kode referral yang digunakan adalah “DAFTARYUK”.

2. Menyebarkan Kode Referral

Setelah mendapat kode referral, pengguna menyebarkan kode unik tersebut kepada teman, keluarga, atau pengikutnya di media sosial.

3. Redeem Code

Jika ada teman, keluarga, atau pengikut yang tertarik mendaftar, mereka bisa memasukkan kode “DAFTARYUK” di kolom yang disediakan saat pendaftaran.

4. Klaim Keuntungan

Setelah memasukkan kode referral, keuntungan bisa diperoleh oleh pemilik (penyebar) sekaligus pengguna kode referral tersebut. Keuntungan ini bisa berupa komisi, promo, poin, dan lain sebagainya.

Tidak sedikit juga pelaku usaha yang memanfaatkan selebriti, public figure, atau influencer untuk menyebarkan kode referral ini. Biasanya mereka akan membuat kode referral khusus yang mencantumkan nama public figure tersebut, misalnya “TASYAKAMILA123”.

BACA JUGA: Cara Ganti Background Foto jadi Merah secara Online

Manfaat Menggunakan Kode Referral

Manfaat kode referral dapat dirasakan langsung oleh sejumlah pihak, mulai dari perusahaan atau pemilik usaha, hingga konsumen yang menyebarkan dan menggunakan. Berikut ini ragam manfaatnya:

Bagi Perusahaan

Ada beberapa manfaat dari kode referral untuk perusahaan. Berikut ini di antaranya:

1. Mendapatkan Lebih Banyak Konsumen

Kode referral terbukti menjadi strategi marketing yang ampuh menjaring lebih banyak konsumen. Hal ini karena kode referral memanfaatkan strategi Word of Mouth (WoM). Belum lagi jika yang menyebarkan adalah publik figure. Tentunya hal ini dapat semakin meningkatkan jumlah konsumen.

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Kode referral memungkinkan pelanggan mendapat keuntungan, yang dapat berdampak pada peningkatan loyalitas. Dengan menggunakan referral code, bukan tidak mungkin di masa depan mereka akan memilih brand yang sama karena keuntungan yang diperoleh.

3. Membuat Nama Perusahaan Semakin Dikenal

WoM tentu juga akan membuat nama perusahaan semakin dikenal. Apalagi jika pengguna juga menyebarkan kode mereka di berbagai platform, mulai dari media sosial, sampai personal chat. Dengan cara ini, perusahaan dapat berpromosi di channel yang tidak terjangkau sebelumnya. 

4. Meningkatkan Transaksi Penjualan

Saat membagikan kode referral, biasanya pelanggan juga akan menyertakan testimoni atau keunggulan produk/layanan tersebut. Hal ini secara tidak langsung dapat membuat orang lain penasaran ingin mencoba, sehingga akan berdampak pada peningkatan transaksi penjualan.

Bagi Konsumen

Ada beberapa manfaat dari kode referral bagi konsumen. Berikut ini di antaranya:

1. Mendapat Potongan Harga/Komisi

Seperti halnya kode voucher, pelanggan yang menggunakan kode referral akan mendapatkan harga khusus. Tak hanya itu, pemilik/penyebar kode referral juga bisa mendapat komisi dari produk yang dibeli dengan menggunakan kode referral-nya.

2. Memudahkan Berbagi Diskon

Kode referral juga dapat membantu orang memberi keuntungan bagi teman/ keluarganya. Dengan memasukkan kode referral yang ia sebarkan, maka siapapun yang menggunakannya juga akan memperoleh keuntungan yang sama.

3. Mendapat Keuntungan Tanpa Keluar Modal

Kode referral juga memungkinkan orang mendapat keuntungan tanpa mengeluarkan modal. Hanya dengan membagikannya, mereka bisa memperoleh komisi dari siapapun yang menggunakan kode referral-nya.

4. Keuntungan yang Berkelanjutan

Karena umumnya kode referral tidak memiliki kadaluarsa, maka selama kode referral terus digunakan oleh pelanggan baru, keuntungan yang diperoleh akan terus mengalir.

BACA JUGA: Keamanan Website : 7 Langkah Mengamankan Situs dari Hacker

Cara Buat Kode Referral

Cara membuat kode referral sebenarnya berbeda-beda, tergantung dari platform penyedianya. Namun secara umum, begini cara membuatnya:

  1. Login ke aplikasi penyedia kode referral, misalnya e-commerce atau website brand tertentu.
  2. Kemudian masuk ke profil akun Anda.
  3. Cari opsi menu Kode Referral.
kode referral
  1. Setelah itu, Anda bisa melakukan kustomisasi kode referral agar lebih mudah diingat orang.
apa itu kode referral
  1. Setelah membuat kode referral, Anda dapat langsung membagikannya dengan klik opsi Bagikan. Pada sebagian platform, membagikan kode referral juga bisa dilakukan dengan link atau tautan, seperti contoh di bawah.
kode referral adalah

Kesimpulan

Kode referral adalah sebuah kode unik yang digunakan dalam sistem pemasaran afiliasi untuk mengidentifikasi atau merujuk pengguna baru yang mendaftar atau melakukan pembelian melalui tautan atau kode yang diberikan oleh seorang afiliasi.

Kode referral dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif dalam menghasilkan pengguna baru atau penjualan, karena mendorong afiliasi untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu dan memberikan insentif kepada pengguna baru untuk bergabung atau membeli melalui tautan atau kode yang diberikan.

Demikian ulasan mengenai apa itu kode referral hingga cara membuatnya dari Rumahweb. Ternyata referral code tak hanya menguntungkan bagi satu pihak saja. Apakah Anda sudah mengimplementasikan kode satu ini, atau tertarik menggunakannya?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents