Rumahweb Blog
banner artikel - 22 Rekomendasi Instagram IG Tools Gratis

22 Instagram Tools Gratis untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Salah satu media sosial yang paling populer saat ini adalah Instagram. Tak hanya sebagai media hiburan dan informasi, Instagram juga dapat menunjang bisnis. Bagi para pemilik usaha, simak daftar IG tools atau Instagram tools gratis yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis Anda!

Instagram tools atau IG tools adalah alat atau aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk memaksimalkan jangkauan konten di Instagram. Seperti yang disinggung sebelumnya, Instagram tools dapat meningkatkan semakin performa marketing yang dapat berdampak pada penjualan produk atau menambah konsumen.

Rekomendasi Instagram Tools

Ada semakin banyak pebisnis yang memanfaatkan Instagram untuk berbisnis, terutama online shop. Maka, tak mengherankan jika berbagai Instagram tools pun hadir untuk menunjang berbagai kebutuhan yang ada.

Pada artikel kali ini, Rumahweb telah merangkum 20 Instagram atau IG tools yang bisa Anda coba secara gratis! Disimak sampai habis, ya!

1. Later.com

Later.com adalah IG tools yang bisa digunakan untuk membuat jadwal posting di IG, Facebook, Twitter, hingga Pinterest.

Anda bisa menjadwalkan hingga 30 post dalam waktu satu bulan di satu akun. Later.com juga telah menawarkan fitur untuk membuat unggahan terjadwal otomatis. Untuk menggunakan IG tools ini, Anda wajib memiliki akun Instagram Bisnis terlebih dahulu.

BACA JUGA: 50+ Caption IG Aesthetic yang Bikin Instagram Kamu Keren!

2. All-Hashtag

Hashtag, atau tanda pagar (tagar), adalah elemen yang sangat berpengaruh terhadap keterjangkauan konten Anda. Dengan menggunakan tagar, unggahan Anda akan lebih mudah ditemukan.

Semakin tepat tagar yang digunakan, tentu semakin banyak pengguna IG yang melihat konten Anda di beranda mereka.

All-Hashtag adalah salah IG tools yang berfungsi untuk mencarikan hashtag populer di Instagram.

Penggunaannya pun cukup mudah. Cukup akses situsnya, ketikkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda, klik Generate, maka hashtag populer yang berkaitan dengan kata kunci tadi pun muncul.

Selanjutnya, Anda dapat langsung mengcopy dan paste di konten yang ingin Anda unggah. 

3. Socialblade

IG tools ini dapat membantu Anda menganalisa konten dan statistik sebuah akun Instagram. Caranya, cukup kunjungi situs Socialblade, login, lalu masukkan username yang ingin dianalisis pada kolom yang tersedia.

Beberapa data yang akan muncul di antaranya seperti, jumlah postingan, jumlah followers, jumlah following, engagement rate, dan lain sebagainya. IG tools satu ini akan sangat berguna untuk mengecek atau menganalisa kompetitor bisnis.

4. Iconosquare

Iconosquare adalah IG tools yang juga bisa digunakan untuk menganalisis pengguna Instagram lainnya. Tak hanya itu, Instagram tools satu ini juga bisa menganalisis akun kita, menanggapi tulisan atau komentar pengguna lain, bahkan melakukan analisis tagar.

Dengan lebih dari 20 bahasa yang ditawarkan, Iconosquare bisa membantu Anda untuk berinteraksi dengan followers dari negara lain.

5. Schedugram

IG tools berikutnya yang cukup menarik adalah Schedugram. Serupa dengan later.com, tools satu ini juga dapat membantu Anda menjadwalkan konten dengan lebih praktis.

Schedugram cocok bagi Anda yang baru merintis bisnis, karena dapat mengisi peran admin sosial media. Dengan Schedugram, waktu Anda bisa difokuskan untuk melayani calon konsumen tanpa memikirkan jadwal posting konten.

BACA JUGA: 50+ Caption IG Lucu dan Simple yang Bisa Anda Ikuti

6. Canva

Canva adalah salah satu tools yang mungkin tidak asing lagi. Aplikasi yang menawarkan desain berbagai konten ini semakin mendulang popularitas, terutama di kalangan kreator konten. 

Canva sangat cocok bagi Anda yang masih pemula dalam membuat desain konten. Penggunaannya terbilang mudah, dan tools pendukungnya cukup lengkap untuk membantu Anda untuk menciptakan sebuah konten yang menarik. Bahkan, sudah ada template yang disediakan untuk semakin memudahkan pekerjaan Anda.

7. Unfold

IG tools satu ini akan membantu Anda saat IG stories. Unfold menyediakan lebih dari 200 template Instagram Stories yang bisa Anda pilih sebagai media promosi.

Tak hanya template, beragam font menarik pun sudah ada di tools satu ini. Anda bebas memilih dan menggunakannya secara gratis, untuk membuat IG stories yang Anda unggah semakin menarik.

8. Adobe Creative Cloud Express

Dikenal dengan nama Adobe Spark sebelumnya, Adobe Creative Cloud Express adalah IG tools keluaran Adobe yang menyediakan template untuk berbagai platform media sosial, termasuk Instagram. 

Penggunaannya juga cukup mudah, karena tinggal drag & drop isi konten saja. Fitur-fitur yang disediakan antara lain mengubah ukuran, konversi format file, hingga menghapus background. IG tools ini bahkan juga bisa mengedit foto, loh!

9. UNUM

IG tools satu ini menawarkan perencanaan visual feed yang dapat membantu Anda dalam menyusun konten agar terlihat lebih rapi. Tak hanya itu, UNUM juga menawarkan fitur video dan foto editor, penjadwalan posting, Instagram Analytics, dan masih banyak lagi.

Terdapat dua versi yang dapat digunakan, yaitu gratis dan premium. Dengan versi gratis, Anda sudah bisa menikmati fitur penjadwalan postingan hingga 500 foto atau video per bulan dan 18 grid perencanaan posting.

10. StoriesAds

Sama seperti Unfold, StoriesAds juga khusus digunakan untuk membuat stories. IG tools ini akan membantu Anda membuat stories dengan kualitas tinggi. Tak hanya itu, juga sudah ada template yang bisa Anda pilih untuk stories Anda.

11. Buffer Stories Creator

IG tools satu ini juga dapat membantu Anda membuat stories yang menarik. Selain template yang tentunya sudah disediakan, Buffer Stories Creator juga menawarkan fitur membuat desain stories yang mudah.

Anda hanya perlu mempersiapkan foto dan teks saja. Melalui aplikasi ini Anda cukup mengatur teks, memilih font, serta warna. 

12. Buffer Remix

Ingin mengunggah konten dari platform media sosial yang berbeda? Anda dapat menggunakan Buffer Remix. IG tools satu ini akan membantu Anda untuk memindahkan konten dari Twitter ke IG.

Misalnya, Anda ingin mengutip tweet testimoni dan mengunggahnya di akun Instagram. Anda hanya perlu paste URL tweet, lalu menambahkan logo brand atau desain tambahan lainnya.

13. Buffer

IG tools satu ini merupakan aplikasi manajemen media sosial untuk menjadwalkan postingan di berbagai platform. Selain bisa merencanakan konten atau memantau campaign, Anda juga bisa membalas komentar dan DM lewat Buffer.

Untuk tampilan, Buffer terbilang ramah untuk pemula. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika belum pernah menggunakan IG tools ini sebelumnya.

14. Buffer Start Page

Buffer Start Page menawarkan pembuatan link yang biasanya dicantumkan di bio Instagram. Link ini berisi berbagai alamat website lain di luar akun Instagram Anda, misalnya marketplace, layanan customer service, halaman website bisnis, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Cara download Instagram Story, Gampang Banget!

15. Creator Studio

Creator Studio adalah salah satu Instagram tools yang menawarkan manajemen media sosial, khusus platform yang tergabung dalam Meta. Tools ini dapat membuat dan menjadwalkan postingan, dan juga mencari peluang monetisasi konten. 

16. Ads Manager

Sedikit berbeda dari IG tools sebelumnya, Ads Manager digunakan khusus untuk mengelola campaign iklan berbayar di berbagai platform yang tergabung dalam Meta. Dengan tools ini, Anda dapat membuat iklan, mengelola campaign, hingga melakukan A/B Testing.

17. Hashtag Expert

Selain All-Hashtag, IG tools lain yang bisa membantu Anda menemukan tagar yang tepat untuk konten Anda adalah Hashtag Expert.

Dengan tools ini Anda bisa memasukkan satu tagar, lalu Hashtag Expert akan membantu Anda mencari tagar lain yang relevan dan populer. Jadi, Anda hanya perlu copy tagar yang muncul lalu paste di kolom caption.

18. Gleam

Ingin membuat giveaway untuk menarik perhatian calon konsumen? Gleam bisa membantu Anda! IG tools satu ini memang memiliki fitur menarik bagi Anda yang ingin mengadakan kompetisi atau giveaway di Instagram.

Selain menyediakan template, Anda juga bisa membuat template sendiri. Sudah tersedia sejumlah widget yang membantu Anda untuk merencanakan giveaway atau kompetisi, mulai dari join hingga nanti mendapatkan reward.

19. Brand Collab Manager

Jika Anda ingin mencari influencer untuk bekerja sama, Brand Collab Manager akan mempermudah pekerjaan Anda! IG tools milik Meta ini akan membantu Anda, sebagai brand, untuk terhubung dengan influencer.

Untuk dapat menggunakan tools ini, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki 1.000 followers, 15.000 engagement post di 60 hari terakhir, dan syarat pendukung lainnya.

Dengan IG tools ini, Anda akan lebih mudah dalam mencari influencer yang cocok dengan brand Anda, hingga melakukan kontrak dengan lebih praktis.

20. ShortStack

IG tools ini bertujuan untuk mengelola konten User Generated Content (UGC). Misalnya, ketika ada pengguna lain yang menandai akun Anda di setiap media sosial. Dengan begitu, Anda akan dapat mencari konten dari pengguna dengan lebih mudah.

21. Repost For Instagram

Ingin repost konten pengguna lain di akun Anda? Pakai Repost for Instagram saja! IG tools ini akan membantu Anda melakukan repost konten hanya dengan beberapa langkah.

Pastikan untuk membubuhkan credit pemilik konten asli agar tidak melanggar persyaratan penggunaan Instagram, ya!

22. Instagram Insights

IG tools yang paling mudah diakses, karena otomatis tersedia di halaman profil akun IG Anda adalah Instagram Insight. Dapat dikatakan bahwa tools ini adalah bawaan dari akun bisnis Anda.

Melalui Instagram Insights Anda bisa melihat laporan kinerja akun Instagram setiap bulannya, melihat pertambahan atau pengurangan followers, berapa pengguna yang menyukai postingan Anda, berapa banyak pengguna yang mengklik profil Anda, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA : Apa itu Insight? Artinya, Contoh, dan Cara Mendapatkannya

Kesimpulan

Berbagai tools di atas akan sangat menunjang perkembangan bisnis Anda di Instagram. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat mengelola akun bisnis tersebut. 

Mulai dari stories, feed, hashtag, reach, engagement, dan masih komponen lainnya bisa dioptimalkan dengan bantuan berbagai IG tools di atas secara gratis. Jadi, mana yang ingin Anda coba?

Itulah artikel dari Rumahweb Indonesia tentang 22 rekomendasi instagram tools gratis untuk meningkatkan bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing