Rumahweb Blog
Banner - Download Aplikasi YouTube Go APK Versi Lama Secara Gratis

Download Aplikasi YouTube Go APK Versi Lama Secara Gratis

Apakah Anda pernah mendengar atau download YouTube Go? Meski memiliki penggemar tersendiri, sayangnya aplikasi satu ini sudah dihentikan dari peredaran, sejak Agustus 2022 silam. Dalam artikel ini, kami akan berbagi cara download YouTube Go APK versi lama dan gratis.

Lalu, bagaimana cara downloadnya dan apa perbedaan YouTube Go dengan YouTube biasa? Semua jawaban ini bisa ditemukan dalam artikel yang telah Rumahweb Indonesia rangkum berikut!

Apa itu YouTube Go APK?

YouTube Go adalah versi sederhana dari aplikasi YouTube yang sengaja dirancang khusus dan gratis. Aplikasi ini diciptakan untuk memfasilitasi pengguna yang ingin mengakses YouTube di tempat dengan koneksi internet buruk atau kuota yang mahal.

Dengan YouTube Go, Anda masih bisa mendownload dan menonton video, bahkan jika koneksi internetnya buruk. Tak sekadar menonton, Anda juga dapat mengontrol kualitas video dan melakukan pratinjau video sebelum ditonton.

Karena berbagai kelebihan inilah, tidak mengherankan jika YouTube Go juga disebut sebagai aplikasi nonton video yang ramah kuota.

Awalnya, hanya pengguna di negara berkembang, seperti India, Indonesia, Nigeria, dan lainnya, yang bisa download YouTube Go. Seiring waktu berjalan, Google memutuskan untuk menghentikan aplikasi YouTube Go, karena dirasa sudah tidak diperlukan lagi.

BACA JUGA : Cara Menjadi Youtuber Sukses Untuk Pemula

Google menyebutkan bahwa kemajuan kinerja ponsel dan infrastruktur yang semakin berkembang membuat koneksi internet jauh lebih stabil dan harga kuota juga semakin terjangkau.

Agar Anda lebih memahami perbedaan antara dua aplikasi YouTube ini, berikut Rumahweb uraikan secara singkat perbedaan keduanya:

YouTube Biasa (Original)YouTube Go
Kompatibel di HP flagshipTetap kompatibel di HP versi lama 
Tidak memiliki informasi kuota
di setiap video
Terdapat informasi kuota yang akan
terpakai sebelum memutar video
Perlu adaptasiMudah dioperasikan
Interface cukup rumitInterface sederhana
Loading sesuai koneksiLoading lebih cepat (tidak terpengaruh
kualitas koneksi)

YouTube Go memang memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan aplikasi YouTube biasa. Tentu sangat disayangkan jika kelebihan YouTube Go yang hemat kuota ini sudah tidak bisa digunakan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Google benar-benar menghentikan aplikasi YouTube Go di bulan Agustus 2022. Meski tidak kami sarankan, namun sebenarnya Anda masih bisa download YouTube Go di ponsel melalui file APK secara gratis.

Download YouTube Go APK Gratis

Tak hanya ramah kuota, YouTube Go juga kompatibel dengan semua jenis HP. Berbeda dengan aplikasi YouTube biasa yang terus dilakukan pembaruan, yang membuat HP keluaran lama tidak lagi kompatibel untuk menggunakan aplikasi YouTube.

Sebenarnya, kami tidak menyarankan Anda untuk mendownload dan menginstall aplikasi dari pihak ketiga, karena adanya bahaya serangan malware yang mengintai. Namun, jika Anda ingin download YouTube Go, berikut beberapa versi lama yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan versi Android yang Anda miliki:

Install YouTube Go APK

Cara menginstall YouTube Go APK versi lama sebenarnya tidaklah sulit. Meski tidak semudah aplikasi yang ada di Play Store, namun Anda cukup mengikuti beberapa langkah di bawah ini agar bisa menggunakannya:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Pilih opsi Keamanan > aktifkan opsi Izinkan dari Sumber Tidak Dikenal.
  3. Download YouTube Go dari file APK yang tertera di atas.
  4. Klik file yang sudah selesai didownload > Install (klik Izinkan dari Sumber Ini jika muncul pop-up).
  5. Tunggu hingga aplikasi selesai di-install.

BACA JUGA : YouTube Desktop: Pengertian, Cara Login dan Fitur Dashboard

Cara download YouTube Go gratis serta proses instalasinya cukup mudah, bukan? Namun, Anda tetap harus berhati-hati dengan bahaya malware yang mengintai karena menginstall aplikasi dari pihak ketiga, ya. Selamat nonton YouTube tanpa khawatir menghabiskan banyak kuota!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Technical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.