Rumahweb Blog
banner blog - Cara Cek DA PA Pada Website - Rumahweb Blog

Panduan Cara Cek DA PA Pada Website

Pada tahun 2014, Google memutuskan untuk tidak lagi menggunakan page rank sebagai penentu peringkat SEO pada website. Sejak saat itu, standar SEO pada website pun ikut berubah. Selain kualitas konten yang harus orisinal dan bagus, domain authority (DA) dan page authority (PA) menjadi salah satu indikator untuk menentukan posisi website pada SERP. Oleh karena itu, memahami bagaimana cara cek DA dan PA sangat penting diketahui.

Domain authority dan page authority diperkenalkan dan dikembangkan oleh Moz Company, yang merupakan perusahaan penyedia SEO Tools. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang domain authority dan page authority, serta cara pengecekannya pada website.

Apa itu Domain Authority?

Domain authority adalah skor pada domain yang menunjukkan kualitas SEO pada website serta kemampuan untuk memprediksi seberapa baik peringkat halaman Anda. Skor domain authority berkisar antara 1-100. Semakin tinggi nilai domain authority website Anda, maka semakin tinggi pula peluang mendapatkan peringkat terbaik di search engine.

Ada beberapa faktor yang menentukan skor domain authority, seperti jumlah tautan internal dan tautan dari website lain ke website Anda.

Apa itu Page Authority?

Hampir sama dengan domain authority, perhitungan skor page authority juga memiliki skala antara 1-100. Bedanya, page authority mengacu pada kualitas konten secara lebih spesifik terhadap halaman website Anda. Page authority sifatnya sangat dinamis dan Anda bisa melakukan peningkatan skor kapan saja, dengan memperbaiki SEO on page pada halaman tersebut.

Cara Cek DA PA Pada Domain

Setidaknya ada dua opsi yang bisa Anda gunakan untuk mengecek score DA/PA pada website. Berikut adalah cara cek DA/PA yang bisa Anda praktekkan:

1. Moz Toolbar

Mozbar merupakan ekstensi toolbar yang bisa Anda install di browser. Ekstensi ini bisa diinstal secara gratis, melalui browser Google Chrome atau Mozilla Firefox. Opsi ini cocok untuk melakukan pengecekan secara berkala nilai dari DA/PA pada website hingga cek nilai website kompetitor. 

Berikut adalah langkah-langkah melakukan instalasi Mozbar pada Google Chrome:

  • Buka browser Google Chrome 
  • Akses link Mozbar pada link berikut: MozBar Chrome
  • Klik ‘Tambahkan ke Chrome’ 
  • Klik ‘Add extensions’ 
  • Tunggu hingga instalasi selesai, lalu akan muncul keterangan berikut ini:image 1 - Cara Cek DA PA pada Website 
  • Setelah instalasi selesai, Anda bisa login ke akun Moz.com melalui link login yang tertera pada MozBar. Bila Anda belum memiliki akun moz, Anda bisa registrasi terlebih dahulu melalui link: register moz
  • Selanjutnya, silakan akses website yang ingin Anda cek DA PA seperti screenshot berikut :

    image 2 - Cara Cek DA PA pada Website

2. Link Explorer Moz

Link Explorer adalah fitur untuk menganalisa domain dan page authority dari moz.com. Opsi ini sangat cocok bagi Anda yang hanya ingin melihat skor DA/PA pada website atau tidak digunakan secara rutin. Caranya sebagai berikut: 

  • Silahkan login ke moz.com
  • Setelah itu, halaman akan diarahkan ke link explorer dan Anda bisa memasukkan nama domain yang ingin di cek seperti gambar berikut :image 3 - Cara Cek DA PA pada Website 

Demikian cara cek DA PA pada website dari Rumahweb. Untuk optimasi SEO pada website, Anda bisa mencoba layanan RankingCoach dari Rumahweb Indonesia. Klik ‘Daftar SEO Tools’ untuk uji coba gratis selama 10 hari. 

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Lutfi Hanif

Tukang Komputer