Rumahweb Blog
Banner - Cara Mengubah Font WhatsApp Agar Lebih Aesthetic

Cara Mengubah Font WhatsApp Agar Lebih Aesthetic

Agar percakapan melalui WhatsApp atau WA lebih menarik, Anda bisa memanfaatkan sejumlah fitur yang tersedia, misalnya fitur untuk menghadirkan teks yang terlihat lebih variatif. Lantas, bagaimana cara mengubah font WA agar lebih menarik? 

Seperti yang diketahui WhatsApp (WA) menjadi salah satu aplikasi perpesanan paling populer saat ini. Terdapat miliaran pengguna aktif WhatsApp yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Indonesia adalah negara ketiga dengan pengguna WA terbanyak di dunia.

Dalam rentang waktu tertentu, pihak WhatsApp akan melakukan update aplikasi agar semakin mudah dan menarik untuk digunakan. Salah satunya update ini terkait dengan font.

Jika sebelumnya font pada WhatsApp terkesan monoton atau membosankan, maka kini pihak WhatsApp sudah memberikan pembaruan dengan menghadirkan variasi jenis font yang dapat dipilih.

Terdapat dua cara mengubah font WA. Pada artikel kali ini, Rumahweb akan mengulas cara ubah font WhatsApp tanpa aplikasi serta melalui pihak ketiga (khusus pengguna Android).

Cara Mengubah Font WhatsApp

1. Cara Mengubah Font WA Tanpa Aplikasi

Cara mengubah font WA tanpa aplikasi dapat diterapkan pada perangkat Android maupun iOS. Font WA bisa diubah menjadi tebal, miring, tercoret, dan monospace. Berikut cara mengubah font WhatsApp agar lebih variatif:

  • Menebalkan Huruf (Bold)

Fitur ini akan mengubah font WA menjadi hitam tebal. Biasanya, efek ini bertujuan untuk menekankan kata atau kalimat penting dalam pesan yang dikirimkan.

Cara mengubah font WA menjadi bold adalah dengan menambahkan tanda asterisk atau tanda bintang (*) di bagian awal dan akhir teks. Misalnya: *Pengumuman* akan menjadi Pengumuman.

  • Memiringkan Huruf (Italic)

Fitur ini akan membuat teks menjadi miring. Cara mengubah font WhatsApp agar tercetak miring adalah dengan menambahkan garis bawah atau underscore (_) pada awal dan akhir teks. Misalnya: _Selamat Sore_ akan menjadi Selamat Sore.

  • Mencoret Teks (Strikethrough)

Fitur lainnya yang disediakan WhatsApp adalah strikethrough. Cara ubah font WA agar muncul efek coret pada teks adalah dengan menambahkan tanda tilde (~) pada awal dan akhir teks. Misalnya: ~Selamat Sore~ akan menjadi Selamat Sore.

  • Karakter Blok (Monospace)

Fitur terakhir yang disediakan aplikasi ini adalah karakter blok (monospace) yang mirip dengan font mesin ketik. Cara ubah font WA agar menjadi monospace adalah dengan menambahkan tanda backtick (`) sebanyak tiga kali di awal dan akhir teks. Misalnya: “`Selamat Sore“` akan menjadi Selamat Sore.

Jika cara manual di atas terasa sulit dihafalkan, Anda juga bisa mengubah font WhatsApp menjadi tebal, miring, tercoret, atau monospace secara otomatis. Caranya dengan menekan lama, atau hold, teks yang ingin diubah > klik titik tiga yang muncul pada menu pop-up > Anda tinggal memilih opsi bold, italic, strikethrough, atau monospace.

2. Cara Mengubah font WA Menggunakan Aplikasi

Selain keempat cara di atas, Anda juga dapat mengubah font WA yang lebih variatif lagi dengan menggunakan pihak ketiga, alias aplikasi di luar WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:

Fonts Keyboard - Cara Mengubah font WA image 1
  • Buka aplikasi tersebut > klik opsi Enable Fonts Keyboard.
Fonts Keyboard - Cara Mengubah font WA image 2
  • Anda akan diarahkan ke pengaturan seperti gambar berikut. Klik Fonts untuk menambahkan aplikasi ini ke dalam pilihan keyboard ponsel Anda > Klik OK.
Fonts Keyboard - Cara Mengubah font WA - available virtual keyword
Fonts Keyboard - Cara Mengubah font WA - available virtual keyword step 2
  • Kembali ke aplikasi > Pilih opsi Switch to Fonts untuk mulai menggunakan keyboard ini.
Font Keyboard setup
  • Anda akan diarahkan ke halaman Languages atau Bahasa, seperti berikut. Anda dapat menambah, menghapus, dan mengatur bahasa yang digunakan > klik OK jika ingin mengakhiri pengaturan.
Pilih bahasa - Font Keyboard
  • Fonts Keyboard sudah bisa digunakan. Anda bisa memilih font yang diinginkan untuk mengetik teks.
Ready - Font Keyboard

Demikianlah cara mengubah font WhatsApp atau WA yang bisa dicoba. Dengan menggunakan fitur-fitur yang telah disediakan WhatsApp maupun aplikasi pihak ketiga, percakapan Anda melalui WhatsApp tentu akan lebih menarik. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing