Rumahweb Blog
Arti Give away adalah

Arti Give away dan Cara Membuatnya agar Banyak Peserta

Apakah Anda pernah menjadi salah satu orang beruntung yang pernah memenangkan give away? atau mungkin tidak pernah sama sekali? Namun tahukah anda, bahwa give away adalah salah satu media promosi yang sedang populer. Mulai dari brand, perusahaan, publik figur, hingga orang biasa sekalipun berlomba-lomba untuk mengadakan give away.

Sebenarnya apa itu give away? Lalu, bagaimana cara agar give away yang diadakan bisa meriah dan menarik banyak peserta? Pada kesempatan kali ini, Rumahweb akan mengulasnya untuk Anda!

Arti Give away

Give away adalah salah satu strategi marketing. Lebih spesifiknya, give away artinya adalah kegiatan membagi hadiah kepada audiens dengan syarat tertentu. Contohnya seperti haru mengikuti akun tertentu, menulis komentar, men-tag beberapa teman, hingga membagikan postingan pemberi give away di story atau unggahan media sosial Anda.

Biasanya, give away diadakan saat suatu perusahaan sedang mempromosikan produk baru dan ingin meningkatkan brand awareness. Tak hanya bermanfaat bagi perusahaan, give away juga bisa menjadi strategi untuk menaikkan engagement media sosial pribadi!

Terdapat dua jenis give away yang kini meramaikan dunia maya, yaitu self give away dan sponsor give away. Self Give away adalah jenis give away yang dilakukan secara mandiri, mulai dari promosi, persyaratan, hadiah, hingga pemutusan pemenang.

Self Give away biasanya diadakan oleh pebisnis yang telah berpengalaman dan memiliki pelanggan atau pengikut yang cukup banyak. Budget marketing sangat berperan penting dalam mengadakan give away jenis ini.

Sponsor give away adalah jenis give away di mana perusahaan/individu hanya menjadi sponsor, sedangkan konsep, persyaratan, hingga hadiah ditentukan oleh host. Jadi, perusahaan tidak perlu repot memikirkan konsep hingga proses pengundiannya.

Sponsor Give away cocok digunakan untuk Anda yang baru merintis usaha, karena jenis give away ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness atau engagement.

Manfaat Give away

Satu hal yang perlu diketahui adalah event give away ini cukup penting bagi pemasaran suatu bisnis, mengingat ada cukup banyak dampak positif yang bisa diperoleh dari kegiatan ini. Apa saja itu?

1. Meningkatkan Leads atau Calon Konsumen Potensial

Give away mampu meningkatkan jumlah calon konsumen potensial, berkat persyaratan yang diminta, seperti mengisi formulir berisi nama, nomor telepon, hingga email.

Dengan informasi kontak ini Anda bisa menghubungi calon pelanggan secara lebih personal, untuk memberikan informasi seputar bisnis Anda, misalnya perilisan produk baru hingga penawaran menarik.

2. Menaikkan Engagement

Dengan adanya give away, peluang membangun komunikasi antar perusahaan dengan pelanggan juga semakin terbuka. Engagement ini dapat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Melalui engagement, Anda juga bisa mendapat lebih banyak feedback terkait brand atau produk yang sedang ditawarkan.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, give away juga memiliki pengaruh untuk meningkatkan brand awareness. Melalui give away, brand Anda bisa dikenal lebih luas oleh calon konsumen.

Kesimpulannya, semakin banyak peserta yang terlibat give away, maka semakin tinggi pula peningkatan brand awareness brand atau produk yang dipasarkan.

4. Hemat Budget

Percayakah Anda bahwa give away dapat tergolong sebagai salah satu bentuk promosi yang hemat budget?

Meski sekilas terlihat boros karena membagikan hadiah gratis, namun anggaran yang Anda keluarkan sebenarnya lebih hemat dibanding menggunakan strategi promosi lainnya, seperti memasang iklan di media sosial.

Cara Membuat Givea way yang Meriah

Mengingat besarnya dampak yang diberikan, strategi marketing satu ini tentu sayang untuk dilewatkan! Anda bisa mengadakan giv eaway agar produk semakin dikenal luas dan mampu menaikkan penjualan. 

Sebelum mengadakan give away, Anda harus mengingat satu hal ini: jangan melakukan give away asal-asalan dan minim riset. Hal ini karena hasil yang didapatkan bisa jadi tidak  akan maksimal.

Untuk itu, berikut kami rangkum beberapa cara yang bisa membuat give away Anda tepat sasaran, meriah, dan tentunya diikuti banyak peserta.

1. Sesuaikan dengan Tujuan

Konsep give away diawali dengan perumusan tujuan terlebih dahulu.Hal ini penting karena dapat berpengaruh pada proses selanjutnya, seperti persyaratan hingga hadiah.

Coba tanyakan pada tim pemasaran Anda, apa alasan atau tujuan mengadakan give away ini? Ada berbagai tujuan yang bisa dipilih, misalnya meningkatkan followers media sosial, menaikkan brand awareness, meningkatkan penjualan produk, atau sebagai strategi untuk lebih dekat dan mengenal pelanggan.

2. Pilih Hadiah Give away yang Tepat

Hadiah juga menjadi penentu apakah give away yang diadakan akan diikuti oleh banyak peserta atau tidak. Jadi, pilihlah hadiah yang sesuai dengan tujuan give away.

Sebagai contoh, jika Anda ingin meningkatkan leads, maka hadiah give away bisa berupa produk Anda sendiri. Dari hasilnya, Anda dapat menyimpulkan bahwa semakin banyak peserta berarti produk Anda semakin diminati oleh pasar. 

3. Sesuaikan Persyaratan dengan Tujuan dan Hadiah Give away

Anda perlu menyeimbangkan tujuan give away, hadiah, dan persyaratannya. Sebagai contoh, jika tujuannya untuk meningkatkan followers media sosial, maka Anda bisa membuat persyaratan berupa follow akun, like dan share unggahan, beri komentar, hingga tag akun lain.

4. Menggunakan Hashtag

Hashtag pada media sosial berfungsi untuk mengkategorikan konten, sehingga audiens akan mudah menemukan unggahan yang mereka minati.

Manfaatkan fitur ini untuk menarik perhatian audiens dan meningkatkan engagement. Gunakan hashtag yang relevan di setiap give away dan jangan lupa untuk membuat sebuah hashtag yang unik dan menarik.

5. Memakai Jasa Influencer

Jika punya budget lebih, Anda juga bisa memanfaatkan jasa influencer dalam program give away. Para influencer ini nantinya akan mempromosikan give away yang sedang Anda lakukan.

Dengan cara ini, akan banyak orang yang tahu dan makin banyak pula yang mengikuti give away tersebut.

6. Tentukan Kapan Hasil Give away dan Umumkan Secara Terbuka

Demi transparansi program ini, Anda harus mengumumkan secara terbuka siapa pemenangnya. Hal ini guna menghindari penipuan oleh pihak lain.

Bila perlu, Anda bisa memperlihatkan metode yang digunakan untuk memilih pemenang, misalnya dipilih berdasarkan like terbanyak, atau justru dipilih secara acak menggunakan situs seperti wheel of names. Sehingga audiens merasa bahwa give away tersebut adil dan tanpa settingan.

Jangan lupa, tentukan batas waktu give away dan tanggal pengumuman pemenangnya. Jika sudah diumumkan, segera hubungi pemenang untuk diproses lebih lanjut.

Bagaimana? Menarik bukan strategi marketing satu ini? Anda yang memiliki budget terbatas tetap bisa memilih strategi satu ini untuk mengenalkan produk dan meningkatkan brand awareness. Semoga berhasil!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing