Rumahweb Blog
Banner Artikel - Apa itu TikTok Ads adalah

TikTok Ads: Pengertian, Manfaat, dan Cara Daftarnya

Selain sebagai sarana mencari hiburan, TikTok juga banyak dimanfaatkan untuk melakukan jual beli produk. Tak heran jika TikTok Ads atau iklan TikTok semakin sering diperbincangkan dan digunakan sebagai sarana marketing maupun meningkatkan performa bisnis.

TikTok adalah platform yang populer digunakan kaum muda. Dilansir dari Hootsuite, saat ini TikTok memiliki sekitar 800 juta pengguna aktif setiap bulannya, mengalahkan LinkedIn dan Twitter. 

Pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia akan membahas mengenai TikTok Ads, manfaatnya, hingga cara menggunakan iklan TikTok untuk menunjang bisnis. Jika Anda seorang marketer dan tertarik menggunakan TikTok Ads, simak artikel berikut ini!

Apa itu TikTok Ads

TikTok Ads atau iklan TikTok adalah perangkat dalam platform TikTok yang dapat digunakan sebagai sarana promosi. Dalam perangkat tersebut ada beragam fitur yang bisa Anda manfaatkan, di antaranya targeting, ad creation, insight report, hingga ads management.

Fitur-fitur ini sering digunakan oleh berbagai brand untuk mendapatkan perhatian lebih luas dari banyak pengguna, baik di dalam maupun luar negeri. Menariknya, Anda dapat menyesuaikan iklan TikTok dengan budget dan strategi pemasaran, bahkan Anda juga dapat membuat konsep iklan yang diinginkan.

Manfaat TikTok Ads

Berikut beberapa manfaat dari TikTok Ads.

1. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, TikTok kini telah memiliki miliaran pengguna dari seluruh dunia. Di Indonesia, misalnya, di mana pengguna TikTok sudah mencapai sekitar 90 juta pengguna.

Hal tersebut menunjukkan bahwa TikTok dapat menjadi sarana mempromosikan produk yang masif dan efektif. Brand yang beriklan di TikTok pun memiliki potensi untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Namun, tentunya untuk mencapai hasil yang maksimal, Anda juga harus mempersiapkan konsep yang tepat dan sesuai target audiens.

BACA JUGA : Apa itu Snaptik TikTok? Pengertian dan Cara Menggunakannya

2. Memiliki Beragam Fitur

TikTok menyediakan beragam fitur yang bisa Anda pilih untuk memaksimalkan promosi produk, misalnya, fitur untuk menambahkan stiker atau mengubah filter agar video Anda menjadi lebih menarik dan dapat mencuri perhatian audiens.

3. Mudah Digunakan

Tidak hanya menyediakan pilihan fitur yang lengkap, Anda juga dapat mengoperasikan berbagai fitur tersebut dengan relatif mudah.

Pemasangan iklan di TikTok pun dapat dilakukan oleh hampir semua orang. Cukup daftarkan akun pada TikTok For Business, buat konsep iklan, dan tentukan rencana pemasangan iklannya.

Tak hanya itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda dapat menyesuaikan pemasangan iklan di TikTok dengan budget dan strategi brand yang ingin Anda gunakan.

4. Konsep Iklan Bervariasi

TikTok juga menghadirkan beberapa jenis iklan yang bisa dipilih, jadi Anda tidak hanya bisa menampilkan video dalam bentuk tulisan maupun visual yang monoton.

Tak hanya sampai di situ, Anda juga bisa dengan bebas mengekspresikan konsep brand, baik dari segi visual, audio, hingga informasi dengan tetap mematuhi panduan pengaturan komunitas yang ada di TikTok.

Cara Daftar TikTok Ads

Sebelum memasang iklan TikTok, Anda harus membuat akun TikTok For Business terlebih dahulu dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs TikTok for Business > klik Ayo Mulai Sekarang.
halaman TikTok for Business
  1. Isikan alamat email atau nomor handphone dan kata sandi > klik Daftar.
daftar tiktok ads
  1. TikTok akan mengirimkan kode verifikasi ke email Anda > masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia.
konfirmasi alamat email
  1. Isi kolom negara, zona waktu, nama bisnis, nomor telepon, dan juga mata uang yang Anda gunakan (Rupiah/IDR). Jika sudah, centang kolom persetujuan dan klik tombol Register.
Register account
  1. Pilih metode pembayaran untuk iklan Anda. Jika memilih opsi Otomatis, Anda akan diminta menghubungkan ke kartu Anda. Jika memilih Manual, Anda akan diminta mengisi saldo secara manual sebelum beriklan. Klik tombol Buka Ads Manager. Dengan begitu, akun TikTok ads Anda sudah siap digunakan!
TikTok Ads Manager

BACA JUGA : Cara Download TikTok SnapTik App di Handphone

Cara Beriklan di Tiktok

Setelah akun bisa digunakan beriklan, maka Anda bisa mulai mengakses TikTok Ads Manager yang fungsinya untuk merencanakan dan memantau iklan Anda.

  1. Sebelumnya, pilih mode/tampilan Ads Manager.
Cara iklan di TikTok
  1. Tentukan tujuan/sasaran iklan > klik Lanjutkan.
TikTok ads manager
  1. Pilih target audiens sesuai dengan target market produk Anda > klik Lanjutkan.
Pilih target iklan TikTok
  1. Tentukan juga budget harian iklan, dengan nominal minimal Rp 100.000, dan tentukan periode iklan.
Tentukan berapa budget
  1. Unggah materi video iklan > klik Kirim.
upload video iklan TikTok

Dengan TikTok Ads, Anda dapat beriklan di TikTok dengan relatif mudah. Tidak butuh waktu lama sampai video Anda bisa ditonton oleh banyak orang. Apakah Anda tertarik mencoba iklan TikTok?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents