Rumahweb Blog
Banner - Cara Kelola Sandi yang Aman Melalui Google Password Manager

Cara Kelola Sandi yang Aman Melalui Google Password Manager

Apakah Anda menggunakan kata sandi atau password yang sama untuk beberapa akun, karena malas atau sulit mengingat password yang berbeda? Waktunya ubah kebiasaan itu dengan menggunakan aplikasi kelola sandi Google, Google Password Manager!

Google Password Manager adalah aplikasi kelola sandi yang aman dari Google, untuk membantu Anda dalam menyimpan dan mengelola kata sandi akun dengan aman dan mudah. 

Setiap aktivitas login menuntut Anda untuk menggunakan sandi yang aman, dan juga kuat. Menggunakan banyak kata sandi yang berbeda di setiap akun tentu terasa merepotkan. Apalagi, sebagai manusia biasa, Anda pasti akan kesulitan mengingat banyak kombinasi sandi tersebut.

Namun Anda tak perlu khawatir lagi! Google Password Manager dapat membantu Anda kelola sandi dengan mudah, aman, dan hemat biaya. Seperti apa itu Google Password Manager? Mari simak penjelasan lengkap dari Rumahweb berikut! 

Apa itu Google Password Manager

Google Password Manager adalah layanan kelola sandi yang dibuat oleh Google untuk membantu pengguna menyimpan dan mengelola sandi dengan mudah dan aman. layanan kelola sandi Google ini  dapat dinikmati apabila Anda sudah memiliki akun Google atau Gmail.

Dengan memanfaatkan layanan Google ini, Anda tidak perlu lagi menghafal setiap sandi di semua akun, karena Google bisa membantu melakukannya. Cukup gunakan sandi yang aman dan lakukan tips menjaga kata sandi dari kami, dan akun akan semakin terjaga keamanannya.  

Supaya Anda tertarik untuk menggunakan Google Password Manager, mari kita mengenal fungsi utama dari tersebut!

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

BACA JUGA : Lupa Kata Sandi Email? Pelajari Cara Reset Password

Fungsi Google Password Manager

Google Password Manager tidak hanya berguna untuk menyimpan password di berbagai akun saja. Ada beberapa fungsi lain yang dapat Anda nikmati dengan layanan kelola sandi dari Google ini. Apa saja?

1. Menyimpan Kata Sandi

Fungsi pertama yang sering digunakan oleh penggunanya adalah untuk menyimpan kata sandi. Google Password Manager dapat membantu menyimpan semua kata sandi ke berbagai situs web atau aplikasi.

Dengan fungsi ini, Anda tidak perlu repot-repot mengingat secara manual setiap kata sandi yang dimiliki. Jadi Anda bisa menggunakan kata sandi yang berbeda dan kuat untuk tiap akses login, tanpa perlu pusing mengingatnya. 

2. Membuat Kata Sandi yang Kuat

Menggunakan kata sandi yang kuat adalah hal yang wajib dilakukan agar  data dan akun terjaga keamanannya. Tidak hanya menyimpan kata sandi yang sudah ada, Google juga akan memberikan rekomendasi kata sandi yang kuat untuk digunakan. 

3. Otomatisasi Pengisian Kata Sandi

Google Password Manager juga akan membantu mengisi username dan passwordnya secara otomatis. Jadi selain tidak perlu mengingat sendiri, Anda juga tak perlu repot mengisinya secara manual. 

4. Sinkronisasi Perangkat

Sandi yang telah disimpan di Google Password Manager, dapat disinkronkan dengan perangkat lain yang Anda miliki, tanpa perlu memindahkan satu per satu. Dengan begitu, Anda bisa login dari komputer, ponsel, tablet, dan perangkat lain dengan sama mudahnya.

5. Pemeriksaan Keamanan Kata Sandi

Google Password Manager juga akan memeriksa kombinasi sandi yang Anda simpan. Jika password terindikasi terlalu lemah, Google akan memberikan saran untuk menggantinya dengan sandi yang lebih kuat.

password checkup

6. Laporan Keamanan

Tidak hanya penyimpanan dan pengelolaan sandi saja. Google juga akan memberi peringatan atau laporan jika ada celah keamanan atau login yang mencurigakan. Menenangkan bukan?

Itulah beberapa fungsi utama dari Google Password Manager. Google selalu melakukan inovasi untuk menghadirkan kemudahan bagi penggunanya. Khusus pada layanan ini, dalam pengelolaan sandi yang mudah dan aman. 

Kelebihan Google Password Manager

Lalu, apakah kelebihan Google Password Manager hanya dari fungsinya? Mengapa tidak menggunakan aplikasi password yang lain? Simak pemaparan kelebihan layanan kelola sandi Google berikut:

1. Gratis

Ya. Banyak orang memilih menggunakan aplikasi atau layanan yang dirilis dan dikembangkan oleh Google karena gratis. Kalau ada opsi yang gratis dan bagus, mengapa harus repot mengeluarkan uang, bukan?

2. Mudah Digunakan

Desain interface Google Password Manager juga dirancang untuk dapat dipahami dan digunakan dengan mudah. Jadi, pengguna yang awam sekalipun akan bisa menggunakannya tanpa kendala.

3. Multiplatform

Google Password Manager tersedia di berbagai platform atau OS. Anda dapat mengaksesnya melalui Android, iOS, Windows, ataupun web. Sangat fleksibel dan mudah digunakan di berbagai perangkat!

4. Terintegrasi dengan Akun Google

Anda juga tidak perlu repot membuat akun baru untuk menikmati layanan ini, karena Google Password Manager sudah terintegrasi dengan akun Google. Jadi dengan memiliki akun Google, Anda bisa menikmati banyak aplikasi Google yang dapat saling terhubung.

5. Keamanan Tingkat Tinggi

Layanan kelola sandi yang mudah digunakan bukanlah satu-satunya aspek yang perlu diperhatikan. Keamanan juga menjadi salah satu fokus yang harus diperhatikan.

Sebagai salah satu layanan yang dikembangkan oleh Google, Anda tak perlu khawatir lagi ketika menggunakan Google Password Manager. Anda dapat mengaktifkan 2FA (autentikasi 2 faktor) untuk mencegah akses yang tidak sah. 

BACA JUGA : Cara Pemulihan Akun Google yang Terkunci dengan Mudah

Cara Menggunakannya Google Password Manager

Kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh Google akan selalu menarik perhatian para penggunanya. Apakah Anda semakin tertarik untuk menggunakan layanan kelola sandi Google satu ini? Berikut kami rangkum cara menggunakan Google Password Manager:

Step 1. Login akun Google

Buat akun baru atau login ke akun yang sudah ada dengan mengakses https://accounts.google.com/login.

Step 2. Buka Akun Google Password Manager

Smartphone:

  • Pilih menu Settings > cari opsi Password atau Google > Manage Password.

PC/Komputer

Step 3. Lihat dan Kelola Sandi

Pada halaman Google Password Manager, Anda dapat melihat daftar kata sandi yang sudah tersimpan.

google sandi manager

Anda dapat mengklik entri kata sandi untuk melihat informasi lebih lanjut, seperti alamat situs, nama pengguna, kata sandi, dan opsi kelola sandi lainnya.

contoh kelola sandi dengan google manager

Step 4. Menambah Sandi Baru

Untuk menambahkan sandi baru, cukup kunjungi website yang diinginkan dan melakukan login seperti biasa. Nantinya, akan ada popup yang meminta konfirmasi apakah Anda ingin menyimpan akses login tersebut atau tidak.

kelola sandi google

Step 5. Autofill Kata Sandi

Saat Anda mendaftarkan akun baru di website atau aplikasi tertentu, Google Password Manager akan menawarkan opsi pengisian sandi otomatis. Anda dapat memilih opsi tersebut untuk mengisi form kata sandi dengan lebih praktis. 

Step 6. Aktifkan Otentikasi Dua Arah (2FA)

Supaya akun Google Anda semakin aman, jangan lupa aktifkan otentikasi dua arah (2FA).

Mudah bukan cara menggunakan Google Password Manager? Dengan layanan kelola sandi Google ini, Anda dapat mengelola akses akun dengan mudah dan aman. Masih ingin bertahan menghafal semua kata sandi, atau ingin beralih menggunakan Google Password Manager?

Tips Wajib Supaya Kata Sandi Aman

Sebenarnya Google Password Manager sudah bisa mengamankan berbagai akun dengan cukup baik. Namun tak ada salahnya Anda melakukan beberapa langkah keamanan lain untuk memastikan keamanan akun yang lebih baik.

Aktifkan 2FA Google

Fitur verifikasi dua arah ini dapat semakin mengamankan akun dari bahaya peretasan. Berikut cara mengaktifkan fitur opsional ini di Google: 

  1. Login ke akun Google > pilih menu Security. Perhatikan bagian 2-Step Verification.
2FA login ke Google
  1. Apabila masih belum ada ceklis hijau, silakan mengaktifkannya terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode 2FA. Anda dapat menyimpannya di smartphone dengan bantuan aplikasi seperti Authy.

Logout Setelah Selesai Menggunakannya

Satu lagi langkah keamanan yang dapat Anda lakukan adalah melakukan sign out, terutama pada perangkat yang bukan milik Anda. Misalnya, komputer perpustakaan atau perangkat milik kantor.

Pastikan juga Anda mengaktifkan keamanan tambahan di perangkat pribadi, seperti memberi sandi login dan install antivirus.

BACA JUGA : Tips Mengelola Password Dengan Aman

Kesimpulan

Demikian pembahasan kami tentang layanan kelola sandi Google yang dapat digunakan gratis, yakni Google Password Manager. Punya referensi layanan kelola sandi lainnya? Tulis dan sharing informasinya di kolom komentar, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Anggit Puguh

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb