Rumahweb Blog
banner blog - enam langkah wajib umkm go online

Enam Langkah Wajib UMKM Go Online

Penggunaan teknologi informasi telah menjadi standar operasional dalam dunia bisnis di era digital saat ini. Dengan semakin cepatnya laju perkembangan teknologi informasi, pelaku bisnis yang tidak mengikuti trend tersebut lambat laun akan tertinggal. Bahkan tidak menutup kemungkinan, bisnisnya akan mengalami stagnasi atau kemunduran.

Dari sekian banyak pelaku bisnis di Indonesia, partisipasi UMKM dalam pemanfaatan teknologi informasi masih terbilang minim, dibandingkan dengan komposisi mereka dalam perekonomian nasional yang sangat besar.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia ingin berbagi tips tentang enam langkah yang wajib dilakukan untuk oleh pelaku UMKM supaya siap go online.

1. Mendaftar Alamat di Google Maps

Google Maps secara de facto telah menjadi rujukan utama orang-orang untuk mencari dan menemukan lokasi atau alamat sebuah tempat. Mendaftarkan alamat usaha di Google Maps adalah sebuah langkah awal paling fundamental yang harus Anda lakukan.

Ketika alamat usaha Anda sudah terdaftar di Google Maps, memungkinkan seorang pelancong dari luar negeri menemukan tempat usaha Anda, dan lalu menjadi pelanggan Anda.

2. Membuat Akun Media Sosial

Media sosial adalah sebuah wadah yang mampu mempertemukan orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Kalau Google Maps mampu mengantarkan orang ke alamat fisik bisnis Anda, maka media sosial bisa berperan sebagai semacam curriculum vitae yang bisa memperkenalkan profil usaha Anda secara global ke seluruh dunia.

Berdasarkan basis penggunanya, Facebook, Instagram dan Twitter adalah media sosial terbesar dan paling strategis untuk menampung profil usaha Anda.

3. Membuat Akun Marketplace

Marketplace adalah gerai atau lapak digital, tempat orang-orang di era Revolusi Industri 4.0 ini berjualan dengan aman dan nyaman. Setelah melihat profil usaha Anda di media sosial, para pembeli potensial bisa memesan dan membeli produk Anda melalui marketplace.

Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli saat ini menjadi marketplace paling populer di Indonesia. Luangkanlah waktu untuk membuat akun di marketplace, dan jual produk Anda.

4. Mendaftarkan Nama Domain

Nama domain adalah sebuah alamat unik yang bisa mengantarkan orang ke halaman tertentu di internet. Hanya dengan mengetikkan alamat berupa kata, frasa atau susunan huruf yang mewakili brand bisnis Anda, orang akan diantarkan ke halaman tertentu yang berisi informasi lengkap tentang bisnis Anda.

Mendaftarkan nama domain adalah the next level yang akan meningkatkan branding dan positioning bisnis Anda.

5. Email Dengan Nama Domain Sendiri

Meskipun Whatsapp telah menjadi media komunikasi massal paling utama yang menggantikan fungsi SMS, Email tetap memiliki fungsi penting dalam komunikasi, khususnya dalam dunia bisnis.

Melalui email, Anda bisa mengirimkan dokumen-dokumen penawaran, kerjasama, tagihan, dan seterusnya, dalam jumlah yang besar dan dengan kualitas redaksional yang baik. Email adalah media resmi untuk berkorespondensi secara formal antar institusi.

Setelah mendaftarkan nama domain, tahap selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendongkrak reputasi brand bisnis Anda adalah dengan membuat email dengan nama domain sendiri.

Saat ini tersedia banyak platform yang bisa memfasilitasi pembuatan email dengan nama domain sendiri. Di Rumahweb Indonesia, kami memiliki produk unggulan Google Suite dan FlockMail.

6. Membuat Website

Website adalah media paling utama yang akan dan bisa mengerek citra bisnis Anda ke level profesional. Melalui Google Maps, Media Sosial, Domain, dan Email, Anda bisa menjangkau banyak calon pelanggan.

Ketika Anda membuat website, Anda sedang membangun rumah atau kantor digital yang akan mengangkat derajat brand bisnis Anda secara signifikan. Orang tidak lagi memandang Anda sebagai pebisnis rumahan, tetapi akan mengenali Anda sebagai seorang profesional yang berbisnis dengan visi yang luas, holistik, dan berorientasi masa depan.

Kesimpulan

Digitalisasi dunia bisnis adalah sebuah trend yang tidak bisa lagi dihindari. Orang-orang zaman sekarang lebih suka berdiam diri di rumah, membuka gadget, lalu membeli produk secara online. Sebagai pemain terbesar dalam roda perekonomian nasional, UMKM go online harus menjadi laku bersama pesatnya kemajuan zaman.

Semoga artikel kali ini bisa memberikan Anda wawasan, khususnya dalam bidang Teknologi Informasi, dan membantu Anda untuk terus mengembangkan UMKM go online yang sedang Anda tekuni. Salam sukses dari Rumahweb Indonesia.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi