Rumahweb Blog
banner - Inspirasi Podcast Logo yang Bisa Anda Gunakan

Inspirasi Podcast Logo Yang bisa Anda Gunakan

Ketika mengunjungi channel podcast baru, apa yang pertama kali Anda perhatikan? Sebagai makhluk visual, salah satu hal pertama yang menarik perhatian kita biasanya adalah gambar atau artwork yang terdapat pada halaman tersebut, atau dalam hal ini adalah podcast logo yang muncul di samping nama channel.

Seiring dengan kian meningkatnya popularitas podcast, mulai banyak channel podcast baru dengan berbagai topik pembicaraan yang mulai bermunculan. Memiliki podcast logo yang menarik bisa sangat membantu untuk menarik banyak pendengar baru pada channel Anda.

Mengapa Podcast Logo Penting

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa podcast logo adalah salah satu aspek yang pertama kali dilihat ketika seseorang mengunjungi channel podcast. Namun, bagi seorang podcaster, ada alasan lain yang membuat podcast logo menjadi penting:

  1. Anda wajib mengunggah podcast logo ketika mendaftarkan channel di sebuah platform, seperti Spotify, Apple Podcast, Anchor Podcast, dan sebagainya
  2. Harus disadari bawa ada puluhan, atau bahkan ratusan channel lain yang mungkin mengangkat topik yang sama dengan channel Anda. Podcast logo dapat membantu channel Anda terlihat berbeda dari channel lainnya, dan dapat menarik perhatian pendengar baru
  3. Mengingat podcast logo adalah aspek yang dilihat pertama kali oleh kebanyakan pengunjung, maka podcast logo kemungkinan besar akan menjadi salah satu indikator yang digunakan oleh pengunjung untuk memutuskan kualitas dan isi konten podcast Anda

Setelah mengetahui mengapa podcast logo penting untuk mendapat perhatian khusus dalam membuat channel podcast, selanjutnya Anda harus mempelajari bagaimana cara membuat podcast logo yang menarik. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan dalam membuat podcast logo:

1. Sesuaikan dengan Spesifikasi Platform yang Digunakan

Hal yang paling penting untuk diperhatikan bahkan sebelum Anda mulai membuat podcast logo adalah mengetahui spesifikasi artwork pada platform yang Anda gunakan.

Dengan mengetahui spesifikasi tersebut, Anda dapat memaksimalkan podcast logo agar kompatibel. Setiap platform podcast biasanya memiliki spesifikasi yang berbeda terkait spesifikasi artwork yang direkomendasikan. Berikut spesifikasi artwork pada dua platform yang paling banyak digunakan oleh podcaster:

Spotify

  • Gambar persegi dengan  rasio 1:1
  • Disarankan untuk menggunakan resolusi tertinggi yang tersedia
  • Format gambar: TIFF, PNG, atau JPG

Apple Podcast

  • Gambar persegi rasio 1:1, dengan ukuran minimal 1400x1400px dan maksimal 3000x3000px.
  • Resolusi yang digunakan 72dpi
  • Menggunakan colorspace RGB
  • Format gambar: JPG atau PNG

2. Cek Kembali Tampilan Logo pada Berbagai Perangkat

Gambar yang muncul ketika Anda mengakses podcast menggunakan komputer, tablet, dan ponsel tentu memiliki ukuran yang berbeda. Sebelum mengunggah podcast logo pada channel, pastikan Anda sudah mengecek kembali tampilan logo pada berbagai perangkat.

Caranya, coba export podcast logo yang telah selesai dibuat dengan ukuran 50×50 pixel. Pastikan tidak ada elemen yang terlihat aneh atau terlalu kecil hingga tidak terbaca.

Selain memastikan tampilan podcast logo pada berbagai perangkat, jangan lupa untuk mempertimbangkan bahwa kini sebagian besar ponsel memiliki opsi untuk beralih ke dark mode. Pertimbangkan komposisi warna yang digunakan, agar podcast logo tidak ‘menghilang’ ketika dark mode diaktifkan pada ponsel pendengar.

3. Gunakan Desain yang Sederhana

Jangan takut untuk menggunakan desain yang sederhana, mengingat podcast logo hanya ditampilkan dalam ukuran yang cukup kecil. Desain podcast logo yang terlalu ramai justru dapat membuat pengunjung tidak fokus dan malas mengunjungi channel podcast Anda.

Ada beberapa tips dalam membuat desain yang sederhana, di antaranya:

  • Pastikan background yang digunakan tidak terlalu kontras ataupun terlalu mirip dengan warna elemen lain.
  • Gunakan elemen yang besar, jelas, sederhana, dan legible
  • Sebelum mengunggahkan, coba perkecil ukuran desain dan perhatikan apakah ada elemen yang tidak dapat terlihat atau terbaca dengan baik.

4. Gunakan Elemen yang Unik atau Berbeda

Podcast memang umumnya identik dengan headphone atau microphone. Namun, sebisa mungkin, hindari menggunakan kedua elemen tersebut, atau elemen lain yang sudah sering digunakan pada channel podcast yang lain.

Icon atau elemen ini tidak akan membantu podcast Anda terlihat menarik. Sebaliknya, menggunakan ikon yang sudah terlalu umum justru dapat membuat channel Anda terkesan seragam dengan channel lain.

5. Sesuaikan dengan Target Audiens

Ketika mulai mendesain podcast logo, pertimbangkan target audiens Anda. Siapa yang dituju oleh channel podcast Anda?

Pengetahuan tentang siapa target audiens channel podcast dapat mempermudah Anda dalam memilih elemen, baik gambar maupun ilustrasi, yang akan digunakan pada podcast logo.

Misalnya, jika podcast membahas mengenai musik, maka elemen yang digunakan dapat berupa alat musik. Atau jika podcast membahas mengenai games, maka Anda dapat menambahkan elemen-elemen yang biasa ada pada game, seperti game console dan lainnya.

Daftar Inspirasi Logo Podcast

Setelah mengetahui beberapa tips dalam membuat podcast logo, berikut kami rangkum beberapa contoh podcast logo yang menarik sebagai inspirasi Anda.

1. Rapot

Rapor - Inspirasi Podcast Logo

2. DESTAnya Siapa?

Desta - Inspirasi Podcast Logo

3. Thirty Days Of Lunch

Thirty Days Of Lunch - Inspirasi Podcast Logo

4. How Did I Get Here? w/ Jae and AleXa

Dive Studio

5. Makna Talks

Talks

Jika Anda yang memiliki kemampuan dalam desain grafis, tentu membuat podcast logo bukan lagi masalah besar. Namun, bagaimana jika tidak memiliki kemampuan dalam mengolah software desain grafis?

Jangan khawatir karena ada berbagai cara lain yang dapat dilakukan, misalnya dengan menggunakan jasa desainer grafis, atau menggunakan platform desain grafis yang dapat membantu Anda membuat desain dengan lebih mudah.

Salah satu platform desain grafis yang paling populer dan banyak digunakan adalah Canva. Anda dapat dengan mudah membuat podcast logo dengan berbagai pilihan template, icon, gambar, hingga font yang disediakan.

Dengan berbagai tips dan inspirasi podcast logo, apakah Anda sudah siap untuk menciptakan podcast logo Anda sendiri? Satu hal penting yang harus diingat adalah podcast logo yang digunakan tidak berlaku selamanya. Jika Anda merasa tidak puas atau bosan dengan podcast logo yang digunakan saat ini, Anda dapat menggantinya kapan saja!

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda