Rumahweb Blog
banner blog - Apa itu Local SEO - Pengertian dan Manfaatnya Bagi Website

Apa itu Local SEO – Pengertian dan Manfaatnya Bagi Website

Apakah Anda pernah mencari restoran baru di suatu kota melalui mesin pencari seperti Google? Hasil pencarian biasanya akan diurutkan mulai dari yang terdekat dengan lokasi Anda. Nah, hasil pencarian ini dapat muncul berkat kinerja local SEO. Lalu, apa itu local SEO?

Apa itu Local SEO ?

Secara sederhana, local SEO adalah metode atau proses optimasi SEO yang dilakukan oleh sebuah bisnis agar dapat muncul di pencarian lokal. Lalu seberapa efektif local SEO? Faktanya, sebanyak 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal dan 29% pencarian tersebut akan berujung pada pembelian. Setidaknya ada 6 cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi Local SEO:

1. Mendaftar dan melengkapi profil Google My Business

Mendaftarkan diri di Google My Business merupakan salah satu hal yang mesti dilakukan paling pertama ketika melakukan optimasi local SEO. Karena, data menunjukkan bahwa lebih dari 96% pengguna internet di Indonesia menggunakan Google sebagai mesin pencari utama.

2. Riset keyword

Selain dipengaruhi oleh jarak lokasi usaha, hasil pencarian lokal juga dipengaruhi oleh peringkat website secara organik. Anda dapat meningkatkan peringkat website dengan melakukan riset keyword untuk memahami apa yang diinginkan atau dicari oleh target konsumen.

Riset keyword dapat dilakukan dengan bantuan berbagai SEO Tool, baik gratis maupun berbayar. Simak rekomendasi tool gratis untuk melakukan riset keyword pada artikel berikut.

3. On-Page SEO

Untuk mempermudah mesin pencari dalam memahami konten website, Anda harus melakukan optimasi on-page SEO. Semakin mudah konten diidentifikasi oleh mesin pencari, maka semakin tinggi potensi website muncul pada hasil pencarian. Simak beberapa tips optimasi on-page SEO pada artikel berikut ini.

4. Menambahkan NAP Citation

NAP Citation adalah kutipan informasi bisnis di internet yang terdiri atas nama, alamat, dan nomor telepon (Name, Address, Phone Number). NAP Citation menjadi salah satu faktor yang memengaruhi hasil pencarian lokal. Jika informasi bisnis sering muncul di internet, maka artinya bisnis Anda semakin eksis.

Tambahkan informasi bisnis ini di seluruh platform yang digunakan, misalnya di website, media sosial, dan tentunya akun Google My Business. Pastikan juga informasi bisnis yang dicantumkan selalu sama dan relevan. 

Anda dapat menggunakan tool citation finder seperti WhiteShark untuk melakukan NAP Audit, atau mengecek apakah NAP Citation Anda sudah sama di semua platform.

5. Perhatikan review pengunjung

Bayangkan jika Anda mencari hotel di sekitar Anda dan menemukan tiga tempat berbeda. Dua tempat memiliki rating 4 bintang dan satu tempat memiliki rating 5 bintang, mana yang akan Anda pilih? Tentu kemungkinan besar Anda akan memilih hotel dengan rating yang lebih tinggi.

Faktanya, sebanyak 87% pengunjung menggunakan review sebagai salah satu bahan acuan dalam mencari bisnis lokal. Lebih lanjut, hanya 48% pengunjung yang akan mempertimbangkan menggunakan bisnis dengan rating di bawah 4 bintang.

Review juga menjadi salah satu indikator yang dipertimbangkan dalam local SEO. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memantau review yang ditinggalkan oleh pelanggan, tidak hanya di profil Google My Business, namun juga di semua platform yang digunakan, misalnya blog, media sosial, serta situs-situs lain seperti Yelp atau OpenTable di mana pelanggan dapat meninggalkan review tentang bisnis Anda.

Dengan melakukan optimasi local SEO, Anda akan memperbesar peluang untuk menarik pelanggan baru di sekitar lokasi bisnis. Salah satu cara paling mudah untuk mulai mengoptimasi local SEO adalah dengan melengkapi informasi Google My Business. Ikuti panduan pada artikel berikut untuk mendaftar Google My Business. Pastikan untuk mengisi informasi di profil Anda seperti lokasi usaha, nomor telepon yang bisa dihubungi, jam operasional, serta informasi lainnya.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Agnes Sony Tianinda