Rumahweb Blog
Banner - VPS Panel vs Tanpa Panel - Mana Pilihan Terbaik

VPS Panel vs Tanpa Panel – Mana Pilihan Terbaik?

Secara default, VPS di Rumahweb tidak dilengkapi dengan control panel. Namun kami menyediakan 2 pilihan control panel yang dapat Anda pesan sekaligus yaitu cPanel dan Plesk Panel. Pada artikel ini kami akan mengulas tentang vps panel vs tanpa panel, agar Anda dapat memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Setidaknya ada 2 jenis control panel yang ditawarkan dalam paket VPS Rumahweb yakni cPanel dan Plesk. Kedua control panel ini berfungsi untuk memudahkan pengelolaan server dan akun hosting. Masing-masing panel memiliki kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa membaca artikel cPanel vs Plesk Panel untuk informasi lebih detail.

Namun perlu diketahui bahwa dengan menggunakan control panel, terdapat sejumlah resource yang perlu anda alokasikan agar control panel tersebut dapat berjalan dengan baik. Seperti alokasi disk space hingga alokasi memory agar proses resident yang dijalankan oleh control panel tersebut, dapat berjalan dengan baik. Sebagai contoh, cPanel membutuhkan 256MB RAM sedangkan Plesk membutuhkan 200MB RAM agar dapat berjalan dengan baik.

Sedangkan pada vps tanpa panel, alokasi resource bisa lebih flexible dan dapat anda maksimalkan untuk kebutuhan lainnya. Lalu, kapan baiknya menggunakan VPS dengan panel maupun vps tanpa panel?

Pada artikel ini, kami akan mengulas vps panel vs tanpa control panel, sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih paket vps. Berikut informasinya.

Kapan Menggunakan Control Panel

Anda sebaiknya menggunakan Control Panel untuk alasan-alasan berikut :

1. Menjual Layanan Hosting

Layanan hosting membutuhkan otomatisasi untuk beberapa aspek pengelolaan user. Sebagai contoh untuk provisioning akun pelanggan baru, akan lebih praktis jika Anda menggunakan control panel dibandingkan dengan jika Anda harus menambah user, mengkonfigurasi apache, FTP, DNS, dan berbagai fitur lain untuk pelanggan Anda.

2. Anda memiliki ratusan website dan email dalam satu VPS

Untuk alasan yang sama dengan point sebelumnya, yakni kemudahan, akan lebih praktis jika Anda menggunakan control panel dalam VPS Anda.

Kekurangan Control Panel

Disamping penggunaan RAM yang tidak optimal, penggunaan control panel mengurangi fleksibilitas Anda dalam mengkonfigurasi VPS sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh Anda ingin mengkonfigurasi Apache dengan berbagai tambahan module, hal ini justru lebih susah dilakukan jika Anda menggunakan control panel.

Kapan Menanggalkan Control Panel

Anda sebaiknya menggunakan VPS tanpa control panel untuk alasan-alasan berikut :

High Load Website

Jika Anda menggunakan VPS untuk mendapatkan performa maksimal untuk website, kami sangat menyarankan untuk tidak menggunakan control panel untuk memaksimalkan penggunaan resource hanya khusus didedikasikan untuk performa website tersebut. Selain itu tweaking pada Apache dan PHP menjadi lebih mudah dilakukan.

Kustomisasi

Menggunakan control panel berarti membatasi tingkat fleksibilitas Anda dalam melakukan konfigurasi. Namun menggunakan vps tanpa panel juga membutuhkan keahlian khusus dalam mengelola layanan server Anda.

Kesimpulan

Dengan VPS panel, semua kebutuhan Anda untuk mengelola server dapat terpenuhi. Selain itu, kelola dilakukan melalui user interface yang baik. Sehingga tidak lagi membutuhkan keahlian command yang terlalu rumit melalui SSH atau Terminal untuk mengelolanya.

Kebutuhan seperti web server, database server, mail server hingga security bisa anda dapatkan bila menggunakan control panel. Namun, control panel juga membutuhkan resource yang tidak sedikit. Sehingga anda harus menggunakan VPS dengan spesifikasi tertentu agar control panel dapat berjalan seperti yang diinginkan.

VPS tanpa panel biasanya dikelola melalui SSH atau terminal, sehingga perlu keahlian command untuk mengelolanya. VPS tanpa panel sifatnya lebih flexible, Anda bisa menginstall web server, database server hingga mail server sesuai kebutuhan anda.

Karena tidak menggunakan panel, maka resource pada VPS bisa anda maksimalkan untuk kebutuhan lainnya seperti resource untuk website. Kekurangan VPS tanpa panel adalah Anda harus memiliki keahlian khusus dalam mengelola VPS melalui command SSH.

Demikian artikel kami tentang VPS panel vs tanpa control panel, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

RumahWeb