Rumahweb Blog
Banner - Kelebihan VPS KVM

Kelebihan VPS KVM yang Harus Anda Ketahui

Jenis teknologi virtualisasi server yang banyak dicari pada layanan VPS saat ini adalah KVM. Salah satu kelebihan VPS KVM dibandingkan teknologi virtualisasi lainnya adalah adanya dedicated resource sesuai dengan paket yang dipesan oleh pelanggan.

Kelebihan VPS KVM ini tentu sangat cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan space atau resource khusus dan terisolasi untuk aplikasi atau website yang sedang Anda kembangkan.

Ada beberapa teknologi virtualisasi server selain KVM, salah satunya adalah OpenVZ. Meskipun dikenal lebih murah, VPS OpenVZ tidak menawarkan resource khusus dan terisolir yang tentunya dapat mengganggu aplikasi atau website yang Anda kembangkan.

Apa itu VPS KVM

KVM adalah singkatan dari Kernel-based Virtual Machine, yakni layanan virtualisasi server yang banyak dipilih karena kemudahan dalam kustomisasi resource server dan kebebasan pengelolaan.

Kelebihan VPS KVM ini membuat pelanggan dapat menginstall berbagai layanan secara bebas, layaknya virtualisasi yang biasa Anda gunakan dalam virtual machine, seperti VMWare/Vbox.

Selain itu, VPS KVM juga memiliki sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan platform lain, seperti OpenVZ, karena dalam VPS KVM, masing-masing Guest OS menggunakan kernelnya sendiri.

Kelebihan VPS KVM

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu kelebihan VPS KVM yang utama adalah penggunaan resource yang terdedikasi. Selain itu ada juga kelebihan lain yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli layanan VPS.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Berikut kami rangkum 4 kelebihan VPS KVM yang perlu Anda ketahui!

1. Performa KVM

Kelebihan VPS KVM yang pertama terletak pada performa servernya. VPS KVM memiliki jaminan resource yang lebih baik karena menerapkan sistem isolasi sumber daya per akun VPS. Dengan demikian tidak akan terjadi insiden “berebut” resource dengan pelanggan lain, seperti pada VPS OpenVZ atau shared hosting.

Selain itu VPS KVM menggunakan OS Linux, yang memiliki performa lebih cepat dan lebih baik jika dibandingkan OS Windows.

2. Dedicated Resource dan IP

Kelebihan yang kedua adalah pada resource yang ditawarkan. Pelanggan dapat bebas memilih sumber daya yang diperlukan, seperti RAM dan CPU.

Pembagian resource ini biasanya telah ditentukan dengan beberapa jenis paket yang sudah disediakan oleh provider hosting sehingga Anda cukup memilih sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi. 

IP Address juga menjadi salah satu poin kelebihan dari VPS ini, karena Anda bisa menerima satu atau lebih IP di dalamnya sesuai dengan SLA provider

Pada layanan VPS KVM Rumahweb, contohnya. Anda akan menerima tiga buah alamat IP yang masing-masing merupakan IPv4 public, IPv4 private dan IPv6. Ketiga IP tersebut sudah dedicated dan bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

BACA JUGA : VPS Windows vs Linux, Manakah yang Terbaik untuk Saya?

3. Fleksibel

Pada VPS KVM, Anda dapat menginstall aplikasi secara bebas layaknya menggunakan Linux di komputer pribadi, atau virtualisasi VMWare/Vbox seperti VPN, Mikbotam, Sister Kemendikbud dan keperluan lainnya.

VPS KVM umumnya menggunakan OS Linux. Pada layanan VPS KVM Rumahweb, ada beberapa sistem operasi yang dapat Anda gunakan, di antaranya Ubuntu, Debian, CentOS, Opensuse dan Almalinux

4. Keamanan

Kelebihan VPS KVM yang terakhir ada pada sisi keamanan. Layanan VPS KVM memiliki tingkat keamanan yang  lebih tinggi berkat penggunaan SELinux (Security-enhanced Linux) dan Secure Virtualization (sVirt).

SELinux adalah seperangkat modifikasi kernel dan modul keamanan kernel Linux yang menyediakan mekanisme untuk mendukung kebijakan keamanan kontrol akses, termasuk kontrol akses yang diwajibkan. 

sVirt dibangun di atas SELinux untuk lebih memungkinkan terjadinya isolasi mesin virtual dan shared control. Sebagai contoh, izin terperinci dapat diterapkan untuk mengelompokkan beberapa mesin virtual untuk berbagi sumber daya.

Pada awalnya, Rumahweb menyediakan layanan VPS berbasis OpenVZ. Namun saat ini kami sudah beralih pada layanan VPS KVM agar pelanggan dapat dengan bebas melakukan kustomisasi resource server dan menikmati berbagai kelebihannya.

Meskipun menggunakan VPS KVM, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk dapat memiliki layanan VPS KVM dari Rumahweb. Cukup berbekal mulai dari Rp50.000/bulan, Anda sudah bisa menikmati berbagai kelebihan VPS KVM!

Itu dia penjelasan kami tentang berbagai kelebihan VPS KVM. Apakah Anda tertarik untuk mencoba teknologi virtualisasi server satu ini?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 3

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Fredric Lesomar