Rumahweb Blog

Membuat Situs E-Commerce yang Mobile Friendly Menggunakan Impress.ly

Pemasaran adalah salah satu aspek penting dalam kesuksesan situs web E-commerce. Namun, alih-alih sekedar pemasaran, desain situs web adalah salah satu bagian terpenting lainnya yang dapat membantu meningkatkan penjualan.

Bayangkan ketika desain web terlihat indah di komputer Anda, tapi saat diubah ke browser atau PC dengan resolusi yang berbeda jadi kehilangan semua daya tariknya. Bukan hanya tampilan dan nuansa website Anda yang penting, tapi juga harus user-friendly. Saat ini banyak orang yang menggunakan teknologi seluler sehingga sangatlah penting untuk membuat situs web E-Commerce yang responsif.

Artikel kali ini akan membahas manfaat dari situs web ramah seluler serta mempelajari cara membuat situs E-Commerce yang mobile-friendly untuk bisnis online Anda.

Pentingnya Situs yang Ramah Seluler/Mobile-Friendly:

Berikut adalah beberapa manfaat memiliki situs web ramah seluler:

  1. Meningkatkan Aksesibilitas
    Beralihnya sebagian besar konsumen ke perangkat seluler untuk mengakses situs web saat ingin belanja, menjadikan situs web yang responsif meningkatkan akses bisnis online Anda ke konsumen.
  2. Waktu Muat Laman
    Misalkan website Anda berat, karena banyak gambar dan konten dinamis lainnya, maka akan dimuat dengan baik pada browser desktop / laptop. Namun, situs web yang sama mungkin memerlukan banyak waktu saat dimuat di perangkat seluler. Hal ini bisa membuat Anda kehilangan pelanggan.Mengoptimalkan situs web agar dapat diakses via seluler membantu halaman Anda dimuat dengan lebih cepat sehingga mengurangi risiko kehilangan pelanggan.
  3. Membangun Identitas
    Situs web ramah seluler akan membantu membangun identitas merek Anda, sehingga situs Anda akan semakin dikenal baik oleh pelanggan maupun mesin pencarian SEO. Citra merek yang menonjol memberi Anda lebih banyak lalu lintas sekaligus meningkatkan rangking Anda di mesin peringkat seluler.

 

Mengapa Memilih Impress.ly?

Sekarang kita telah tahu banyak sekali manfaat dari situs web e-commerce yang mobile-friendly. Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah, bagaimana membuatnya? Salah satu cara termudah untuk membuat situs web yang mobile-friendly adalah dengan menggunakan Impress.ly.

Impress.ly memungkinkan Anda membuat situs web yang dinamis dan profesional bukan hanya di smartphone tapi juga tablet dan desktop.

 

Membuat Situs Web Anda di Impress.ly

Bagian I: Membuat Website

Apabila Anda sudah memiliki domain silahkan melakukan setting pointing DNS dibawah ini. Namun apabila belum memiliki domain, silahkan melakukan pemesanan terlebih dahulu dengan mengikuti petunjuk berikut.

  1. Buka akun clientzone Rumahweb Anda, kemudian pointing DNS domain sebagai berikut:
    Host Type Required Value
    A 23.96.10.200
    www CNAME 2242TFRG.impress.ly

    Berikut ini panduan untuk melakukan pointing DNS domain di Rumahweb.

  2. Daftar Impress.ly ntuk nama domain yang ingin Anda pasang
  3. Selanjutnya, klik “Manage Website” di dasbor Anda untuk masuk ke interface Impress.ly.

  4. Setelah Anda selesai melakukan penyiapan awal, langkah selanjutnya adalah menambahkan konten ke situs web Impress.ly . Meskipun placeholder ditempatkan secara default, Anda bisa mengedit konten dan penempatan sesuai keinginan.

    Jika ingin menambahkan lebih banyak konten, klik tombol “Add more Content“.

  5. Sebuah halaman pop up muncul menanyakan jenis konten apa yang ingin Anda tambahkan. Pilih blok yang ingin Anda tambahkan.
  6. Misalkan Anda memilih Contact block, klik di atasnya, isi data dan klik Finish. Blok baru Anda ditambahkan, Anda dapat mengulangi langkah ini untuk menambahkan konten yang diinginkan ke situs web Anda.
  7. Setelah selesai menambahkan konten ke situs web, Anda dapat mengubah style jika tidak menyukai yang sekarang. Rancang situs web sesuai keinginan dengan menyesuaikan warna font, menambahkan animasi dll. Kembali ke halaman utama dan klik “Edit Style.

  8. Setelah selesai merancang, Anda siap mempublikasikan situs web Anda. Sebelum mempublikasikannya, terdapat pilihan untuk melihat bagaimana tampilan situs Anda ketika diakses oleh pelanggan. Salah satu fitur Impress.ly adalah dapat melihat pratinjau situs Anda di berbagai perangkat yang dapat membantu Anda melakukan perubahan dengan baik.
  9. Setelah selesai melihat pratinjau klik Editjika ada perubahan yang harus dilakukan.
  10. Setelah kembali ke panel pengeditan, klik tombol Publish di bagian atas. Anda masih dapat membuat perubahan pada situs web bahkan setelah dipublikasikan.

 

Bagian II: Menambahkan Toko

Karena situs Anda adalah situs e-commerce pastilah ada toko tempat pelanggan dapat membeli barang secara online. Untuk itu, Impress.ly menawarkan fitur untuk menambahkan toko Anda.

Ikuti langkah-langkah di bawah untuk menambahkan toko ke situs web Anda.

  1. Ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan saat menambah toko, memilih penyedia pembayaran dan memberikan rincian yang diperlukan.
  2. Di menu bar, pilih opsi Store dan klik Add Store.
  3. Begitu Anda mengklik ini, toko Anda penuh dengan demo data. Cara terbaik adalah menguji toko Anda dengan demo data, kemudian tambahkan item.
  4. Setelah Store Anda ditambahkan, Anda bisa mengelolanya. Untuk manajemen Impress.ly memberi Anda pilihan berikut:
    • Dasbord: Memberikan gambaran menyeluruh tentang Store Anda.
    • Orders: Memberikan rincian tentang semua pesanan yang diberikan oleh Pelanggan.
    • Products: Mencantumkan semua Produk di Toko Anda, dan mengizinkan pengeditan
    • Discounts: Siapkan Diskon jika ingin memberikannya kepada pelanggan.
    • Payment Providers: Membantu mengatur berbagai penyedia pembayaran yang diinginkan untuk Toko Anda.
    • Settings: Berhubungan dengan keseluruhan setelan toko Anda.
  5. Toko Anda telah ditambahkan ke situs web e-commerce dengan sukses.

Dan sekarang situs e-commerce yang mobile friendly milik Anda sudah siap. Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah mengelola bisnis Anda dengan baik.

 

Berikan Komentar

RumahWeb