Rumahweb Blog
Banner - Apa itu PHP Arti, Contoh dan Tutorial Untuk Pemula

Apa itu PHP? Arti, Contoh dan Tutorial Untuk Pemula

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah PHP dalam dunia pemrograman. Singkatnya, PHP adalah bahasa pemrograman berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat dan mengembangan aplikasi maupun website.

Jika Anda baru mempelajari tentang pemrograman, ada baiknya Anda memahami tentang PHP sebelum kemudian mempelajari penggunaan framework. Mari cari tahu apa itu PHP, sejarah, contoh, hingga tutorial untuk pemula bersama Rumahweb Indonesia berikut ini!

Apa itu PHP?

Sebelum memahami pengertian PHP, apakah Anda sudah tahu kepanjangan dari PHP itu sendiri? PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP berjalan di bagian server side, sehingga script code PHP tidak bisa dilihat melalui browser. 

Jika pemrograman HTML dan CSS bekerja di bagian front-end, maka PHP lah yang bekerja di bagian back-end, atau yang menjadi otak program yang dijalankan. Disini, PHP yang bertugas menjalankan eksekusi perintah atau oleh data, sedangkan HTML dan CSS yang berfungsi untuk menampilkan data setelah diolah. 

Dengan kombinasi antara HTML, CSS dan PHP, aplikasi website yang Anda buat akan lebih menarik dan terlihat lebih profesional.

Sejarah Singkat

PHP dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdorf, seorang berkebangsaan Denmark Kanada, pada tahun 1994. Awalnya, PHP dibuat untuk memantau orang-orang yang mengunjungi website milik Lerdorf. 

Berawal dari tujuan sederhana tersebut, PHP kemudian terus dikembangkan oleh sekelompok developer dan digunakan hingga sekarang. 

Keunggulan PHP

Ada banyak alasan PHP menjadi bahasa pemrograman yang populer, dan hingga saat ini masih terus digunakan, di antaranya:

1. Mudah Dipelajari

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Ada banyak artikel dan video panduan di Internet yang membahas tentang apa itu PHP dan cara penggunaannya.

Salah satu alasan bahasa pemrograman yang bagus tentu karena memiliki halaman dokumentasi yang baik. PHP mengemas semua panduan dan dokumentasi yang dapat diakses melalui link berikut: PHP: Documentation. Pada halaman resmi tersebut, Anda dapat mengetahui sintaks-sintaks yang bisa digunakan di PHP, dan cara menggunakannya. 

2. Up to Date

PHP adalah bahasa pemrograman yang up to date. Hal ini dibuktikan dengan bahasa pemrograman PHP yang terus dikembangkan dengan menyesuaikan keamanan dan kebutuhan zaman sekarang.

Versi pertama yang diperkenalkan ke publik pada 1994 adalah PHP 4, sedangkan saat ini versi terbaru PHP adalah versi 8.1. 

3. Komunitas Besar

Memiliki komunitas yang besar tentu membuat para developer web dapat saling berdiskusi dalam memecahkan suatu masalah.

Oleh karena itu ,Anda tidak perlu khawatir bila bertemu dengan script atau kode error pada saat membuat program. Cukup tuliskan pesan error yang Anda temui di internet, dan Anda pasti akan menemukan solusinya. 

4. Terintegrasi dengan Database

PHP dapat diintegrasikan dengan database seperti Oracle, MySQL, SyBase, dan IBM DB2. Jika Anda mengintegrasikan PHP deegan database, makan semua data akan disimpan, untuk kemudian ditampilkan di website, setelah diolah menggunakan PHP. 

Setelah mengetahui berbagai keunggulan PHP, Apakah Anda sudah semakin yakin untuk menjadi salah satu developer web berbasis PHP?

Contoh Penggunaan PHP

Pada bagian ini, kami akan membahas tentang sintaks di PHP. Sebelum membahas tentang sintaks di PHP, Anda harus memahami tentang cara instal PHP terlebih dahulu. 

Install PHP

Sebelum memulai berlatih PH,  langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan web servernya. Untuk kebutuhan web server, Anda bisa menggunakan XAMPP ataupun MAMPP.

Berikut panduan cara install XAMPP di Windows.

PHP Variable

PHP variabel dimulai dengan tanda $, kemudian diikuti dengan nama variabel. Sebagai contoh:

<?php
$txt = "Hello world!";
$x = 5;
$y = 10.5;
?>

Setelah eksekusi, variabel $txt akan menyimpan informasi “Hello world!”. Variabel $x menyimpan nilai 5, dan variabel $y menyimpan nilai 10.5.

PHP Komentar

Setiap bahasa pemrograman akan memiliki fasilitas komentar, di mana sekumpulan baris code tersebut tidak akan ikut dijalankan ketika program di execute. Perintah ini bertujuan untuk memberi informasi atau catatan pada seseorang tentang baris code tersebut.

// : Memberikan komentar 1 baris code

/* …. */ : Memberikan komentar sekelompok code yang berada dalam tag komentar tersebut. 

Menampilkan data di PHP

Untuk mencetak atau menampilkan data PHP di browser,  anda dapat menggunakan perintah echo atau print.  

Tipe Data di PHP

PHP mengenal banyak tipe data, di antaranya sebagai berikut:

  • String: sekumpulan data yang akan dibaca sebagai karakter. Penulisan string bisa menggunakan petik satu (‘) atau petik dua (“).
  • Integer:  tipe data angka, namun bukan desimal. 
  • Float: tipe data untuk menuliskan angka dalam bentuk desimal.
  • Boolean: tipe data untuk menyatakan benar (true) atau salah (false).
  • Array: tipe data yang digunakan untuk menyimpan banyak nilai dalam 1 variabel. 
  • PHP Object: digunakan dalam Object Oriented Programming (OOP).
  • Null: tipe data yang menyatakan kosong, namun bukan 0.
  • Resource: tipe sumber daya khusus yang digunakan untuk menyimpan referensi dan fungsi dengan sumber daya di luar PHP.

Tutorial PHP untuk Pemula

Menulis script PHP dilakukan di dalam tag PHP. Hal ini berarti ketika Anda menggunakan PHP dalam melakukan pemrograman, baris code program harus dituliskan di dalam tag. Pastikan Anda tidak lupa untuk menyimpan script ke dalam file dengan format .php  (baca: dot php).

Contoh penulisan script dalam PHP adalah sebagai berikut:

<?php … ?>

Sebelum memulai belajar PHP, kami sarankan agar Anda belajar terlebih dahulu HTML dan CSS. Setelah Anda mahir atau memahami konsep HTML dan CSS, anda bisa melanjutkan dengan belajar PHP untuk konsep corenya.

Dengan memahami konsep CSS dan HTML, Anda akan lebih mudah belajar PHP untuk mengembangkan aplikasi website yang dibuat. Kombinasi antara pembuatan layout dengan core process pada website dengan PHP membuat aplikasi anda akan terlebih lebih maksimal.

Berikut ini kami berikan contoh code PHP yang ditulis bersama code HTML. 

contoh code PHP yang ditulis bersama code HTML

Penjelasan

  • <html> : element root halaman html.
  • <head> : berisi informasi meta, halaman html. Sering digunakan untuk menulis title, deskripsi web, dan lainnya.
  • <title> : digunakan untuk menampilkan judul halaman bagian tab browser.
  • <body> : untuk menuliskan baris program berisi semua informasi yang akan ditampilkan di browser.
  • <?php … ?> : baris script PHP yang melakukan proses sesuai data yang ingin ditampilkan. 

Jangan lewatkan artikel kami tentang Belajar PHP MySQL : Tutorial Dasar Yang Harus Anda Kuasai

Kesimpulan

Selain singkatan gaul dari Pemberi Harapan Palsu yang banyak anak muda gaungkan, PHP adalah bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat atau mengembangkan website

Setelah selesai membuat website menggunakan PHP, jangan lupa untuk unggah hasil karya Anda ke hosting atau server, agar website Anda bisa diakses dan ditemukan di Internet. Tidak perlu khawatir jika Anda belum memiliki domain atau server hosting! Kunjungi promo hosting murah, untuk mendapatkan paket hosting berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Itulah pembahasan kami tentang apa itu PHP, arti, contoh, dan tutorial untuk pemula. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk mewujudkan cita-cita Anda untuk menjadi seorang developer web!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain .COM 100rb

Anggit Puguh