Rumahweb Blog
banner blog - 10 Podcast Indonesia Terbaik di Tahun 2021

10 Podcast Indonesia Terbaik di Tahun 2021

Ada banyak pilihan topik konten yang kini ditawarkan oleh berbagai channel podcast di Indonesia. Mulai dari bisnis, lifestyle, keuangan, hingga kesehatan yang dapat memperluas wawasan, hingga topik mengenai fenomena-fenomena yang erat dengan kehidupan sehari-hari.

Podcast masih menjadi salah satu platform yang semakin populer di masyarakat luas, karena kontennya yang dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun. Popularitas podcast yang meningkat berefek pada semakin banyaknya channel podcast Indonesia dengan beragam topik yang ditawarkan.

Baca juga artikel Apa Itu Podcast dan Manfaatnya untuk Pemasaran Bisnis Anda

Semakin banyaknya pilihan channel dan topik ini memang dapat menguntungkan karena berarti banyak pembahasan yang dapat didengarkan. Namun di sisi lain, hal ini berarti Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mencari  Indonesia yang berkualitas dan sesuai keinginan.

Agar tidak terlalu lama membuang waktu untuk mencari channel podcast yang diinginkan, berikut kami rangkum 10 rekomendasi podcast Indonesia terbaik di tahun 2021 ini:

1. Makna Talks

Makna Talks - 10 Podcast Indonesia Terbaik di Tahun 2021-min

Makna Talks adalah channel podcast Indonesia yang dibuat oleh Makna Group yang juga menaungi creative lab Makna Creative, dan coffeeshop Makna Coffee. Mengusung konsep interview dengan host Iyas Lawrence membuat program ini menarik, ringan untuk didengarkan, dan dapat menambah wawasan pendengarnya.

Makna Talks yang dibentuk sejak tahun 2017 kini sudah memiliki lebih dari 100 episode dengan topik yang beragam, mulai dari musik, bisnis, hingga keuangan yang dibahas langsung dengan para pakarnya. Anda dapat mendengarkan kisah dari influencer dan public figure ternama dari Indonesia, seperti Dian Sastrowardoyo, Hamish Daud, Rossa, hingga Basuki Tjahaja Purnama.

Selain mengusung program dengan konsep talkshow, pada April 2020 Makna Talks juga membuat sebuah program khusus bulan Ramadhan berjudul Kelas Puber, yang menampilkan sketsa kelas online mengenai pengetahuan dasar maupun pengalaman para narasumbernya.

Kelas puber - 10 Podcast Indonesia Terbaik di Tahun 2021-min

Tidak hanya memiliki dua program tersebut, popularitas Makna Talks sebagai salah satu channel podcast Indonesia terbaik dan terpopuler ini juga membuat Makna Talks memiliki sebuah program lain sebagai hasil kolaborasi dengan Tomorrow dari Bank UOB Indonesia.

TALKS TOMORROW EP.1: Joko Anwar, Cinta Laura & Iga Massardi’s take to Win Entertainment Industry

Selain dapat didengarkan melalui platform podcast Spotify, Anchor, Apple Podcast, dan SoundCloud, Makna Talks juga menyediakan versi visual podcast yang dapat ditonton melalui channel YouTube mereka.

2. Rapot

Rapot - 10 Podcast Indonesia Terbaik di Tahun 2021

Konten podcast tidak selalu serius dengan narasumber tokoh penting. Channel podcast Indonesia Rapot, misalnya. Program ini dibawakan oleh empat podcaster, yaitu Reza Chandika, Ankatama, Nastasha Abigail, dan Radhini.

Membawakan topik seputar pengalaman pribadi yang dekat dengan permasalahan pendengarnya, Rapot tidak hanya menghibur namun juga dapat memberikan edukasi ringan seputar permasalahan sehari-hari.

3. Do You See What I See

Do you see what i see - 10 Podcast Indonesia Terbaik di Tahun 2021

Bagi Anda yang menyukai konten horor, channel Do You See What I See ini wajib masuk ke dalam daftar podcast Indonesia yang harus didengarkan. Podcast ini menceritakan mengenai berbagai pengalaman mistis orang-orang yang dikirim oleh para pendengar dan dikurasi dan dibacakan oleh Rizky Ardi Nugroho, atau lebih dikenal dengan nama Mizter.

Nama Mizter mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Mizter sudah dikenal secara luas berkat kisah horor tentang rumah eyang yang ditayangkan di akun YouTube Raditya Dika.

4. Asumsi Bersuara

Asumsi bersuara - 10 Podcast Indonesia Terbaik di Tahun 2021

Topik mengenai politik masih dianggap sebagai pembahasan yang berat, serius, dan sulit dipahami. Padahal, isu politik penting untuk diketahui oleh masyarakat umum.

Channel Asumsi Bersuara dapat menjadi salah satu alternatif bagi pendengar yang ingin memahami isu-isu politik terkini tanpa harus pusing memahami bahasa yang rumit. Dipandu oleh Pangeran Siahaan dan Imam Sjafei, podcast Indonesia ini berhasil membawakan tema politik dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

5. Sudut Pandang

sudut pandang - 10 Podcast Indonesia Terbaik di Tahun 2021

Channel podcast Indonesia ini banyak membahas mengenai fenomena-fenomena di sekitar kita yang memiliki kaitan erat dengan kehidupan milenial. Dipandu oleh Aria Notharia, channel ini membahas isu-isu yang dekat dengan anak muda, khususnya kaum milenial.

Selain membahas mengenai isu atau pembahasan yang dekat dengan kaum milenial, Sudut Pandang dapat menyajikan pembicaraan secara terstruktur dengan pesan moral yang dapat menyentuh hati dan memotivasi pendengar.

6. Box2Box Football Podcast

Box2Box Football Podcast

Sepak bola adalah cabang olahraga yang paling banyak diminati di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Meskipun olahraga merupakan topik yang secara umum sudah banyak diminati oleh masyarakat, namun belum banyak channel podcast Indonesia yang secara khusus membahas mengenai olahraga.

Maka, tidak salah jika Box2Box membuat klaim sebagai podcast sepak bola dan olahraga nomor 1 di Indonesia. Dipandu oleh Justin Lhaksana, Pangeran Siahaan, dan Tio Prasetio, Box2Box memiliki berbagai topik bahasan mengenai sepakbola, mulai dari liga sepakbola hingga aspek non-teknis di luar pertandingan.

7. Ngobam

Ngobam

Ada berbagai topik bahasan yang dapat ditemukan pada berbagai podcast Indonesia yang dapat menambah wawasan Anda, mulai dari politik hingga olahraga. Channel Ngobam merupakan singkatan dari Ngobrol Bareng Musisi.

Dari judul tersebut, sudah dapat ditebak bahwa podcast ini membahas mengenai musik langsung dari pakarnya. Dipandu oleh Gofar Hilman, Ngobam menghadirkan perbincangan santai dengan para musisi Indonesia dari berbagai genre.

8. Thirty Days of Lunch

Thirty Days of Lunch

Selain podcast dengan topik pembicaraan yang spesifik, ada juga beberapa podcast Indonesia dengan pembahasan yang cenderung lebih luas. Misalnya channel Thirty Days of Lunch yang dipandu oleh host utama Fellexandro Rubi dan Sheggario.

Podcast Indonesia yang dibentuk sejak akhir 2018 dan sudah mencapai season ketiga ini membahas mengenai produktivitas, karir, bisnis, dan self-development. Tidak hanya mengobrol berdua, Thirty Days of Lunch juga sering mengundang berbagai narasumber, seperti Najwa Shihab dan Gary Vee.

9. Healthy Hacks ID

Healthy Hacks ID

Anda tentu setuju bahwa kesehatan itu penting. Meskipun demikian, kondisi yang serba cepat dan serba instan seperti saat ini terkadang membuat kita melupakan pentingnya kesehatan. Tidak jarang, kita juga menemui berbagai hoaks tentang kesehatan yang berlalu lalang di sosial media.

Jika Anda ingin menambah pengetahuan mengenai kesehatan langsung dari pakarnya, maka podcast Indonesia Healthy Hacks ini wajib untuk dimasukkan ke daftar podcast yang harus Anda dengarkan.

Healthy Hacks juga sering mengundang narasumber berbagai dokter spesialis untuk membahas isu-isu kesehatan terkini yang dikemas dengan santai agar mudah dipahami pendengarnya.

10. Kejar Paket Pintar

Kejar Paket Pintar

Selain topik pembahasan, salah satu nilai penting yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih channel podcast Indonesia untuk didengarkan adalah host podcast tersebut.

Kejar Paket Pintar dibawakan oleh dua perempuan cerdas dengan suara yang nyaman untuk didengarkan, yaitu Laila Achmad dan Dara Hanafi. Podcast Indonesia ini membahas berbagai topik informatif, mulai dari fenomena sosial yang sedang tren, politik, buku, musik, hingga isu gender.

Berikut tadi adalah rekomendasi podcast Indonesia dengan beragam topik yang dapat Anda dengarkan untuk mengisi waktu luang dan menambah wawasan. Dengan mendengarkan podcast Indonesia, berarti Anda juga sudah mendukung dan menghargai karya anak bangsa. Selamat mendengarkan!

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Lutfi Hanif

Tukang Komputer