Rumahweb Blog
Banner - Apa Itu OpenCart Adalah

OpenCart: Pengertian, Fungsi, Download, dan Cara Instalasinya

Ada berbagai cara untuk membuat toko online sendiri, salah satunya dengan bantuan CMS. OpenCart adalah CMS berbasis open-source yang bisa Anda gunakan untuk membuat toko online dengan mudah, tanpa harus memahami bahasa pemrograman!

Ada banyak pilihan CMS untuk membuat toko online, baik yang gratis maupun berbayar. Misalnya, WooCommerce, Shopify, Prestashop, dan OpenCart. Pada artikel ini, Rumahweb Indonesia akan membahas tentang apa itu OpenCart, fungsi, hingga cara installnya di cPanel.

Apa itu OpenCart

OpenCart adalah platform webstore berbasis PHP dan MySQL yang bisa digunakan untuk membuat toko online dengan sistem kelola berbasis Content Management System (CMS). CMS OpenCart diluncurkan sejak Oktober 2008 oleh Daniel Kerr, dan dibangun di bawah lisensi GNU General Public License (GPL).

OpenCart bersifat open source, alias dapat digunakan secara gratis. Hal ini juga yang membuat platform ini menjadi platform webstore yang populer digunakan oleh pemula untuk membuat website toko online dengan mudah.

Fungsi OpenCart

OpenCart adalah salah satu CMS toko online yang dapat digunakan untuk mengelola katalog produk, mengatur sistem pembayaran, hingga mengatur pengiriman. Lalu, apa saja fungsi OpenCart?

  1. Menjadi alternatif pembuatan website toko online selain CMS WordPress, Prestashop, atau Magento.
  2. Membuat toko online dengan instalasi instan.
  3. Menyediakan fasilitas untuk membuat dan mengelola berbagai produk dengan mudah. Bahkan, pengguna juga dapat memantau perkembangannya melalui panel admin yang sudah disediakan.
  4. Membantu pengguna untuk membuat toko online tanpa memahami bahasa pemrograman

BACA JUGA : Lima Hal Yang Wajib Ada di Website Toko Online

Promo Hosting Murah Rumahweb

Fitur OpenCart

Beragam fungsi OpenCart di atas dapat dilakukan berkat berbagai berbagai fitur menarik dan praktis yang ditawarkan. Beberapa fitur ini di antaranya: 

1. Pengelolaan Katalog Produk

Fitur pengelolaan katalog produk yang disediakan oleh OpenCart dapat membantu mengunggah produk sesuai kategori. Anda juga dapat menambahkan fitur filter yang akan memudahkan calon pelanggan dalam mencari barang yang dibutuhkan.

2. Unlimited Products & Categories

OpenCart adalah CMS toko online yang tidak membatasi jumlah produk yang dapat di upload. Anda bisa mengunggah ratusan bahkan ribuan produk sesuai kategori yang diinginkan. Jadi, Anda dapat menjual lebih banyak produk, dengan tampilan website yang tetap rapi.

Selain itu, Anda juga bisa menampilkan kolom review dan rating di setiap produk. Jadi, pelanggan dapat langsung memberikan ulasan mereka. Dengan demikian, calon pelanggan lainnya pun juga bisa mengetahui kualitas produk Anda. 

3. Integrasi Pembayaran dan Pengiriman Barang

Fitur pembayaran dan pengiriman barang atau ekspedisi tentu sangat dibutuhkan dalam sebuah toko online. OpenCart adalah CMS webstore dengan berbagai plugin pembayaran yang bisa digunakan, termasuk fitur untuk mengintegrasikan dengan gateway pengiriman barang.

OpenCart juga menyediakan fitur kalkulasi pengiriman, yang akan menambahkan informasi pengiriman secara lengkap kepada pelanggan.

4. Multi Bahasa dan Mendukung Berbagai Pilihan Mata Uang 

OpenCart adalah CMS webstore dengan pilihan bahasa asing dan konversi mata uang asing yang lengkap untuk kebutuhan bisnis online Anda. Hal ini sangat penting bagi sebuah toko online yang ingin menarget pasar global. Jadi, pengunjung bisa mendapatkan informasi sesuai kebutuhan mereka dengan lebih mudah.

5. Mendukung 1300+ Extension

OpenCart juga menyediakan lebih dari seribu extension gratis dan berbayar untuk mengoptimalkan toko online Anda. Extension ini bisa didownload dan digunakan kapan pun Anda membutuhkan fitur tambahan.

6. Administrator Dashboard

Anda juga akan mendapatkan panel administrator untuk mengelola produk, pelanggan, penjualan, serta untuk menganalisis hasil penjualan. Melalui fitur ini juga, Anda dapat membuat program affiliate, diskon, promo, serta melakukan backup data.

7. Multi Store

Fitur menarik lainnya dari OpenCart adalah fitur multi store, yang membuat Anda dapat mengelola beberapa toko dalam satu interface dengan mudah. Melalui fitur ini, Anda dapat menentukan produk, harga, lokasi, hingga  tema berbeda untuk seluruh toko cabang yang dimiliki.

8. Fitur Optimasi SEO & Mobile

Anda juga dapat mengoptimasi SEO dengan mudah, cukup ikuti beberapa langkah yang sudah disediakan untuk optimasi SEO. Selain itu, OpenCart juga dapat mengoptimasi tampilan versi mobile yang diakses dari ponsel. Jadi, calon pengunjung dapat mengakses website Anda secara optimal dari perangkat apa pun.

BACA JUGA : Inspirasi Nama Toko yang Bagus untuk Penjual Baju Online

Kelebihan dan Kekurangan OpenCart

Setelah membahas berbagai fitur OpenCart, selanjutnya kami juga telah merangkum berbagai kelebihan dan kekurangan OpenCart yang perlu diketahui sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan CMS satu ini.

Kelebihan OpenCart

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan beberapa kelebihan OpenCart bagi toko online Anda, antara lain:

  1. Penggunaan dan Pengelolaan yang Mudah 

OpenCart adalah platform untuk membuat toko online berbasis CMS yang tidak membutuhkan coding, sehingga mudah digunakan oleh siapapun, bahkan pemula sekalipun.

Dengan beragam fitur yang sudah disederhanakan dan tampilan yang user friendly, Anda dapat mengembangkan website dengan lebih maksimal dan optimal.

  1. Proses Instalasi Singkat 

OpenCart adalah CMS yang tidak membutuhkan space dan resources besar. Jadi. proses instalasi software ini pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

  1. Dashboard Admin yang Lengkap

OpenCart menyediakan fitur pengelolaan toko online yang lengkap dengan tampilan user friendly untuk memudahkan Anda, sebagai admin, dalam mengelola toko online.

  1. Kecepatan Akses

Seperti yang sudah disebutkan, OpenCart adalah CMS yang tidak membutuhkan resources dan space yang besar. Selain proses instalasinya singkat, hal ini membuat akses cenderung lebih ringan, sehingga website bisa diakses dengan cepat.

Tentunya, akses website yang cepat ini akan menguntungkan pengunjung dan Anda sendiri, sebagai pemilik bisnis.

Kekurangan OpenCart

Meskipun memiliki berbagai kelebihan yang menarik, Anda juga perlu mengetahui kekurangan dari CMS ini, sebagai salah satu bahan pertimbangan.

  1. Tema dan Fitur yang Sederhana dan Tidak Up-to-date

OpenCart memang mudah digunakan dengan tampilan yang user-friendly, namun CMS ini hanya direkomendasikan bagi pemula saja. Pasalnya OpenCart tidak memberikan banyak pilihan tema yang mengikuti tren.

Selain itu, fitur yang ditawarkan juga relatif sederhana, sehingga kurang cocok untuk toko online berskala besar.

Sebenarnya, ada tambahan fitur dan tema yang lebih lengkap dan up-to-date. Namun, Anda harus membayar biaya lisensi fitur atau tema tersebut, Selain itu, pilihan fitur ini juga tidak sebanyak platform lainnya. 

Cara Download OpenCart

Apakah Anda semakin tertarik untuk menggunakan CMS satu ini? Lalu, bagaimana cara mendownloadnya? Berikut kami rangkum cara download OpenCart untuk Anda!

  1. Kunjungi link download OpenCart berikut.
  2. Pilih opsi Download untuk menggunakan OpenCart pada hosting Anda, atau Open Cloud jika Anda ingin menggunakan layanan hosting dari OpenCart > Ikuti instruksi sesuai metode yang akan digunakan.

    Pada panduan ini, kami akan upload file ke hosting, sehingga kami memilih opsi Download & host your own.
  3. Setelah selesai, akan muncul pesan bahwa proses telah selesai. File download akan menggunakan format .zip
  4. Upload ke hosting.

Cara Install di cPanel

Ada dua cara instalasi OpenCart melalui cPanel, yakni secara manual dengan upload file core OpenCart yang sudah didownload, lalu membuat database dan menginstalnya. Cara yang kedua adalah melakukan instalasi instan melalui Softaculous.

Simak artikel berikut untuk panduan lebih lengkapnya:  Cara Install OpenCart di cPanel.

Di bulan ini, Rumahweb memberikan promo spesial untuk memesan domain dan hosting baru. Kunjungi halaman berikut untuk informasi selengkapnya.

Kesimpulan

OpenCart adalah solusi terbaik bagi pemula yang ingin membuat toko online sederhana. Dengan fitur yang lengkap dan pengelolaan yang mudah, Anda pun dapat mengembangkan toko online tanpa membutuhkan bahasa pemrograman tertentu.

Demikian artikel kami tentang apa itu OpenCart hingga cara download dan install OpenCart di hosting, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner Pop Up - Hosting 99K