Rumahweb Blog

Memilih Web Browser Terbaik

Ancaman keamanan online seperti phishing, virus, dan malware semakin berkembang. Pemilihan perangkat online seperti web browser yang baik, cepat dan aman sangatlah diperlukan. Pada tulisan kali ini kita akan menggali lebih dalam bagaimana cara memilih peramban web/web browser terbaik yang digunakan saat browsing ataupun saat bertransaksi online.

Bagaimana Mengidentifikasi Web Browser yang Aman

Keamanan dan privasi adalah dua elemen dasar yang perlu dipertimbangkan saat browsing dengan aman di internet. Web browser, atau juga sering disebut peramban, yang aman harus bisa memberikan peringatan atau semacam blokir akses ketika Anda sedang mengakses suatu situs web yang tidak aman. Selain itu web browser yang aman harus bisa memberitahu ketika jaringan yang Anda gunakan tidak terenkripsi bahkan memblock situs web yang memanfaatkan kerentanan sistem keamanan.

Keamanan dan privasi adalah hal yang kita inginkan ketika berselancar di dunia maya. Kebanyakan konten yang Anda temukan secara online itu gratis, namun banyak situs web memanfaatkan aktivitas pengguna untuk mendapatkan keuntungan.

Iklan online mengumpulkan banyak data pribadi dibandingkan dengan iklan tradisional (surat kabar dan radio). Semua informasi yang Anda simpan di Google, Apple, Facebook, dan lainnya dikumpulkan untuk menayangkan suatu iklan yang sudah ditargetkan. Untuk meningkatkan ROI (Return of Investment) mereka, pengiklan melakukan pelacakan terhadap privasi pengguna. Menggunakan web browser yang aman diharapkan dapat melindungi privasi Anda dari pengiklan jahat yang mengancam.

Web browser apa yang paling aman?

Google Chrome

Chrome adalah browser yang paling populer dengan hampir dua pertiga pengguna Internet di dunia ini menggunakannya. Mengenai keamanan, Chrome jelas menjadi favorit karena Google dengan cepat dan konsisten meluncurkan pembaharuan keamanan secara berkala.

Satu hal yang kurang memuaskan dari Chrome adalah tentang privasi. Keuntungan yang didapatkan Google berasal dari melacak aktivitas online pengguna, seperti dari apa yang Anda beli, aktivitas Anda, dan lokasi Anda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui semua aktivitas Anda dan hal inilah yang membuat Google menghasilkan 90% pendapatan dari iklan.

Cara yang mereka lakukan untuk mengambil data pribadi Anda adalah melalui perambanan/penjelajahan yang Anda lakukan, tapi bukan berarti bahwa email dan kata sandi Anda tidak terenkripsi. Artinya, Anda hanya kurang memegang kendali atas bagaimana identitas Anda digunakan atau dibagikan. Chrome bukanlah open source, jadi Anda tidak memiliki kemampuan untuk menggali lebih dalam bagaimana cara kerjanya.

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox mungkin bukanlah pilihan pertama yang Anda pikirkan dalam hal keamanan, tapi browser ini unggul dalam komitmennya menjaga privasi. Browser ini meraih popularitas di awal kemunculannya. Namun penggunaannya perlahan meredup dalam beberapa tahun terakhir karena persaingan yang ketat.

Hal yang paling membuat Mozilla unggul adalah bagaimana dia menangani masalah privasi. Karena sepenuhnya open source maka siapapun bisa memeriksa bagaimana cara kerjanya. Artinya, pengiklan cenderung tidak menyembunyikan apapun, seperti melacak perangkat lunak. Selain itu, Firefox meninggalkan jejak digital yang kecil, dan tidak terikat dengan Adobe Flash Player atau software lain yang membebani sebuah situs.

Firefox adalah organisasi nirlaba sehingga Anda dengan mudah mengetahui bahwa kebiasaan browsing Anda, bukan bagian dari pengiklanan apapun.

Apple Safari

Jika Anda menggunakan Mac, maka Safari adalah pilihan yang baik. Safari mempertahankan reputasi hebat dalam hal keamanan karena memiliki fitur anti-malware yang menakjubkan dan mereka cepat meluncurkan pembaharuan keamanan. Perlu diketahui bahwa Safari tidak lagi didukung di Windows. Versi terakhir yang tersedia adalah 5.1.7 sejak Mei 2012 tanpa update keamanan setelahnya.

Opera

Opera mungkin tidak sepopuler browser yang lain, tapi bukan berarti Opera tanpa keunggulan. Browser Opera memiliki kecepatan dan konsisten pada Windows PC dan Mac. Untuk privasi ada langkah tambahan yang perlu Anda lakukan. Yaitu dengan cara menambahkan pemblokir iklan bawaan langsung di perambannya tanpa perlu memasang ekstensi apapun. Anda dapat mengontrol di situs apa pemblokir iklan (ads block) harus bekerja.

Peramban ini merupakan browser pertama yang mengintegrasikan Virtual Private Network (VPN) gratis dan tidak terbatas di browser mereka. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membayar untuk VPN berkualitas atau meng-instal ekstensi VPN secara terpisah.

Vivaldi

Vivaldi adalah browser baru yang dibuat oleh mantan CEO dan beberapa developer Opera. Dengan memanfaatkan engine Chromium yang open source, Vivaldi memberikan banyak fitur bagi para penggunanya seperti pengelolaan tab berjajar, screenshot tampilan web langsung dari browser, maupun kemampuan menampilkan huruf kanji secara vertikal.

Peramban ini juga dilengkapi dengan tampilan riwayat selancar yang menarik, penulisan catatan (notes) yang mudah, serta kemudahan mengubah layout peramban secara keseluruhan. Sisi keamanan juga sangat diperhatikan dalam setiap rilisnya.

Microsoft Edge/Internet Explorer

Edge dan Internet Explorer adalah jajaran web browser dari Microsoft. IE adalah browser lawas yang sangat didukung Microsoft. Selama versi terakhirnya sedang menerima beberapa pembaharuan, pakar keamanan memperingatkan pengguna untuk tidak menggunakannya karena akan membuat pengguna rentan terhadap serangan keamanan.

Microsoft mengumumkan bahwa setelah 12 Januari 2016 mereka hanya akan mendukung IE versi terbaru. Hanya IE11 yang akan menerima update keamanan. Jadi, jangan gunakan versi lama IE 6,7,8,9 dan 10 karena Microsoft sudah tidak lagi mendukungnya.

Saat ini, Microsoft menarik diri dari merek IE. Mereka sekarang fokus pada Edge, browser default Windows 10. Edge menggunakan ‘virtualisasi’, sebuah teknologi yang membangun tempat aman untuk membuka dan memeriksa links/tautan sebelum mengizinkan kode pemrograman mengakses komputer pengguna. Mereka memperkenalkan beberapa perangkat keamanan tambahan untuk meningkatkan keamanan yang kurang di IE. Certificate Reputation System, alat cerdas untuk mendeteksi sertifikat keamanan palsu dan memblokir situs web berbahaya agar tidak mengakses informasi pengguna.

Bagaimana Menjelajah dengan Aman di Internet ?

Tergantung pada aspek mana yang penting bagi Anda, maka salah satu browser di atas bisa menjadi pilihan bagus. Namun, memilih web browser yang tepat hanya setengah dari pembahasan. Keamanan ber-internet juga memerlukan kebiasaan browsing yang cerdas. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  • Instal software antivirus pada perangkat Anda
  • Izinkan pembaruan keamanan otomatis
  • Baca blog atau berita tentang masalah keamanan terbaru dan cara memerangi mereka (postingan di blog ini salah satunya)
  • Berhati-hatilah saat meneruskan informasi atau membuka lampiran email
  • Download dan instal add-on ini untuk menambah lapisan keamanan dan privasi:
    • LastPass – menciptakan hard-to-crack password dan menyimpannya di lemari terenkripsi dengan satu kata kunci
    • HTTPS – secara otomatis menciptakan versi terenkripsi dari apapun situs web yang Anda kunjungi.
    • Ad-blockers – ada banyak konten yang tersedia di repositori ekstensi browser Anda. Dengan menginstal salah satunya akan membuat browsing yang lancar dengan sedikit atau tidak ada sama sekali iklan yang muncul.

Keamanan dan Privasi adalah Tanggung Jawab Setiap Orang

Tidak ada browser yang bisa 100% melindungi pengguna yang belum cukup pintar dan proaktif terhadap kebiasaan browsing mereka. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menggagalkan atau setidaknya mencegah diri Anda dari ancaman serangan keamanan.

Sedangkan untuk keamanan, kami merekomendasikan Chrome atau Opera karena fitur keamanan mereka cukup solid dan mereka terus berupaya memperbaikinya setiap tahun. Untuk kombinasi keamanan dan privasi, sebaiknya Anda menggunakan Mozilla Firefox.

Peran Rumahweb dalam Menjaga Keamanan

Sebagai perusahaan hosting yang digunakan oleh puluhan ribu website, Rumahweb memiliki komitmen untuk berkontribusi secara pro-aktif terhadap keamanan internet.

Kami melakukan scanning secara teratur terhadap file-file website yang berada di server kami dan melakukan tindakan sesuai standard operation procedure apabila didapati ada file-file malware dan jenis-jenis file lain yang dapat mengganggu keamanan pengunjung.

Jadi pilih browser yang paling aman dan hanya percayakan web hosting Anda pada Rumahweb!

Berikan Komentar

RumahWeb