Rumahweb Blog
banner blog - Alternatif Selain WooCommerce Untuk Membuat Toko Online

Alternatif Selain WooCommerce Untuk Membuat Toko Online

Makin maraknya bermunculan toko online merupakan salah satu wujud nyata dari kedatangan industri 4.0. Jual beli yang sebelumnya mengharuskan untuk bertatap muka, saat ini sudah bisa dilakukan dengan cara daring.

Untuk membuat website toko online, Anda dapat menggunakan CMS WordPress dengan tambahan plugin WooCommerce. Fungsi-fungsi yang dimiliki plugin ini akan memberikan kemudahan dalam kegiatan transaksi yang dilakukan melalui website. 

Namun WooCommerce bukanlah satu-satunya pilihan yang bisa digunakan untuk membuat toko online. Masih ada banyak alternatif selain WooCommerce untuk membuat toko online. Dengan fungsionalitasnya masing-masing, berikut ini adalah plugin alternatif untuk toko online selain WooCommerce yang bisa Anda pertimbangkan.

1. WP Easy Cart
Bila Anda merasa kewalahan dengan banyaknya add on tambahan yang diperlukan bila menggunakan WooCommerce, maka Wp Easy Cart bisa jadi penggantinya. Tools ini bahkan menyediakan addon untuk WooCommerce supaya memiliki variasi produk, menyediakan kupon dan lain sebagainya.

WP Easy Cart juga menawarkan dukungan prioritas dan menyediakan ekstensi premium bila Anda membayar biaya langganan sebesar $99/tahun. Tim WP Easy Cart akan membantu mengatasi segala kendala yang terjadi dan memastikan toko online Anda bisa berjalan dengan baik. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang perbandingan antara WP Easy Cart dengan WooCommerce untuk lebih jelasnya.

2. eCommerce Product Catalog
Sebagai alternatif pengganti WooCommerce. eCommerce Product Catalog merupakan pilihan tools toko online yang relatif ringan.

Apabila Anda akan menampilkan produk tanpa perlu adanya transaksi di dalam website, maka plugin ini sangatlah cocok. Seperti tools untuk membuat toko online lainnya, eCommerce Product Catalog menawarkan versi premium dengan pilihan fitur tambahan yang lebih banyak. Pilihan biaya berlangganan yang ditawarkan mulai dari $45/tahun untuk satu website atau $499/ tahun untuk banyak website.

eCommerce Product Catalog merupakan salah satu pilihan terbaik untuk membuat katalog produk yang menangani inventaris yang besar.

3. Magento
Magento merupakan CMS toko online yang berbasis PHP dan SQL. Kendati hampir mirip seperti WordPress, bedanya Magento sudah tidak memerlukan tambahan plugin lagi.

Magento biasa digunakan untuk membuat website eCommerce baik yang masih berskala kecil hingga yang berskala besar. Untuk bisa menggunakan CMS Magento, Anda perlu berlangganan domain dan hosting murah terlebih dahulu.

4. Ecwid
Ecwid merupakan pemain toko online yang sudah cukup lama. Kelebihan dari Ecwid adalah Anda bisa membuat toko online dari website statis yang dibangun menggunakan HTML dan CSS.

Kini Ecwid telah semakin berkembang dan memungkinkan Anda untuk berjualan dari berbagai platform, seperti marketplace, media sosial, halaman website, dll.

Anda cukup membuat website seperti biasa, selanjutnya untuk ecommerce-nya tinggal serahkan pada Ecwid. Seperti pilihan-pilihan lainnya, Ecwid menawarkan baik versi gratis maupun premium, yang bisa didapatkan dengan harga $99/bulan.

5. BigCommerce
BigCommerce adalah platform eCommerce yang lengkap dan terintegrasi dengan WordPress. Layanan BigCommerce cocok untuk mengelola toko-toko dengan skala besar. Sedangkan, untuk keperluan bisnis yang masih kecil akan ditangani oleh layanan BigCommerce Essentials.

Pengguna plugin BigCommerce di WordPress akan disuguhkan dengan berbagai kemudahan dalam pengelolaan website toko online, seperti pengelolaan keranjang belanja, produk, serta checkout dalam situs WordPress. Anda juga diperkenankan untuk menyematkan produk ke dalam postingan artikel dengan cara menambahkan shortcode.

Inventaris produk, data pelanggan, serta transaksi semuanya diakuisisi oleh BigCommerce. BigCommerce mematok harga langganan sebesar $29.95/bulan hingga $299.95/bulan. Platform ini cocok untuk toko yang sedang berkembang dan memutuskan untuk mempercayakan pengelolaan ecommerce pada pihak ketiga.

6. Easy Digital Downloads
Merupakan plugin yang digunakan untuk penjualan produk digital, seperti ebook. EDD memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti shopping cart, customer management, kode diskon, dan laporan mendetail.

Untuk memperkaya fungsionalitasnya, berbagai extension seperti opsi metode pembayaran, lisensi software, dan sebagainya masih bisa ditambahkan.

Plugin ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Bila ingin menggunakan fitur dan ekstensi tambahan, Anda diharuskan untuk berlangganan dengan harga mulai dari $99/bulan.

7. Gumroad
Biasa digunakan oleh content creator untuk menjual produk fisik dan digital. Tidak hanya digunakan untuk membuat website ecommerce, Gumroad bisa dipakai untuk mengelola membership, newsletter, kerja sama, bahkan fundraising untuk peluncuran produk baru. 

8. Vcita
Vcita merupakan aplikasi web manajemen bisnis yang dirancang untuk memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Dengan menggunakan Vcita, Anda bisa melakukan manajemen klien, penagihan dan pembuatan faktur, alat pemasaran, hingga portal klien layanan mandiri, yang semuanya sudah berada di dalam aplikasi mobile.

Vcita mengintegrasikan semua fungsi itu ke website WordPress hanya dengan menambahkan widget. Vcita juga dapat digunakan di Weebly, Facebook, Wix, Google, Paypal, dan platform-platform lainnya.

Bila penasaran ingin mencobanya, Vcita memberikan layanan trial.

9. Jobber
Bisa dibilang merupakan all-in-one plugin, karena hampir semua hal bisa dikelola melalui plugin ini. Mulai dari membuat website, mengelola pembayaran, hingga mengatur jadwal staff.

Jobber dapat digunakan dengan biaya berlangganan mulai dari $29/bulan untuk satu user, dengan kesempatan melakukan free trial selama 14 hari.

WooCommerce adalah plugin pendukung toko online yang diperuntukkan untuk pengguna WordPress. Namun WooCommerce bukanlah satu-satunya pilihan untuk membuat toko online. Anda bisa menggunakan plugin atau tools tambahan lain sesuai platform yang digunakan dan kebutuhan website.

Mari segera online-kan bisnis Anda dengan hosting murah dari Rumahweb Indonesia. Tersedia free plugin dan theme yang bisa Anda gunakan untuk memiliki tampilan website profesional.

Berikan Komentar

Anggit Puguh