Rumahweb Blog
banner blog - Mengenal PHP 8 dan Fitur-Fitur Unggulan Terbaru

Mengenal PHP 8 dan Keunggulannya

Berdasarkan statistik dari w3techs, saat ini PHP merupakan bahasa pemrograman terpopuler yang digunakan oleh sekitar 79% website di seluruh dunia. Meskipun banyak developer yang tidak menyukai PHP, tapi popularitasnya justru semakin meningkat. Baru-baru ini, versi PHP 8 telah di release. Apa saja fitur baru pada PHP 8 dan bagaimana adaptasinya? Selengkapnya akan kami jelaskan pada artikel ini.

Kesederhanaan, efektivitas dan efisiensi, adalah faktor-faktor dibalik kepopuleran PHP. Seiring dengan semakin masifnya adaptasi PHP, komunitas dan forum-forum yang membahas segala hal terkait PHP juga semakin berkembang sedemikian besar.

Dukungan komunitas yang baik sangat membantu para developer ataupun pemula, untuk menemukan solusi dari masalah yang dijumpai saat membangun website menggunakan PHP.

Menyambut PHP 8

Tepat pada tanggal 26 November 2020, PHP versi teranyar ini secara resmi dirilis. Penomoran versi 8 menandakan ini adalah rilis mayor terbaru yang membawa beberapa perubahan dan fitur baru yang cukup signifikan, dibanding versi sebelumnya. 

JIT Compiler

Just In Time (JIT) Compiler adalah fitur unggulan terbaru yang disertakan pada PHP 8. Fitur ini sudah ramai menjadi buah bibir di kalangan developer, karena bisa membawa peningkatan performa yang signifikan pada skrip PHP.

JIT adalah sebuah mekanisme untuk melakukan monitor terhadap source code dari skrip PHP. Melalui proses monitor, interpreter PHP akan menandai kode atau baris yang dieksekusi secara berulang. Serta melakukan kompilasi terhadap kode tersebut.

Dengan demikian, eksekusi skrip PHP yang terjadi kemudian akan lebih cepat karena sudah ada beberapa kode yang dikompilasi. Secara sederhana, mekanisme JIT mirip dengan proses caching, yaitu menyimpan informasi-informasi yang sering diakses secara lokal, sehingga akses selanjutnya akan lebih cepat dengan memanggil informasi yang sudah disimpan dalam cache.

Fitur-Fitur Lain

Ada beberapa fitur baru yang dihadirkan dalam PHP 8, antara lain: Constructor Property Promotion, Null Safe Operator, Named Arguments, Union Types, dll. Fitur baru tersebut akan sangat berguna dan memudahkan developer dalam membangun website dengan performa maksimal, sesuai dengan kebutuhan mutakhir saat ini. Detil fitur terbaru yang ditawarkan dalam PHP 8 bisa dilihat catatan rilis resminya.

Adaptasi PHP 8

Dengan beberapa perubahan dan fitur baru, perlu waktu bagi developer dan industri komersial untuk beradaptasi dan mengaplikasikan PHP 8 dalam teknologi yang mereka kembangkan. Apabila versi php ini sudah berhasil diadaptasi dengan baik oleh industri IT, Rumahweb akan mengikuti teknologi terbaru dan menghadirkannya kepada Anda.

Demikian ulasan mengenai PHP 8 dan fitur-fitur unggulan yang ditawarkan. Semoga dengan teknologi terbaru yang ditawarkan, akan membawa pengalaman baru yang lebih optimal untuk membangun teknologi informasi. Sehingga kita semua bisa melaju bersama menyambut perkembangan zaman yang semakin dinamis.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 2.7 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Alwan Rosyidi