Rumahweb Blog
banner - perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS, Apa Saja Manfaatnya?

Pernahkah Anda membuka sebuah situs, lalu di tab browser muncul warning “Not Secure” atau muncul gembok hijau? Ya, perbedaan warning tersebut disebabkan karena akses URL pada website yang Anda kunjungi. Website akan dianggap secure, jika diakses melalui link HTTPS. Sedangkan website akan dianggap not secure, ketika diakses melalui HTTP. Lalu, apa saja perbedaan HTTP dan HTTPS?

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang perbedaan HTTP dan HTTPS secara lengkap disertai dengan manfaatnya.

Apa itu HTTP

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yaitu protokol yang bertugas melakukan komunikasi antara client dan server. Client disini yang dimaksud adalah browser atau perangkat yang dapat menampilkan konten web. Http digunakan untuk menampilkan data yang dikirim dari server ke browser supaya bisa ditampilkan di halaman website.

Yang menjadi kekurangan dari http adalah data yang dikirim dari browser ke server tidak dienkripsi. Hal ini yang membuat adanya celah keamanan yang bisa disalah gunakan. Apalagi transaksi website atau sistem Anda adalah transaksi pembayaran kartu kredit atau belanja online yang membutuhkan keamanan kerahasiaan data.

Apa itu HTTPS

HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. S disini merupakan singkatan dari secure/ aman. Dengan menggunakan https, informasi yang dikirimkan akan dienkripsi dan hanya dapat diakses oleh client dan server tujuan.

Dengan menggunakan https membuat pengiriman data menjadi jauh lebih aman. Sebagai contoh, ketika Anda mengakses halaman website yang menggunakan https, halaman yang dikirimkan kepada Anda telah dienkripsi terlebih dahulu oleh protokol https, sehingga informasi seperti nama, alamat, ataupun pin, akan dienkripsi sehingga tidak ada yang dapat mencuri data ketika proses transaksi sedang berlangsung.

Dengan adanya https, transaksi yang Anda lakukan menjadi lebih aman. Jadi, saat ini Anda sudah tahu kan apa perbedaan HTTP dan HTTPS?

Bagaimana agar website bisa diakses menggunakan HTTPS?

Agar website Anda bisa diakses melalui url HTTPS, maka Anda perlu memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layer (SSL) adalah protokol keamanan yang mengamankan semua bentuk transaksi yang ada di website Anda. Mulai dari sekedar akses website hingga transaksi yang sensitif seperti pendaftaran, online shopping, email, hingga transaksi kartu kredit.

Dengan memasang SSL pada website, Anda akan mendapatkan kepercayaan, keamanan, meningkatkan konversi, dan akhirnya dapat menambah revenue dari Website Anda.

Kabar gembiranya, saat ini semua layanan hosting di Rumahweb telah dilengkapi dengan SSL Gratis. Sehingga website Anda dapat diakses melalui URL HTTPS tanpa harus membayar uang tambahan.

Namun apabila server Anda berada di tempat lain, Anda bisa melakukan pemesanan SSL saja yang detail paket nya bisa dilihat melalui halaman SSL Murah.

Cara Install SSL

Kami akan menjelaskan cara install SSL gratis yang tersedia di layanan hosting, beserta cara install SSL berbayar yang telah Anda pesan sebelumnya. Berikut informasinya.

Install SSL Gratis di Hosting

Bagi Anda yang telah memesan layanan Shared hosting, Cloud Hosting maupun Unlimited Hosting, Anda dapat melakukan instalasi SSL gratis melalui cPanel. Cara instalasinya cukup mudah, Anda cukup login ke cPanel > SSL/TLS Status > Centang nama domain yang akan di install SSL.

Panduan lengkap install SSL Gratis di cPanel bisa dibaca melalui artikel : Install SSL Gratis di cPanel

Bagi Anda pengguna layanan WordPress hosting, instalasi SSL gratis dapat dilakukan melalui Plesk Panel. Cara install SSL gratis di Plesk juga sangat mudah, Anda hanya perlu login ke Plesk > Klik menu website and domain > Lets encrypt > Install.

Panduan lengkap install SSL Gratis di Plesk Panel bisa dibaca melalui artikel : Install SSL Gratis di Plesk

Install SSL Berbayar

Instalasi SSL sangatlah mudah. Apabila hosting atau server Anda menggunakan cPanel, Anda bisa melakukan installasi SSL di cPanel dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, generate CSR dengan mengikuti panduan berikut : Cara generate CSR
  2. Lakukan konfigurasi dari clientzone.rumahweb.com : Konfigurasi SSL
  3. Instalasi SSL tersebut dengan panduan berikut: Cara Install SSL

Sedangkan bagi Anda pengguna Plesk panel, instalasi SSL di Plesk bisa dilakukan dengan mengikuti panduan : Install SSL di Plesk

Demikian artikel tentang perbedaan HTTP dan HTTPS serta manfaatnya. Semoga dengan artikel ini Anda sudah bisa membedakan antara keduanya dan bisa memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan .

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Yeni Setiawan

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb