Rumahweb Blog
banner - Apa itu WordPress adalah

Apa Itu WordPress? Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda ketika ditanya tentang platform website yang paling terkenal? Kebanyakan orang akan menjawab WordPress. Lalu, apa WordPress dan bagaimana cara membuatnya?

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging, tentu Anda sudah familiar dengan apa itu WordPress. Namun bagi para pemula, pasti masih banyak pertanyaan tentang apa itu WordPress.

Karenanya dalam artikel ini, kami akan membahas selengkapnya tentang apa itu WordPress, mulai dari pengertian, kelebihan, hingga cara membuat website dengan WordPress secara instan. Simak informasi berikut ini.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah salah satu content management system (CMS) yang dapat digunakan untuk membuat website. Sedangkan Content management system adalah aplikasi yang dapat membantu penggunanya membuat, mengelola, dan mengedit website dengan lebih mudah. Dengan CMS, Anda Tidak perlu menguasai bahasa pemrograman untuk dapat membuat website sendiri.

WordPress adalah CMS paling populer di dunia. Pada 2024, lebih dari 63 juta website di dunia dibuat menggunakan WordPress. Setara dengan sekitar 43% dari total seluruh website yang ada di dunia.

WordPress adalah CMS yang bersifat open-source dan terlisensi di bawah GPLv2. Siapa pun dapat menggunakan dan memodifikasi aplikasi WordPress secara gratis. Modifikasi yang dimaksud adalah membuat atau menambahkan fitur-fitur yang diinginkan, seperti plugin dan tema, secara bebas.

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Apakah Anda tahu perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com? Ketika mengetik keyword ‘WordPress’ di mesin pencari, akan muncul kedua website tersebut. Hal ini tentu dapat membingungkan pemula yang baru berkecimpung di industri website.

Tak hanya pengguna baru, banyak pengguna lama WordPress yang tidak tahu perbedaan keduanya. Padahal WordPress.org dan WordPress.com memiliki fungsi masing-masing.

WordPress.com

WordPress.com adalah layanan hosting dari WordPress yang cocok digunakan untuk blogger pemula yang baru belajar cara pembuatan dan pengelolaan website.

Anda dapat menggunakan WordPress.com secara gratis dan berbayar. Pada versi gratisnya, Anda bisa membuat website dengan kapasitas hosting hingga 3GB. Sedangkan versi berbayarnya dipatok mulai dari Rp44.700 per bulan untuk kapasitas 6GB.

Salah satunya kekurangan dari versi gratis WordPress.com adalah alamat websitenya menggunakan subdomain WordPress.com, seperti (blogsaya).wordpress.com. Alamat ini tidak dapat diubah ke nama domain sendiri, kecuali Anda melakukan upgrade ke layanan berbayar.

WordPress.org

WordPress.org adalah penyedia platform CMS WordPress yang banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Anda dapat mendownload dan menggunakan CMS ini secara gratis.

WordPress.org juga biasa disebut sebagai self-hosted WordPress, karena Anda harus memiliki hosting dan domain sendiri untuk dapat menggunakan WordPress.org ini.

Anda dapat mengunduh aplikasi WordPress secara gratis di website ini, untuk kemudian diinstal pada akun hosting. Simak video berikut untuk panduan instalasi WordPress yang lengkap.

Dengan WordPress.org, pengguna mendapatkan kontrol penuh dalam mengelola website. Anda dapat men-download dan menginstal berbagai plugin dan tema yang tersedia, atau bahkan membuat sendiri plugin atau tema yang diinginkan. Anda juga dapat memonetisasi website secara bebas.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus memiliki domain dan hosting untuk bisa menggunakan WordPress.org. Rumahweb Indonesia menyediakan layanan WordPress Hosting yang dapat membuat WordPress menjadi jauh lebih cepat, aman, dan scalable.

Dengan harga mulai dari Rp35.000/cloudlet per bulan, Anda akan mendapatkan berbagai fitur dan fasilitas menarik, seperti WordPress Toolkit, Plesk Control Panel, Free SSL, dan tentunya customer support yang siap melayani 24/7!

Kelebihan WordPress

Berikut adalah beberapa kelebihan dari WordPress yang menjadikannya CMS terbaik hingga saat ini.

1. Tampilan yang User-friendly

WordPress adalah salah satu CMS yang mudah dipahami, bahkan oleh pemula. Dengan WordPress, Anda dapat melakukan berbagai pengelolaan website, tanpa perlu memahami bahasa pemrograman.

Tampilan yang mudah dipahami atau user-friendly ini membuat WordPress dapat digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pemula, hingga pengguna yang sudah memahami bahasa pemrograman sekalipun. 

2. Terdapat forum komunitas yang luas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, WordPress adalah platform yang bersifat open-source. Hal ini berarti developer dapat menggunakan, mengedit, atau mempelajari kode yang ada dengan bebas.

Karena open-source, para developer atau programmer ini juga dapat berbagi hasil pemrograman atau troubleshooting yang dilakukan dengan developer lain melalui forum komunitas yang ada.

Anda juga dapat menemukan berbagai pilihan plugin dan tema dengan lisensi GPLv2, alias gratis!

3. Tersedia banyak tutorial

Sebagai CMS paling populer di dunia, WordPress juga memiliki jaringan komunitas yang sangat luas. Besarnya komunitas WordPress juga berarti Anda dapat menemukan tutorial apapun dengan mudah. Anda bisa mendapatkan panduan membuat website sederhana hingga troubleshooting yang rumit.

4. Banyak pilihan plugin dan tema

Karena open-source, ada banyak pihak ketiga yang turut mengembangan CMS ini. Hasilnya, ada lebih dari 450.000 pilihan plugin yang dapat yang dapat digunakan. Mulai dari plugin untuk mengoptimasi SEO, menambahkan form, atau kebutuhan spesifik lainnya dapat dengan mudah dicari.

Hal ini tentu semakin mempermudah pengelolaan website, karena pengguna tidak perlu melakukan coding untuk bisa menambahkan berbagai fitur di website. Cukup cari, instal, dan aktifkan plugin.

Tak hanya plugin, ada juga berbagai pilihan tema website, baik yang dikembangkan oleh tim WordPress atau oleh third-party, seperti Hestia, ThemeForest, OceanWP, dan masih banyak lagi.

Anda dapat dengan mudah menemukan tema berdasarkan kebutuhan website, mulai dari blog pribadi, e-commerce, portfolio, dan masih banyak lagi! Selain berdasarkan kebutuhan, Anda dapat mencari tema berdasarkan jumlah layout, pilihan warna, hingga fitur yang diinginkan.

Simak artikel berikut untuk panduan mendownload dan menginstal tema di WordPress: Cara Mendownload WordPress Theme Gratis

5. Biaya terjangkau

Cukup dengan memiliki domain dan hosting Anda sudah bisa membuat website menggunakan WordPress secara gratis. Meskipun ada beberapa plugin dan tema berbayar, namun ada banyak alternatif plugin dan tema yang dapat digunakan gratis.

Kekurangan WordPress

1. Konten dari pihak ketiga

WordPress memang dapat digunakan secara gratis. Namun, hal ini justru menjadi pedang bermata dua. Meskipun menjadi salah satu kelebihan, sifat open-source juga menjadi kelemahan WordPress.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sifat open-source ini membuat semua orang dapat melakukan modifikasi secara bebas. Modifikasi ini juga mencakup pembuatan plugin dan tema.

Sisi positifnya, pengguna dapat memilih berbagai plugin dan tema dari oleh pihak ketiga. Namun risikonya, bisa jadi ada cukup banyak kesalahan atau bug yang justru membuat performa website menurun.

Oleh karena itu, Anda harus mengecek review pengguna atau bertanya di forum komunitas, sebelum memutuskan untuk menginstal dan menggunakan tema atau plugin dari pihak ketiga.

2. Waktu loading dapat melambat

Plugin dan themes memang dapat mempercantik tampilan website serta memudahkan pengelolaannya. Namun jika terlalu banyak plugin, otomatis kecepatan loading website akan melambat. Oleh karena itu, batasi plugin yang terinstal, dan sebaiknya gunakan plugin cache pada website Anda.

3. Sering melakukan update

Update biasanya dilakukan untuk memperbaiki bug yang ada di versi sebelumnya. Karena itu, pastikan software, plugin, dan tema yang digunakan sudah terupdate ke versi terbaru.  

Beberapa plugin dan tema di WordPress cukup sering melakukan update demi memperbaiki bug yang ada. Bahkan, update ini bisa terjadi beberapa kali dalam sebulan. Meskipun berdampak positif, hal ini berarti Anda harus rajin mengecek dan meluangkan waktu untuk melakukan update.

Semakin banyak plugin dan tema yang terinstal di website, semakin sering Anda harus mengecek dan melakukan update.

Contoh website yang dibuat dengan WordPress

Sebagai platform CMS terpopuler, tak hanya blogger pemula atau toko online sederhana saja yang menggunakan WordPress. CMS ini tetap relevan untuk digunakan oleh berbagai kalangan.

Faktanya, ada banyak perusahaan, institusi, organisasi, maupun tokoh terkenal di dunia yang menggunakan WordPress untuk membuat dan mengelola website. Beberapa diantaranya adalah:

1. Rolling Stone

Siapa yang tak mengenal platform berita pop culture satu ini? Ternyata, Rolling Stone memilih WordPress sebagai ‘rumah’ bagi websitenya. 

Rolling Stone - apa itu WordPress

2. NASA

NASA adalah lembaga independen pemerintah Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas berbagai program luar angkasa sejak 1958. Tampilan apik dan minimalis dari website NASA ini juga dibangun menggunakan WordPress.

NASA

3. Harvard University

Harvard menjadi salah satu universitas terbaik di dunia. Universitas yang berada di peringkat ketiga dunia ini memiliki tampilan website yang minimalis dan dinamis.

Harvard University

4. The Obama Foundation

Salah satu organisasi yang menggunakan WordPress untuk membuat dan mengelola websitenya adalah The Obama Foundation. Dari namanya, Anda pasti sudah bisa menebak bahwa organisasi non profit satu ini dibangun oleh mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

The Obama Foundation - wordpress

5. Usain Bolt

Siapa yang tak mengenal Usain Bolt? Bolt adalah pelari Jamaika yang memegang rekor dunia lomba lari 100m dan 200m tercepat. Titel yang masih ada di pangkuannya sejak Kejuaraan Atletik Dunia 2009. Usain Bolt juga menggunakan WordPress untuk membuat dan mengelola websitenya.

Usain Bolt - wordpress

WordPress adalah CMS relevan baik bagi Anda yang baru mulai terjun dan membuat website hingga perusahaan atau institusi besar berskala internasional!

Cara membuat website dengan WordPress

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat website berbasis CMS WordPress, yaitu melalui wordpress.com dan instalasi WordPress di hosting atau server.

Melalui WordPress.com

Untuk membuat website melalui wordpress.com, Anda perlu melakukan registrasi WordPress terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih nama website kemudian install theme hingga plugin sesuai yang diinginkan.

Tersedia opsi gratis atau berbayar sesuai paket yang ditawarkan. Jika Anda memilih opsi gratis, maka alamat website Anda tidak dapat diubah dan url akan menggunakan namablog.wordpress.com. Namun jika Anda memilih untuk menggunakan premium, tersedia opsi custom domain yang dapat Anda gunakan untuk mengubah url website Anda dari namablog.wordpress.com menjadi nama domain sendiri.

Selain membayar biaya berlangganan, Anda juga diharuskan untuk membeli domain sendiri.

Melalui Hosting/Server

Untuk opsi ini, Anda perlu memesan layanan domain dan hosting terlebih dahulu. Domain sebagai alamat website Anda, sedangkan hosting digunakan untuk menyimpan data website, database dan emailnya.

Setelah domain dan hosting aktif, Anda bisa melakukan instalasi WordPress melalui control panel hosting yang digunakan. Di Rumahweb, kami menggunakan cPanel yang instalasi WordPressnya dapat dilakukan secara mudah melalui menu WP Toolkits maupun Softaculous auto installer. Simak panduan berikut.

Selain melalui fitur tersebut, Anda juga bisa melakukan instalasi secara manual dengan cara mengupload file core WordPress, membuat database dan lakukan instalasinya. Namun, cara ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Panduan install WordPress secara manual bisa Anda pelajari melalui artikel berikut.

Mengenal WordPress Hosting

WordPress Hosting adalah layanan hosting yang dibuat secara khusus untuk website berbasis CMS WordPress. Tujuannya, agar website WordPress Anda dapat diakses secara lebih cepat, mudah dikelola, dan memiliki fitur-fitur pendukung yang dapat Anda maksimalkan.

Di Rumahweb, kami menyediakan layanan WordPress hosting dengan Litespeed web server yang mampun membuat website WordPress Anda dapat berjalan secara maksimal. Selain itu, WordPress hosting di Rumahweb dilengkapi dengan Redis dan web accelerator, yang membuat website Anda semakin cepat ketika diakses.

Tidak hanya itu, bagi pengguna layanan WordPress hosting 3 Cloudlet keatas, Anda dapat mengajukan klaim theme dan plugin premium gratis yang disediakan. Lihat daftar theme dan plugin gratisnya disini.

Belajar WordPress mulai dari mana?

Pelajaran pertama yang perlu Anda ketahui adalah cara install WordPress. Untuk memudahkan Anda belajar cara install WordPress, cara login ke admin hingga pengenalan fitur dasarnya, simaklah video berikut ini.

Setelah mengetahui cara install WordPress, selanjutnya Anda bisa belajar untuk membuat landing page sederhana dengan gutenberg. Simak panduannya disini.

Alternatif lainnya, Anda juga bisa membuat landing page sederhana melalui plugin elementor. Panduan lengkapnya bisa Anda lihat pada artikel berikut.

Panduan lengkap untuk belajar WordPress bisa Anda lihat pada Journal teknis yang telah kami buat. Tersedia ratusan artikel tentang WordPress yang bisa Anda ikuti. Klik halaman Journal WordPress.

Kesimpulan

WordPress adalah sebuah platform untuk membuat website secara instan. Dengan WordPress, anda dapat membuat website company profile, portofolio hingga toko online hanya dalam hitungan menit.

Setelah mengetahui apa itu WordPress, kelebihan, dan beberapa contoh website yang menggunakan website, dapat disimpulkan bahwa WordPress tidak hanya relevan bagi Anda yang baru mulai terjun dan membuat website, namun tetap dapat digunakan hingga ke perusahaan besar.

Bagi Anda yang ingin belajar atau mencoba WordPress, Rumahweb menyediakan free trial WordPress hosting selama satu bulan, untuk menemukan spesifikasi paket yang paling sesuai. Daftarkan website Anda sekarang juga!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Agnes Sony Tianinda

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb