Rumahweb Blog
banner blog - Lupa Kata Sandi Email Pelajari Cara Reset Password

Lupa Kata Sandi Email? Pelajari Cara Reset Password-nya

Banyak kegiatan yang berpotensi terhambat bila lupa kata sandi email. Tanpa kata sandi atau password, Anda tentu tidak bisa mengakses email untuk melakukan komunikasi atau mengakses file-file penting yang disimpan di email. Namun, Anda tidak perlu panik jika, untuk alasan apapun, Anda lupa kata sandi email.

Hampir di semua penyedia email, seperti Gmail. Yahoo! Mail, Titan, Webmail, maupun Alimail, semuanya sudah menyiapkan cara-cara yang bisa ditempuh jika penggunanya melupakan kata sandi.

Berikut ini cara-cara untuk melakukan reset password di berbagai email:

Gmail

Google menyediakan tiga metode berbeda untuk memulihkan akun ketika Anda lupa password Gmail. Tiga cara itu adalah dengan pertanyaan keamanan, alamat email pemulihan, dan nomor telepon pemulihan.

Untuk bisa  menggunakan tiga metode pemulihan tersebut, Anda perlu mengaturnya terlebih dahulu pada saat mendaftar Gmail. Pastikan bahwa Anda tidak melupakan jawaban dari pertanyaan, alamat email pemulihan (beserta password untuk mengaksesnya), dan nomor telepon yang Anda pilih untuk gunakan sebagai pemulihan.

Baca artikel ini untuk mengetahui penjelasan lengkap cara-cara yang bisa digunakan ketika Anda lupa password Gmail.

Yahoo! Mail

Sama halnya dengan Gmail, Anda bisa menggunakan nomor telepon atau email untuk melakukan reset password di Yahoo! Mail. Berikut langkah selengkapnya:

  1. Kunjungi halaman login Yahoo! yang khusus ditujukan untuk me-reset password
  2. Setelah itu, akan muncul halaman untuk memasukkan kata sandi. Selanjutnya, klik Lupa kata sandi?
  1. Pilih metode yang ingin Anda gunakan untuk me-reset kata sandi. Di antara pilihan yang ada, menggunakan nomor telepon adalah cara termudah
  1. Pada layar akan ditampilkan nomor telepon yang sudah Anda daftarkan sebelumya. Lengkapi dua digit nomor untuk memverifikasi. Selanjutnya, klik Kirim
  1. Anda akan menerima tampilan verifikasi. Lalu, masukkan kode yang telah dikirim oleh Yahoo! Via SMS. Kemudian klik Verifikasi dalam kotak berwarna biru.
  1. Buat kata sandi baru yang mudah diingat, tapi tidak mudah ditebak oleh orang lain. Jika sudah yakin dengan kata sandi baru yang dibuat, klik Lanjutkan
  2. Jika semua langkah sudah dilakukan dengan benar, akan muncul halaman pesan berhasil. Anda bisa memilih untuk langsung masuk ke akun.

Titan Mail

lupa kata sandi email Titan

Titan merupakan layanan email yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan email bisnis, serta meningkatkan produktivitas kerja melalui berbagai tools kolaborasi yang tersedia.

Salah satu kelebihan Titan adalah kemudahannya dalam mengelola layanan email. Titan mail dapat dikelola melalui berbagai cara, mulai dari aplikasi mobile, browser hingga melalui aplikasi mail client seperti Outlook dan Gmail.

Bagi Anda yang menggunakan email Titan, ikuti panduan di artikel ini melakukan reset password.

Webmail

lupa kata sandi email webmail

Bagi Anda pengguna email account Webmail, terkadang admin akan memberikan password secara acak, sehingga tidak mudah untuk mengingatnya. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena tentu saja Anda bisa mengubah password email tersebut.

Lalu bagaimana Anda bisa me-reset password melalui Webmail? Baca artikel berikut ini untuk mengetahui langkah-langkah cara reset kata sandi Webmail..

Alimail

lupa kata sandi email alibaba mail

Ikuti langkah-langkah berikut jika Anda ingin melakukan reset password setelah membuat akun email Alibaba atau Alimail:

  1. Masuk ke halaman log in, lalu klik Forgot Password
  2. Masukkan alamat email atau member ID sebagai Login ID, lalu klik Submit
  3. Lakukan verifikasi melalui Email Verification atau Contact Customer Service. Untuk cara yang lebih mudah, pilih Email Verification
  4. Buatlah kata sandi yang baru dan lakukan konformasi terhadap password yang baru saja Anda buat tersebut.

Informasi lengkap tetang cara reset password Alimail, bisa Anda pelajari melalui artikel berikut: Cara reset password Alimail

Demikian artikel kami tentang lupa kata sandi email dan cara reset passwordnya di berbagai platform penyedia email. Semoga dapat membantu.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana