Rumahweb Blog
Banner - apa itu CorelDRAW adalah

CorelDRAW Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

CorelDRAW adalah aplikasi yang cukup terkenal di kalangan para desainer grafis. Namun sebenarnya, apa itu CorelDRAW? Simak artikel dari Rumahweb ini untuk mengetahui beragam informasi penting mengenai CorelDRAW.

Pada dasarnya, CorelDRAW adalah aplikasi desain grafis 2D digital berbasis vektor. Aplikasi ini banyak disukai karena memiliki berbagai fitur yang memudahkan pembuatan desain visual, mulai dari desain logo, brosur, undangan, poster, dan masih banyak lagi.

Apa itu CorelDRAW?

CorelDRAW adalah aplikasi yang dibuat dan dikembangan oleh perusahaan bernama CorelCorporation di Ottawa, Kanada. Berdasarkan fungsinya, CorelDRAW adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah grafis.

Objek yang dapat dihasilkan dari aplikasi ini dapat berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. CorelDRAW banyak disukai karena aplikasi ini memungkinkan penggunanya membuat gambar dan teks secara mudah dan cepat.

Fungsi CorelDRAW

Sebagai program desain grafis 2D, CorelDRAW dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Beberapa fungsi CorelDRAW adalah:

1. Membuat Desain Grafis

Salah satu fungsi utama CorelDRAW adalah membuat desain grafis, seperti logo, brosur, poster, kartu nama, majalah, spanduk, dan beragam elemen visual lain untuk kebutuhan pemasaran maupun kreatif.

Promo Hosting Murah Rumahweb

2. Membuat Ilustrasi

CorelDRAW juga dapat digunakan untuk membuat ilustrasi berbasis vektor, yang memungkinkan suatu gambar dapat diperbesar tanpa menurunkan kualitasnya.

3. Mengedit Foto

Fungsi basic lainnya dari CorelDRAW adalah untuk mengedit foto. Dengan memakai aplikasi ini, pengguna dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas gambar maupun foto.

4. Mendesain dan Mengedit Teks

CorelDRAW juga menawarkan berbagai efek untuk teks, dan memungkinkan penggunanya mengkreasikan tata letak teks yang menarik. Pengguna juga dapat menciptakan desain yang mengombinasikan gambar sekaligus teks.

5. Mendesain Website

Tidak hanya itu, fungsi menarik lainnya dari CorelDRAW adalah dapat digunakan untuk mendesain web, karena CorelDRAW memiliki fitur untuk mendesain elemen-elemen web mulai dari banner, ikon, hingga tombol.

6. Membuat Animasi

Fitur lain yang menarik dari aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana dengan dukungan animasi berbasis frame.

BACA JUGA: Aplikasi Edit Foto Jadi Anime di Android dan PC

Beberapa Jenis Ekstensi File CorelDRAW

Setelah mengetahui apa itu CorelDRAW dan fungsinya, selanjutnya adalah jenis ekstensi filenya. Jenis-jenis ekstensi file CorelDRAW adalah sebagai berikut:

1. .CDR

.CDR merupakan format asli dari CorelDRAW. Jenis file ini biasanya digunakan dalam berbagai proses percetakan, terutama untuk produk-produk desain grafis, seperti brosur, undangan, poster, spanduk, dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan pengguna, file .CDR juga dapat diekspor menjadi format lain yang lebih umum, seperti .jpg, .png, .bmp, .pdf, dan lainnya.

2. .BMP

Jenis ekstensi file lainnya dari CorelDRAW adalah .BMP. .BMP atau Bitmap Image merupakan format file grafis yang memiliki tingkat fleksibilitas tinggi, sehingga dapat diakses oleh berbagai program desain grafis lainnya.

Format ini mampu menyimpan gambar dalam mode warna grayscale, RGB, bahkan index color. Kualitas file grafis yang dapat disimpan dengan format ini juga beragam, mulai dari 1 bit hingga 24 bit.

3. .CDT

.CDT adalah format dalam CorelDRAW yang berisi berbagai objek, halaman, serta elemen vektor. Format ini sangat berguna untuk membuat dokumen desain grafis seperti logo, surat undangan, halaman web, brosur, dan lainnya.

4. .EPS

Jenis file selanjutnya yang dapat digunakan di CorelDRAW adalah .EPS, yakni singkatan dari Encapsulated PostScript. Jenis file ini merupakan format file berbasis vektor yang digunakan untuk pertukaran dokumen antar program desain grafis.

Format .EPS umumnya dibuat -oleh Adobe Ilustrator, namun dalam penggunaannya, format ini juga kompatibel dengan banyak program desain grafis, salah satunya CorelDRAW.

Fitur unggulan aplikasi CorelDRAW

Setelah mengetahui apa itu CorelDRAW, fungsi, dan jenisnya, selanjutnya adalah fitur unggulan aplikasi CorelDRAW. Berikut ini beberapa fitur unggulan aplikasi CorelDRAW:

1. Tipografi

CorelDRAW adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna mengkreasikan teks atau font secara bebas, mulai dari menebalkan, menipiskan, atau membuat desain font sendiri.

2. PowerTRACE

Fitur unggulan lain dari CorelDRAW adalah PowerTRACE, yang mampu mengubah gambar bitmap menjadi vektor dengan cara efektif dan efisien. 

3. Kolaborasi

Fitur lain yang menjadi keunggulan CorelDRAW adalah fitur kolaborasi yang dapat membantu pengguna bekerja sama dengan pengguna lain. Fitur ini sangat berguna bagi desainer grafis, sebab mereka dapat saling melihat dan mengedit file.

BACA JUGA: 10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2023

Kelebihan CorelDRAW

Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa kelebihannya:

1. Mudah Digunakan

Salah satu kelebihan CorelDRAW adalah mudah digunakan. Aplikasi ini memiliki interface yang mudah dipahami, serta beragam fitur yang membantu pengguna menciptakan karya visual menarik.

2. Format File Lengkap

CorelDRAW juga mendukung berbagai format file, termasuk format file desain vektor, seperti AI, EPS, dan SVG. Tak hanya itu, CorelDRAW juga dapat mengimpor dan mengekspor berbagai jenis file gambar, seperti JPG, PNG, GIF, dan lain-lain.

3. Banyak Pilihan Tools

CorelDRAW adalah aplikasi yang memiliki banyak tools berguna dalam pembuatan desain, mulai dari selection tools, editing, effect, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat mengatur dan memodifikasi teks dengan mudah.

Kekurangan CorelDRAW

Semua kelebihan di atas bukan berarti menggambarkan bahwa CorelDRAW adalah aplikasi yang tanpa cela. Adanya kekurangan justru penting, sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memakai aplikasi ini. Berikut ini beberapa kekurangannya:

1. Kurang Populer di Kalangan Desainer Profesional

Meski familier, CorelDRAW justru tidak banyak digunakan oleh desainer profesional. Banyak perusahaan atau studio desain yang menggunakan software lain yang lebih canggih dan menawarkan fitur lain yang lebih menarik.

2. Kurang Cocok untuk Pemula

Meski cukup mudah digunakan, CorelDRAW dianggap kurang cocok bagi pemula. Beberapa fitur yang ada di dalamnya terlalu kompleks, sehingga banyak orang awam yang memilih menggunakan aplikasi di ponsel karena lebih mudah digunakan.

3. Tidak Banyak Fitur Canggih

Biasanya untuk bisa menggunakan fitur lain dan CorelDRAW, Anda harus menggunakan plugin tambahan. Kini, ada beberapa software desain memiliki lebih banyak fitur canggih dibanding CorelDRAW. 

BACA JUGA: Aplikasi Edit Foto Jadi Anime di Android dan PC

Harga aplikasi CorelDRAW

Terdapat dua opsi paket yang ditawarkan dalam CorelDRAW Graphics Suite 2021–Pexels, yakni paket berlangganan tahunan dan sekali seumur hidup.

Paket pertama tersedia dalam harga US$439/tahun atau sekitar Rp6.663-778, sedangkan paket kedua, dijual dengan harga harga US$1.030 atau sekitar Rp15.634.833 (kurs dihitung per Agustus 2023).

Meski relatif mahal, Anda dapat memanfaatkan versi free trial selama 15 hari untuk mencoba fitur-fitur yang tersedia, sebelum memutuskan untuk membeli paketnya.

CorelDRAW adalah salah satu aplikasi desain grafis dengan berbagai fitur menarik dan mudah digunakan. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi satu ini?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents