Rumahweb Blog
banner blog - Tips Mengelola Password dengan Aman

Tips Mengelola Password dengan Aman

Password adalah salah satu aspek penting yang dapat mengamankan akun, baik akun bisnis maupun pribadi. Meskipun demikian, masih banyak orang yang menganggap remeh password untuk keamanan akun mereka.

Berdasarkan riset oleh TeamsID dan SplashData, “123456” adalah password yang paling sering digunakan selama tahun 2018-2019. Hal tersebut bisa diakibatkan karena lebih banyak orang yang memilih efisiensi daripada keamanan.

Namun, meskipun mudah diingat, penggunaan password tersebut dapat mempermudah orang lain meretas akun Anda. Salah satu cara paling mudah untuk meretas akun adalah dengan brute force attack, di mana pelaku akan mencoba menebak kombinasi password Anda, mulai dari password yang paling mudah ditebak, seperti “123456”.

Untuk dapat meningkatkan keamanan akun, Anda dapat mengikuti dua tips mengelola password dari Rumahweb sebagai berikut:

1. Buat Password yang Kuat

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuat password yang kuat dan tidak mudah ditebak. Terdapat tiga kriteria yang harus dipenuhi dalam  membuat password yang kuat:

  • Unik
    Hindari menggunakan kombinasi karakter yang mudah ditebak, seperti “123456”, “Password123!”, “admin12345” dll.. Hindari juga menggunakan informasi pribadi untuk password, seperti tanggal lahir, kota tempat tinggal, dan sebagainya karena informasi ini akan dengan mudah diketahui oleh orang lain.
  • Panjang
    Secara matematis, semakin banyak karakter yang digunakan pada password, maka semakin banyak variabel kemungkinan yang ada, dan kemungkinan password untuk ditebak semakin kecil
  • Rumit
    Pastikan Anda menggunakan kombinasi huruf, angka, karakter, dan kapital pada password. Semakin rumit kombinasi password yang dibuat, semakin sulit orang lain menebaknya.

2. Mengelola Password

Semakin kuat password yang dibuat, maka akan semakin rumit karakter yang digunakan, dan semakin sulit untuk diingat. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba menggunakan password manager.

Password manager adalah software yang berfungsi untuk menyimpan daftar password. Selain itu, password manager juga dapat digunakan sebagai password generator untuk menghasilkan kombinasi password yang kuat bagi akun Anda. Beberapa software password manager yang bisa dicoba adalah 1Password, Bitwarden, Dashlane, dll.

Agar Anda lebih mudah mengelolanya, kategorikan password sesuai tingkat kepentingannya, misalnya sebagai berikut:

    • Sangat Penting
      Meliputi akun keuangan, akses bank, email, akun pekerjaan, dsb. Panjang password 12 karakter, dengan kombinasi huruf, angka, karakter, dan kapital, atau menggunakan bantuan password generator
    • Penting
      Meliputi media sosial, website, akun e-commerce, dsb. Panjang password 8 karakter, dengan sisipan huruf kapital, atau menggunakan password generator
    • Tidak Penting
      Meliputi akun alias, akun game, dsb. Panjang password 8 karakter, mudah diingat dan diketikkan.

Dengan melakukan pengelolaan password yang baik, Anda dapat meningkatkan keamanan akun-akun Anda dari bahaya peretasan. Namun seperti tindakan defensif lainnya, pengelolaan ini hanya akan menurunkan tingkat risiko yang dimiliki.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Agnes Sony Tianinda