Rumahweb Blog
Banner Artikel - Urutan 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2023 (Terbaru)

Urutan 10 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2023 (Terbaru)

Negara terkaya di dunia seringkali dijadikan tolak ukur bagi negara lain, baik dalam pembangunan maupun pertumbuhan ekonomi. Hal ini karena negara paling kaya di dunia biasanya memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik dari berbagai sektor.

Jika berbicara mengenai negara terkaya di dunia, biasanya negara pertama yang akan terlintas adalah Dubai. Negara ini memang banyak dikenal karena termasuk negara yang makmur dan penduduknya yang berasal dari kalangan menengah atas.

Namun, apakah Dubai memang termasuk negara paling kaya di dunia tahun 2023? Dalam artikel kali ini, Rumahweb Indonesia telah merangkum daftar 10 negara terkaya di dunia. Simak, ya!

BACA JUGA: 9 Bisnis Startup Indonesia Paling Besar

10 Negara Paling Kaya di Dunia

Ada sejumlah metode yang bisa digunakan dalam menentukan kekayaan suatu negara, salah satunya dari nilai Produk Domestik Bruto (PDB). Dikutip dari Global Finance Magazine, berikut adalah daftar 10 negara terkaya di dunia:

1. Luksemburg

Posisi pertama negara paling kaya di dunia diduduki oleh Luksemburg, yakni negara yang terletak di dataran Eropa Barat. Pada tahun 2022, PDB negara ini mencapai 140.694 dolar AS per kapita.

Pendapatan tersebut mayoritas diperoleh dari sektor industri dan jasa keuangan. Selain itu, Luksemburg juga terkenal akan destinasi wisatanya. Sebagian besar pendapatan Luksemburg kemudian digunakan untuk proyek pembangunan perumahan, fasilitas kesehatan, dan pendidikan.

2. Singapura

Negara terkaya di dunia nomor dua ditempati tetangga Indonesia, Singapura. Pada tahun 2022, Singapura memiliki PDB sebesar 131.580 USD per kapita.

Singapura memang telah lama menjadi pusat perdagangan bisnis, manufaktur, dan keuangan dunia. Negara paling makmur di Asia Tenggara ini juga memiliki beragam destinasi wisata yang menarik perhatian turis-turis mancanegara.

3. Irlandia

Negara paling kaya di dunia nomor tiga adalah Irlandia. PDB negara yang terletak di barat laut Eropa itu mencapai 124.595 USD per kapita pada tahun 2022. Jumlah tersebut meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya. Irlandia memiliki kondisi fiskal yang sehat karena peningkatan ketenagakerjaannya.

BACA JUGA: Apa Itu Investasi? Pengertian, Jenis hingga Risikonya

4. Qatar

Selain menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar juga banyak diperbincangkan karena kekayaan yang dimilikinya. Pada 2022, negara yang terletak di Timur Tengah ini memiliki PDB mencapai 112.789 USD per kapita. Bahkan, Qatar pernah menduduki puncak daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun berturut-turut.

5. Makau

Makau berada di urutan kelima sebagai negara terkaya di dunia dengan PDB sebesar 85.611 USD per kapita di 2022. Dengan populasi lebih dari 600.000 jiwa, Makau memiliki lebih dari 40 kasino yang tersebar di wilayah seluas 30 kilometer persegi.

6. Swiss

Di posisi keenam ada negara Swiss, yang pada 2022 memiliki PDB sebesar 84.658 USD per kapita. Negara ini unggul di bidang layanan perbankan, asuransi, pariwisata, serta ekspor produk farmasi, permata, logam mulia, instrumen dan mesin presisi.

7. Uni Emirat Arab (UAE)

Pada tahun 1950-an, penemuan ladang minyak di UAE menjadi awal mula bagaimana negara tersebut tumbuh menjadi negara terkaya di dunia seperti sekarang. Tahun 2022, PDB negara ini mencapai 78.255 USD per kapita. Selain dari perminyakan, UAE juga unggul di bidang pariwisata, konstruksi, serta perdagangan dan keuangan.

8. Norwegia

Posisi delapan negara paling kaya di dunia diduduki oleh Norwegia. Negara di Eropa Barat ini memiliki PDB sebesar 77.808 USD per kapita pada 2022. Hampir sama seperti UAE, mesin ekonomi Norwegia mayoritas digerakkan oleh minyak.

BACA JUGA: Apa itu PSE? Pengertian hingga Cara Daftarnya

9. Amerika Serikat

Tidak seperti negara-negara sebelumnya, Amerika Serikat menjadi negara terkaya di dunia dengan jumlah penduduk terbesar dan wilayah terluas. Pada 2022, negara ini tercatat memiliki PDB sebesar 76.027 USD per kapita yang mayoritas berasal dari kegiatan investasi.

10. Brunei Darussalam

Sebagai salah satu negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia, Brunei Darussalam menempati urutan terakhir dalam daftar 10 besar negara paling kaya di dunia. PDB negara ini tercatat mencapai 74.953 USD per kapita. Selain dari cadangan minyak, sumber kekayaan Brunei juga berasal dari gas alam yang sangat besar.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Dalam skala global, Indonesia menempati urutan 97 sebagai negara terkaya di dunia, dan 5 besar negara paling kaya di Asia Tenggara. Semoga Indonesia dapat segera menyusul negara-negara di atas, ya!

Demikian artikel RumahWeb tentang 10 negara terkaya di dunia. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents