Rumahweb Blog
Banner Artikel - Apa itu CyberPanel adalah

Apa itu CyberPanel? Pengertian, Fitur, dan Cara Installnya

Ada banyak pilihan control panel VPS atau hosting yang dapat Anda gunakan, dengan pilihan lisensi berbayar maupun gratis. CyberPanel adalah salah satu opsi control panel hosting gratis yang patut dipertimbangkan. Lalu, apa itu CyberPanel dan apa saja fitur yang bisa digunakan? Kami akan mengulasnya secara lengkap pada artikel ini.

CyberPanel adalah control panel berbasis web (web-based) yang dapat menjadi alternatif terbaik bagi pengguna VPS yang tidak familiar dengan management CLI (Command Line Interface) melalui SSH.

Saat ini telah tersedia banyak control panel VPS yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar, seperti cPanel/WHM, Plesk, atau CyberPanel. Banyaknya pilihan control panel ini membuat Anda dapat semakin bebas mencoba dan memilih sesuai selera.

Tentunya, kedua jenis lisensi ini memiliki keterbatasan fitur masing-masing yang perlu dipertimbangkan dengan matang.

Pada artikel ini, Rumahweb Indonesia akan membahas lebih detail tentang apa itu CyberPanel, yang menjadi salah satu idola control panel VPS gratis, hingga cara instalasinya. Simak informasi menarik ini sampai akhir, ya!

Apa itu Cyberpanel?

CyberPanel adalah salah satu control panel web hosting yang bersifat open source dan dirancang untuk mengelola dan mengotomatisasi web hosting pada server.

Control panel ini banyak digunakan oleh pengguna VPS karena meskipun gratis, CyberPanel memiliki fitur yang cukup lengkap. Bahkan, ada juga fitur premium yang dapat Anda tambahkan dengan mudah. 

Web server dalam CyberPanel menggunakan OpenLiteSpeed yang merupakan pengembangan dari Apache. Beberapa keunggulan dari CyberPanel adalah adanya fitur Multi PHP dan panel OpenLiteSpeed, yang membantu dalam mengelola resource web server dengan lebih maksimal.

Jika Anda telah memiliki layanan VPS murah di Rumahweb, Alibaba, atau AWS Lightsail, Anda dapat melakukan instalasi CyberPanel ini dengan mudah. 

BACA JUGA : cPanel vs Plesk. Mana Yang Lebih Baik?

Fitur Cyberpanel

CyberPanel adalah control panel web hosting yang menyederhanakan proses pengelolaan server web. CyberPanel memiliki beberapa fitur yang dirancang untuk membuat manajemen server dan hosting lebih efisien. Beberapa fitur penting CyberPanel adalah sebagai berikut

1. Web Server LiteSpeed dan OpenLiteSpeed

CyberPanel sudah dikonfigurasi dengan web server LiteSpeed. Web server ini dikenal dengan kinerjanya yang lebih baik dan efisien jika dibandingkan dengan web server Apache.

Selain LiteSpeed, CyberPanel juga mendukung web server OpenLiteSpeed, yang menjadi versi gratis dari LiteSpeed.

2. Fitur Auto Installer

CyberPanel juga memiliki fitur instalasi aplikasi sekali klik untuk berbagai aplikasi web, yang dapat memudahkan instalasi dan penggunaan CMS populer seperti WordPress, Joomla, dan lainnya.

3. Manajemen Email

CyberPanel juga menyertakan fitur manajemen email, yang memungkinkan Anda mengatur akun email, mengelola email, melakukan konfigurasi email, dan masih banyak lagi.

4. SSL Let’s Encrypt

CyberPanel juga sudah dilengkapi dengan SSL Let’s Encrypt Free, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan koneksinya. 

5. FTP dan File Manager

CyberPanel adalah control panel yang mendukung FTP dan File Manager sebagai salah satu fitur untuk memudahkan Anda dalam mengelola file website.

6. DNS

Sama seperti cPanel/WHM, CyberPanel juga memiliki fitur manajemen DNS record, seperti A record, MX, TXT, dan masih banyak lagi.

7. Backup dan Restore

Backup dan restore adalah dua dari banyak fitur penting yang wajib ada di sebuah control panel. Kedua fitur ini akan meningkatkan keamanan data aplikasi yang berjalan pada VPS.

8. Keamanan

Selain backup dan restore, CyberPanel juga memiliki fitur keamanan lain, seperti firewall, ModSecurity, dan Imunify360. Anda juga dapat mengombinasikan fitur keamanan yang dimiliki CyberPanel ini dengan software keamanan lain. seperti Fail2ban.

9. Statistik dan Log

Pengguna dapat melihat statistik server, log, dan informasi kinerja lainnya untuk memantau kesehatan dan kinerja server.

10. API

CyberPanel mendukung fitur API yang memungkinkan pengguna mengotomatisasi tugas-tugas tertentu dan mengintegrasikan CyberPanel dengan sistem lain.

BACA JUGA : VPS Panel vs Tanpa Panel – Mana Pilihan Terbaik?

Kelebihan dan Kekurangan CyberPanel

Setelah mengetahui tentang apa itu CyberPanel hingga fiturnya, kami juga akan membahas tentang kelebihan dan kekurangannya. Sebelum memutuskan untuk menggunakan CyberPanel, perhatikan beberapa poin kelebihan dan kekurangannya berikut.

Satu hal yang perlu diingat, kelebihan dan kekurangan CyberPanel dapat berubah seiring waktu, karena pengembangan perangkat lunak, pembaruan, dan perbaikan yang terus-menerus dilakukan. 

Kelebihan CyberPanel

Terlepas dari fitur yang telah kami bahas, beberapa kelebihan CyberPanel adalah sebagai berikut:

1. Performa Tinggi

CyberPanel terkenal dengan kecepatan dan efektivitasnya, terutama karena kompatibilitasnya dengan LiteSpeed ​​​​Web Server.

2. Manajemen Sederhana

CyberPanel memiliki interface yang user-friendly, sehingga memudahkan penggunanya dalam mengelola website dan server.

3. Integrasi LiteSpeed ​​​​Cache

Salah satu fitur unggulan lain dari CyberPanel adalah fitur LiteSpeed ​​​​Cache yang dapat diintegrasikan, sehingga kecepatan dan fungsionalitas website akan semakin meningkat.

4. Dukungan untuk Versi PHP yang Berbeda

CyberPanel memberi dukungan untuk beberapa versi PHP yang berbeda. Hal ini berarti Anda akan lebih leluasa untuk memilih versi PHP yang paling sesuai dengan aplikasi web Anda.

5. Backup dan Restore Otomatis

Fitur ini memungkinkan Anda membuat file backup dan restore aplikasi web menggunakan file backupnya secara otomatis.

6. Pembaruan yang Rutin

CyberPanel adalah salah satu control panel yang rutin mengadakan update atau pembaruan aplikasi. Update ini mencakup kinerja, fitur, hingga perbaikan bug.

Kekurangan CyberPanel

Selain kelebihan, CyberPanel juga memiliki beberapa kekurangan yang wajib Anda pahami agar tidak merasa salah pilih setelah menggunakannya.

1. Komunitas Pengguna yang Masih Kecil

Dibandingkan control panel hosting lain yang lebih populer, seperti cPanel, komunitas pengguna CyberPanel masih lebih sedikit. Hal ini berarti Anda mungkin tidak akan menemukan sumber daya dukungan atau tutorial yang dibutuhkan ketika menemui suatu masalah.

2. Stabilitas Pembaruan yang Kurang

Pada beberapa kasus, pembaruan atau update yang dilakukan justru dapat memunculkan masalah stabilitas atau kompatibilitas. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pembaruan dengan hati-hati dan memantau perubahan yang dibawa oleh setiap versi baru.

3. Fitur tidak terlalu banyak

CyberPanel memang memiliki cukup banyak fitur yang dapat sangat membantu pengelolaan hosting atau server. Namun beberapa pengguna merasa fitur yang ditawarkan CyberPanel belum selengkap control panel hosting lain.

Namun tetap saja, untuk kelas control panel gratis, CyberPanel sudah lebih dari layak digunakan untuk kapasitas pribadi maupun bisnis.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan CyberPanel yang perlu Anda perhatikan. Satu hal yang perlu diingat, bahwa kelebihan dan kekurangan ini dapat bervariasi, tergantung kebutuhan pengguna.

Jadi selain mengetahui kelebihan dan kekurangan, Anda juga perlu mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda sebelum menjatuhkan pilihan mana control panel hosting terbaik bagi Anda.

Cara Install CyberPanel

CyberPanel adalah control panel berbasis open source yang dapat diinstall di VPS Rumahweb dengan mudah, yakni melalui command line saja!

Sebelum menginstall CyberPanel, perhatikan persyaratan minimum yang harus dipenuhi agar dapat menginstall CyberPanel di VPS:

  1. Centos 7.x, Centos 8.x, Ubuntu 18.04, Ubuntu 20.04, Almalinux 8
  2. Python 3.x
  3. Curl & Wget
  4. Minimum 1024 MB RAM
  5. Minimum 15GB Disk Space
  6. Akses root

Setelah memastikan VPS Anda memenuhi syarat sistem di atas, Anda dapat langsung menginstall CyberPanel dengan panduan berikut:

  1. Install CyberPanel di Almalinux
  2. Install CyberPanel di Centos
  3. Install CyberPanel di Ubuntu

Anda juga dapat membaca panduan penggunaan CyberPanel lainnya melalui link berikut.

Itulah artikel dari Rumahweb Indonesia tentang apa itu CyberPanel. Jadi, CyberPanel adalah control panel hosting gratis dengan berbagai fitur menarik yang wajib Anda pertimbangkan. Tertarik mencoba control panel satu ini?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Fredric Lesomar