Rumahweb Blog
banner artikel - Facebook Ads Library adalah

Facebook Ads Library: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Sebagian dari Anda mungkin sudah familier dengan Facebook Ads. Namun, apakah Anda sudah pernah mendengar Facebook Ads Library? Ternyata, selain menyediakan fitur beriklan, Facebook juga memiliki tools lain yang berfungsi untuk memantau iklan kompetitor.

Facebook Ads Library adalah fitur gratis dari Facebook yang dapat digunakan untuk melihat iklan apa saja yang sedang aktif. Aktivitas ini tentu berguna berguna bagi pebisnis yang ingin melakukan riset terhadap kompetitor.

Dalam artikel kali ini, Rumahweb Indonesia sudah merangkum informasi lengkap yang perlu Anda tahu mengenai Facebook Ad Library. Mari disimak!

Apa itu Facebook Ads Library

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Facebook Ads Library adalah alat yang disediakan oleh Facebook untuk memungkinkan pengguna melihat iklan yang sedang berjalan pada platform tersebut, termasuk Instagram.

Fungsi utama Facebook Ads Library adalah untuk memberikan transparansi dan aksesibilitas kepada pengguna tentang iklan yang ditampilkan di Facebook. Facebook Ad Library dapat memudahkan pebisnis atau marketer untuk melihat ribuan iklan dalam satu waktu.

Tools ini sangat berguna bila Anda ingin melakukan riset iklan kompetitor, sebab di dalamnya ditampilkan beragam detail informasi terkait iklan, mulai dari perusahaan pembuat iklan, kapan iklan pertama kali tayang, di platform mana saja iklan tersebut muncul, sampai isi teks, gambar, dan video dari iklan tersebut.

Menariknya, Ad Library ini bisa diakses oleh siapapun, meski pengguna itu tidak memiliki akun Facebook. Kebijakan ini baru berlaku setelah Facebook tersandung kasus kebocoran data tahun 2016, di mana 50 juta data pelanggan Facebook bocor ke tangan pengiklan saat momen pemilu Amerika Serikat. Inilah yang akhirnya membuat Facebook menjadi lebih transparan.

Fungsi Facebook Ads Library

Facebook Ads Library tidak hanya dapat digunakan untuk memantau iklan milik kompetitor saja. Ada berbagai fungsi Ad Library lain yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mencari Referensi Iklan

Dengan Facebook Ad library, Anda dapat mencari iklan berdasarkan kata kunci, nama halaman, atau topik tertentu.

2. Melihat Iklan yang Sedang Berjalan

Anda juga dapat melihat iklan yang sedang berjalan di Facebook dan Instagram, termasuk iklan dari halaman bisnis tertentu.

Tidak hanya melihat tampilan iklannya saja, dengan Facebook Ads Library Anda juga dapat melihat detail informasi dari sebuah iklan, seperti tanggal mulai dan berakhir iklan, target audiens, sampai biaya iklan tersebut.

BACA JUGA : Instagram Ads: Pengertian, Daftar, dan Cara Pasang Iklannya

3. Memantau Tren Periklanan

Pemasaran digital adalah industri yang dinamis sehingga perubahannya bergerak dengan sangat cepat. Karena itulah, Anda perlu terus memantau tren iklan yang sedang berjalan.

Dengan Facebook Ad Library, Anda dapat melihat tren yang sedang naik. Biasanya, brand akan berlomba-lomba memanfaatkan tren tersebut untuk menarik perhatian audiens.

4. Mengintip Iklan Kompetitor dan Menganalisisnya

Fungsi utama Facebook Ads Library adalah untuk menganalisis iklan milik kompetitor dengan melihat strategi yang mereka gunakan. Aktivitas ini dapat memberi inspirasi bagi bisnis Anda terkait bagaimana mengemas materi iklan secara menarik.

5. Menemukan Klien

Facebook Ad Library dapat diibaratkan sebagai search engine iklan Facebook/Instagram. Anda tidak hanya bisa melihat iklan saja, bahkan Anda juga bisa menemukan kompetitor di sana dengan mencarinya melalui kata kunci.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis agensi digital dan sedang mencari jasa membuat website, Anda bisa mencari dengan kata kunci “jasa pembuatan website” lalu menjangkau pembuat iklan tersebut untuk menjadi klien Anda.

Cara Riset Iklan Kompetitor

Setelah memahami tentang pengertian dan fungsi Facebook Ads Library, selanjutnya berikut Rumahweb rangkum cara riset iklan kompetitor menggunakan ad library milik Facebook:

Cari Kata Kunci yang Berkaitan dengan Bisnis Anda

Pertama, cari referensi iklan berdasarkan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda. Pilih beberapa kata kunci terkait brand, industri, atau produk. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mendapat inspirasi dari iklan yang sudah ada serta menemukan tren yang sedang berjalan.

Buat Daftar Iklan Kompetitor

Jangan berhenti sampai menemukan kompetitor saja. Sebaiknya Anda juga membuat daftar berisi maksimal 10 brand kompetitor, lalu cari iklan-iklan mereka di Facebook Ad Library, dan memantau iklan apa saja yang masih aktif.

Catat Informasi Penting di Iklan Kompetitor

Facebook Ads Library menyediakan fitur filter yang dapat membantu Anda menyaring iklan yang ada berdasarkan berbagai kategori, misalnya, lokasi negara, tanggal penayangan, platform yang digunakan, dan jenis media.

Jangan lupa catat semua informasi penting tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan visual dan copywriting dari iklan kompetitor.

Perhatikan Pesan Iklan yang Ingin Disampaikan

Selain informasi di atas, penting juga untuk menganalisis pesan yang ingin disampaikan kompetitor melalui iklannya. Perhatikan bagaimana mereka menggunakan ad copy dan caption untuk menyampaikan pesan iklan, baik di tahap awareness, consideration, atau conversion.

Perhatikan Landing Page Iklan Kompetitor

Tidak hanya sebatas melihat iklan dan copy-nya, perhatikan juga landing page iklan tersebut.

Beberapa poin yang perlu diperhatikan misalnya, apa saja yang ada di dalamnya, apa pesan yang disampaikan di iklan dan muncul di landing page, dan apakah ada promo/penawaran khusus. Anda bisa mendapatkan inspirasi dari sana dan mengadaptasinya di landing page Anda.

BACA JUGA: Google Ads vs Facebook Ads, Mana yang Harus Saya Pilih?

Cara Menggunakan Facebook Ads Library

  1. Masuk ke platform Facebook Ads Library
  2. Pilih negara dan kategori iklan yang ingin Anda cari > masukkan keyword yang relevan dengan bisnis Anda.
Facebook Ads Library
  1. Setelah menentukan negara, kategori, dan keyword, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Anda bisa scroll sepuasnya sampai bawah untuk melihat semua iklan berdasarkan parameter negara, kategori, dan keyword iklan.

Anda juga dapat mempersempit pencarian dengan menggunakan fitur Filters.

filters
  1. Anda bisa memilih filter berdasarkan bahasa, pengiklan (kompetitor bisnis), platform, tipe media (foto, video, dsb), status keaktifan, hingga durasi tanggal.
mengisi data filters
  1. Jika sudah sesuai, klik Apply dan iklan-iklan kompetitor Anda akan muncul
apply filters

Facebook Ads Manager adalah salah satu tools yang dapat mempermudah Anda dalam mencari referensi iklan hingga menemukan klien. Itulah penjelasan dari Rumahweb mengenai Ad Library hingga cara menggunakannya. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents