Rumahweb Blog
banner blog - Cara Membuat Website Gratis Dengan WordPress

Cara Membuat Website Gratis Dengan WordPress.com

Di era Revolusi Industri 4.0, website merupakan salah satu media fundamental yang harus dimiliki untuk memperkuat branding sebuah produk. Reputasi sebuah produk yang beredar di internet bisa tervalidasi dengan adanya website. Website mengambil peran sentral dalam meyakinkan konsumen terhadap produk-produk yang Anda jual dan promosikan di dunia maya.

Ada banyak pilihan platform yang bisa digunakan untuk membangun sebuah website. Setiap platform menawarkan kemudahan dan kelebihannya masing-masing. Bagi Anda yang masih awam dan berniat membangun website, mungkin akan sedikit dibingungkan dengan banyaknya pilihan platform yang tersedia. Pada artikel blog kali ini, Rumahweb Indonesia akan berbagi tips tentang cara membuat website gratis dengan WordPress.com.

Kenapa WordPress.com?

Layanan WordPress.com menawarkan platform CMS WordPress yang bisa digunakan secara gratis dengan menggunakan alamat subdomain .wordpress.com. Bagi Anda yang ingin belajar membangun website dengan menggunakan WordPress, platform gratis dari WordPress.com bisa menjadi tempat yang sesuai untuk memulai dengan mudah.

Langkah-Langkah Pembuatan Website di WordPress.com

Membuat website secara gratis dengan menggunakan WordPress.com tidaklah sulit, bahkan bagi Anda yang masih awam sekalipun. Berikut langkah-langkah membuat website gratis dengan WordPress.com: 

  1. Masuk ke website WordPress.com. Anda akan disambut dengan halaman Selamat Datang. Klik menu “Buat situs web Anda.”
    Cara Membuat Website Gratis Dengan WordPress step 1
  2. Selanjutnya akan muncul halaman “Ayo kita mulai.” Masukkan alamat email yang ingin Anda gunakan, masukkan nama pengguna yang ingin digunakan, dan masukkan kata sandi yang ingin digunakan. Klik “Buat akun Anda.”
    Cara Membuat Website Gratis Dengan WordPress step 2
  3. Masukkan alamat website yang diinginkan, kemudian pilih opsi dengan alamat belakang wordpress.com “Gratis,” kemudian klik “Pilih.”
    Cara Membuat Website Gratis Dengan WordPress step 3
  4. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman pilihan paket, klik pilihan “mulai dengan situs gratis.” Tunggu proses, kemudian akan muncul pemberitahuan bahwa aktivasi website sudah berhasil, dengan keterangan: Hore! Situs Anda akan segera tersedia.

  5. Untuk masuk ke halaman Admin WordPress dan memulai membuat konten, bisa Anda akses melalui alamat: alamatsaya.wordpress.com/wp-admin (alamatsaya diganti dengan alamat yang Anda masukkan sebelumnya). Masukkan username dan password yang Anda masukkan di langkah nomor 2.

  6. Setelah berhasil masuk ke halaman Admin WordPress, Anda bisa memulai membuat konten dengan masuk ke menu Post -> New Post. Untuk pemilihan theme, pengaturan layout dan seterusnya, bisa Anda akses melalui menu Appearance.

Menggunakan WordPress di Layanan Hosting Rumahweb

Selain menggunakan platform pembuatan website gratis di website WordPress.com, WordPress juga bisa diinstal ke dalam layanan hosting Rumahweb. Dibandingkan dengan layanan platform gratis di website WordPress.com, ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan WordPress di Layanan Hosting Rumahweb:

  1. Menggunakan Alamat Domain Sendiri

Berbeda dengan platform website gratis di website WordPress.com, Anda bisa membangun website berbasis WordPress dengan alamat domain sendiri di Rumahweb. Alamat website Anda tidak akan memiliki alamat .wordpress.com di belakang, tapi langsung alamatwebsite.com.

  1. Pilihan Harga Yang Terjangkau

Layanan Hosting Rumahweb menyediakan beragam paket hosting dengan pilihan harga yang terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa membuat website menggunakan WordPress, dengan alamat domain sendiri.

  1. Fleksibel

Dengan menggunakan hosting di Rumahweb, Anda dapat menginstall plugin dan themes secara lebih leluasa jika dibandingkan menggunakan WordPress.com. Anda-pun bisa lebih mengoptimalkan website Anda dengan lebih banyak pilihan plugin dan themes, baik yang gratis maupun berbayar.

  1. Email Domain

Selain bisa membangun website dengan WordPress, hosting Rumahweb juga menyediakan fitur email dengan nama domain (nama@domainanda.com), yang bisa Anda gunakan untuk membuat alamat kontak email resmi di website, memberikan kesan yang lebih profesional bagi bisnis Anda.

Kesimpulan

Seiring perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat, pembuatan website tidak lagi menjadi sebuah proses yang sulit. Anda tidak perlu menjadi seorang programmer untuk bisa membuat website. Anda bisa membuat website hanya dengan berbekal koneksi internet, smartphone, dan segudang panduan-panduan yang bisa Anda baca atau tonton secara gratis.

Dari sekian banyak pilihan platform yang tersedia, WordPress.com adalah salah satu pilihan ideal untuk Anda gunakan sebagai basis pembuatan website yang canggih dan sekaligus menawan. Demikian artikel blog tentang Cara Membuat Website Gratis Dengan WordPress.com. Semoga bisa memberikan Anda wawasan yang bermanfaat untuk memulai membuat website yang terbaik.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi