Rumahweb Blog
banner artikel - Tips Edit Foto Lebaran agar Terlihat Lebih Menarik

Tips Edit Foto Lebaran agar Terlihat Lebih Menarik

Hari Lebaran tentu tak lengkap tanpa mengabadikan setiap momen dengan berfoto keluarga. Untuk membuat hasil foto semakin meriah, Anda bisa melakukan edit foto lebaran tersebut dengan menggunakan beberapa aplikasi yang bisa digunakan secara gratis.

Selain mengirimkan kartu ucapan lebaran, mengirim foto lebaran menjadi cara lain untuk memeriahkan suasana Idulfitri. Tidak hanya itu, memiliki foto yang menarik juga bisa membuat Lebaran menjadi bermakna dan memorable.

Namun sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara edit foto lebaran, Anda harus tahu tentang dasar-dasar dalam editing foto, agar hasil foto lebaran Anda semakin maksimal. Berikut cara lengkap edit foto lebaran dari Rumahweb Indonesia!

Tips Edit Foto

Saat ini, terdapat berbagai aplikasi edit foto yang bisa Anda gunakan, misalnya, Snapseed, VSCO, PicsArt, dan masih banyak lagi. Apa saja tips yang bisa Anda coba untuk membuat hasil edit foto lebaran semakin kece? Simak tipsnya berikut ini!

1. Atur Exposure dan Contrast

Agar foto menjadi lebih cerah dan jelas, Anda bisa menggunakan fitur Exposure yang tersemat di beragam aplikasi editing. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur Contrast yang membuat hasil foto semakin tajam. Cara edit foto lebaran yang satu ini dinilai cukup ampuh untuk membuat foto Anda semakin estetik.

2. Pilih Preset yang Sesuai

Cara edit foto idul fitri selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan preset yang sesuai dengan selera Anda. Salah satunya adalah dari aplikasi VSCO yang menyediakan puluhan preset yang bisa digunakan.

Namun, untuk bisa mengakses semua filter dan preset yang ada di VSCO, Anda harus memiliki akun premium terlebih dahulu.

3. Atur Highlight & Shadow

Tips edit foto lebaran yang berikutnya adalah memaksimalkan fitur Highlight dan Shadow. Kedua fitur ini memiliki fungsi untuk membuat foto menjadi lebih halus dan juga terlihat natural.

Fitur Highlight akan membantu untuk meredam cahaya yang ada di foto sehingga bisa lebih halus. Sedangkan Shadow berfungsi untuk memperjelas latar pada belakang subjek. Apabila Anda memiliki foto yang berlatar gelap, tips dari kedua fitur ini wajib Anda coba!

4. Tambahkan Ilustrasi atau Tulisan

Cara edit foto lebaran terakhir adalah menambahkan ilustrasi ataupun tulisan pada foto yang kita miliki. Salah satu aplikasi yang memiliki fitur ini adalah Canva. Aplikasi satu ini menyediakan berbagai template ilustrasi yang lucu dan bisa digunakan secara gratis.

Baca juga artikel : Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

Cara Edit Foto Lebaran

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengetahui bagaimana cara edit foto menggunakan beberapa aplikasi seperti VSCO dan juga Canva yang memiliki berbagai fitur lengkap untuk melakukan edit foto lebaran Anda. Berikut adalah cara edit foto menggunakan aplikasi tersebut:

1. VSCO

Aplikasi satu ini bisa Anda gunakan untuk edit foto lebaran menjadi lebih menarik dan estetik. VSCO memiliki berbagai fitur lengkap yang bisa digunakan secara gratis, maupun berbayar.

Selain itu, VSCO juga menyediakan variasi preset yang lengkap dan juga bisa digunakan untuk preset foto lebaran Anda. Berikut adalah cara untuk edit foto di VSCO:

  • Download terlebih dahulu aplikasi VSCO di Play Store atau AppStore.
  • Jika sudah terinstall, Import foto dari galeri ke aplikasi VSCO.
edit foto lebaran dengan VSCO
  • Kemudian, Anda bisa menggunakan berbagai fitur, mulai dari Exposure, Contrast, Saturation, dan masih banyak lagi, untuk menambah kesan estetik pada foto lebaran.
setting saturation di VSCO
  • Selain itu, Anda juga bisa menggunakan preset filter yang sudah disediakan oleh VSCO.
fitur filter VSCO
  • Langkah terakhir, Anda bisa menyimpan foto tersebut ke Galeri.

2. Canva

Aplikasi untuk edit foto selanjutnya adalah Canva. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Anda juga bisa menambahkan ilustrasi serta tulisan yang bisa membuat hasil foto semakin meriah dan cantik.

Berikut ini adalah cara edit foto mnmenggunakan Canva:

  • Download aplikasi Canva di HP Anda melalui Google Play Store ataupun App Store.
  • Login ke akun Anda.
Login ke Canva
  • Anda bisa menambahkan berbagai elemen mulai dari ilustrasi ataupun tulisan yang membuat foto Anda semakin menarik dan estetik.
pilih element ilustrasi Canva
  • Terakhir, Anda simpan hasil foto, dan foto siap dibagikan ke media sosial.
edit foto lebaran dengan canva

Itu dia beberapa tips dan cara edit foto lebaran yang bisa Anda coba. Pastikan juga untuk setiap foto yang diambil berkualitas tinggi dan tidak blur, agar  memudahkan dalam proses editing tersebut. Selamat berkreasi!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents