Rumahweb Blog
banner open graph - cPanel Gratis VPS

cPanel Gratis Untuk Pengguna VPS KVM di Rumahweb

Sebagai salah satu upaya Rumahweb Indonesia memudahkan pelanggan VPS dalam mengelola layanan, kami memberikan lisensi cPanel Solo gratis untuk setiap pembelian VPS KVM, mulai dari paket M. Lalu, bagaimana cara mendapatkan cPanel gratis ini?

Pada artikel ini, kami akan mengulas secara lengkap tentang apa itu lisensi cPanel Solo hingga cara klaim lisensi cPanel gratis di Rumahweb. Simak informasinya berikut ini!

Apa itu cPanel Solo?

cPanel adalah control panel berbasis Linux yang paling banyak digunakan oleh penyedia hosting di seluruh dunia hingga saat ini. Selain karena fiturnya yang sangat lengkap, cPanel juga mudah digunakan dan memiliki tampilan user-friendly.

cPanel memiliki beberapa jenis lisensi, yakni Solo, Admin, Pro, dan Premier. Perbedaan jenis-jenis cPanel ini terletak pada jumlah akun cPanel yang dapat dibuat. Sedangkan dari segi fitur, tidak ada perbedaan antara masing-masing jenis lisensi.

cPanel Solo adalah jenis lisensi server untuk single use. Artinya, Anda hanya dapat membuat satu akun cPanel saja. cPanel Solo dapat digunakan baik pada Dedicated Server (Metal Server)  maupun dalam lingkungan virtualisasi, seperti VPS.

Fitur Utama cPanel

Sebagai control panel yang paling banyak digunakan, cPanel terkenal memiliki fitur yang lengkap. Beberapa fitur utama cPanel yang bisa Anda gunakan antara lain:

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis
  • File Manager
  • Membuat Akun Email Domain
  • Database MySQL
  • Statistik Website
  • Manage Domain
  • Backup dan Restore
  • Manage DNS
  • Keamanan
  • Softaculous Auto Installer
  • Manage SSL

Lisensi cPanel Solo dapat digunakan untuk mengelola unlimited domain dengan fitur addon. Kelebihan ini dapat menghemat biaya dan memudahkan Anda dalam mengelola VPS.

Perbedaan cPanel Solo dengan Edisi Standar?

Selain dari segi harga, satu-satunya perbedaan antara cPanel standar dan cPanel Solo adalah jumlah akun cPanel yang bisa Anda buat. 

Anda hanya dapat membuat 1 akun cPanel pada lisensi Solo, 5 akun pada lisensi Admin, 30 akun pada lisensi Pro dan 100 akun pada lisensi Premier. 

BACA JUGA : Kelebihan VPS KVM yang Harus Anda Ketahui

Siapa yang Membutuhkan cPanel Solo?

Lisensi Solo cocok digunakan jika Anda ingin membuat hosting untuk satu website saja, namun ingin mengelolanya dengan control panel yang lengkap, seperti cPanel. 

Sebelum ada lisensi cPanel Solo, pengguna harus menggunakan lisensi cPanel Admin untuk Cloud Server/VPS atau cPanel Premier untuk Dedicated Server. Tentu saja, kedua lisensi ini ditawarkan dengan harga yang relatif mahal.

Berbeda dengan cPanel Solo yang ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar $17.49 per bulan dan Anda sudah bisa mendapatkan berbagai fitur premium cPanel.

Namun bagi Anda yang memiliki layanan VPS KVM di Rumahweb, mulai dari paket M ke atas, Anda bisa mendapatkan lisensi cPanel Solo secara gratis!

Cara Mendapatkan cPanel Gratis

Rumahweb memberikan lisensi cPanel Solo gratis untuk setiap pembelian VPS KVM, mulai dari paket M. Pada saat pemesanan VPS, Anda dapat memilih salah satu OS berikut:

  • OS Almalinux 8.x atau 9.x
  • CloudLinux 8.x
  • Ubuntu 20.x

Selanjutnya pilih cPanel Solo pada opsi control panel. Tagihan untuk lisensi cPanel ini akan otomatis dibuat gratis atau Rp0. 

control panel gratis

Lisensi cPanel Solo gratis ini tidak hanya berlaku pada pembelian baru saja. Jika Anda sudah berlangganan cPanel Solo berbayar di Rumahweb, Anda dapat mengajukan klaim gratis dengan mengirimkan email ke info@rumahweb.com

Bagi Anda yang telah memiliki layanan VPS KVM mulai dari paket M tanpa panel, Anda juga dapat melakukan klaim untuk mendapatkan lisensi cPanel Solo gratis ini. Namun, proses penambahan lisensi cPanel harus dilakukan dengan cara rebuild.

Proses rebuild pada VPS akan menghapus semua data di VPS Anda. Karena itulah, Anda harus melakukan backup dan restore secara mandiri setelah instalasi cPanel selesai dilakukan. Pastikan bahwa VPS Anda telah menggunakan salah satu dari OS yang disebutkan di atas. 

Untuk instalasi cPanel pada VPS, Anda bisa mengikuti panduan berikut :

Program lisensi cPanel Solo gratis dari Rumahweb berlaku sampai 16 November 2026.

Demikian artikel cPanel gratis untuk pengguna VPS KVM di Rumahweb Indonesia. Semoga dengan lisensi ini, Anda dapat mengembangkan website dengan lebih mudah, sehingga usaha Anda juga semakin meningkat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Technical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.