Rumahweb Blog
Banner - Facebook Shop for WooCommerce

Facebook Shop for WooCommerce: Cara Integrasi untuk Pemula

Pernah mendengar Facebook Shop WooCommerce? Hal ini sebenarnya adalah dua platform yang berbeda tetapi bisa saling berhubungan. Bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia digital marketing, Facebook for WooCommerce ini bisa menjadi salah satu strategi yang bisa menaikkan penjualan.

Lalu, apa itu Facebook Shop dan WooCommerce? Kenapa keduanya perlu diintegrasikan? Semuanya akan Rumahweb ulas pada artikel kali ini.

Apa itu Facebook Shop

Facebook Shop adalah fitur yang disediakan Facebook untuk membuat toko online. Inovasi ini disediakan oleh Facebook karena penggunanya yang memang kerap menggunakan platform media sosial ini untuk jual-beli online.

Konsep Facebook Shop ini sebenarnya hampir sama dengan ecommerce lain, di mana penjual dapat menjajakan barangnya secara online kepada pelanggan.

Penjual dapat menampilkan produk yang ingin dipasarkan, menambahkan barang ke koleksi produk, hingga terhubung langsung dengan pelanggan untuk melacak pengiriman, mengajukan pertanyaan, dan lain sebagainya. Platform messenger yang dapat diintegrasikan pun beragam, mulai dari Facebook Messenger, Instagram Direct, atau WhatsApp.

Apa itu Facebook Shop for WooCommerce

Facebook Shop for WooCommerce adalah plugin yang disediakan oleh Facebook untuk menghubungkan situs WooCommerce ke Facebook Shop Anda. 

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Dengan plugin resmi ini, Anda dapat mengunggah katalog produk dari WooCommerce dengan lebih cepat dan mudah. Anda juga dapat menginstal Facebook Pixel, yaitu kode yang dipasang untuk mengetahui performa Facebook Ads. Jadi plugin ini bisa menjalankan iklan dinamis dan menunjukkan konversi yang dihasilkan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Facebook Shop for WooCommerce ini dapat membantu Anda meningkatkan eksposur produk dan jangkauan marketing toko online! Plugin ini dapat Anda download secara gratis melalui link berikut.

BACA JUGA : Plugin WooCommerce Terbaik untuk Toko Online, Semuanya Gratis!

Fitur Facebook Shop

Jika WooCommerce dapat memudahkan Anda membuat website toko online sendiri, bagaimana dengan Facebook Shop? Simak beberapa fitur unggulan yang disediakan Facebook Shop berikut!

1. Terhubung dengan Instagram Shop

Instagram juga memperkenalkan layanan belanja bernama Instagram Shop. Namun karena keduanya adalah bagian dari Meta, Facebook Shop dan Instagram Shop dapat saling terhubung, yang dapat memudahkan pengelolaannya.

2. Live-shopping

Serupa dengan TikTok Shop, Facebook Shop juga memiliki fitur live-shopping, di mana pelanggan bisa melakukan transaksi secara real time saat siaran langsung. Tak hanya transaksi real time saat siaran, penjual dan pembeli pun dapat terlibat dengan percakapan yang lebih interaktif dan bertanya seputar produk.

3. Program Loyalitas

Untuk meningkatkan penjualan, Facebook Shop juga menyediakan program loyalitas. Anda bisa membuat dan mengelola sendiri program loyalitas ini untuk pelanggan. Misalnya, Anda akan menambahkan poin ke akun Facebook untuk setiap transaksi jual beli yang dilakukan.

4. Bekerja Sama dengan Mitra

Facebook Shop tak hanya bekerja sama dengan WooCommerce saja. Ada berbagai mitra lain, seperti Shopify, BigCommerce, dan masih banyak lagi. Kerja sama ini dilakukan untuk memaksimalkan dukungan terhadap pemilik bisnis, termasuk UMKM. 

Manfaat Facebook Shop for WooCommerce

Lalu, apakah Facebook Shop WooCommerce ini hanya akan memudahkan Anda dalam mengelola toko online? Ada berbagai manfaat Facebook for WooCommerce lainnya, antara lain:

  • Membantu beradaptasi dengan kemajuan bisnis digital.
  • Tools yang disediakan terbilang cukup mudah untuk dipelajari, bahkan bagi pemula.
  • Mempermudah calon pelanggan berbelanja di media sosial.
  • Memudahkan pemilik bisnis untuk mengelola toko online.
  • Terhubung dengan pelanggan kapan pun dan di mana pun.
  • Mengenalkan merek usaha secara global.
  • Menghemat anggaran dalam melakukan marketing dan penjualan.

Kenapa Perlu Integrasi

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda masih ragu untuk menggunakan plugin Facebook Shop for WooCommerce? Jika disimpulkan, ada beberapa alasan mengapa integrasi ini perlu dilakukan.

Pertama, Facebook Shop for WooCommerce adalah plugin resmi dari Facebook untuk mengintegrasikan website WooCommerce dengan layanan penjualan di halaman Facebook. Melalui WooCommerce inilah penjual bisa mengelola toko online mereka.

Plugin ini akan memudahkan penjual untuk mengunggah katalog toko online dari WooCommerce ke Facebook. Selain itu, plugin ini juga memudahkan penjual untuk menginstal kode yang dipasang pada website untuk melacak facebook ads (Facebook Pixel).

Selain itu, dengan mengintegrasikan Facebook Shop WooCommerce, Anda bisa meningkatkan jangkauan pemasaran dan exposure brand Anda.

Itulah beberapa alasan yang membuat Facebook Shop WooCommerce memang penting untuk diintegrasikan, terutama bagi Anda yang menggunakan website berbasis WooCommerce.

Cara Integrasi Facebook Shop WooCommerce

Sebelum memulai integrasi, pastikan Anda menggunakan WooCommerce untuk membuat toko online. Jika sudah, cara integrasi Facebook dengan WooCommerce adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman Facebook dan masuk ke akun bisnis Anda.
  • Masuk ke profil > klik opsi Options.
  • Pilih Page untuk membuat halaman bisnis baru.
  • Pilih halaman yang ingin Anda buat, contohnya Brand or Product.
  • Pilih kategori toko online Anda dan beri nama.
  • Lengkapi informasi lain, seperti foto profil, About Us, dan sebagainya.
  • Klik Save Changes,
  • Buka halaman dashboard WordPress untuk mengintegrasikan Facebook dengan WooCommerce.
  • Klik Plugins > Add New.
  • Ketik Facebook for WooCommerce.
  • Klik Install Now.
  • Pada halaman dashboard WordPress, pilih menu Marketing > Facebook > Get Started.
  • Masuk ke akun Facebook Anda > Continue As > Facebook Shop > Get Started.
  • Ada opsi untuk membuat akun bisnis baru atau menggunakan yang sudah ada. Pilih opsi kedua > klik Continue.
  • Pilih halaman Facebook Shop yang ingin diintegrasikan > Continue.
  • Buat katalog produk baru dengan mengisi nama katalog > klik Continue.
  • Konfirmasi akun halaman Facebook Shop yang terhubung WooCommerce sudah benar > Continue.
  • Beri izin WooCommerce terkait data yang bisa diakses > Done.

BACA JUGA : Alternatif Selain WooCommerce Untuk Membuat Toko Online

Itulah penjelasan seputar Facebook for WooCommerce. Melihat kelebihan yang ditawarkan, Anda bisa memanfaatkan Facebook Shop WooCommerce ini sebagai salah satu strategi marketing toko online Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb