Rumahweb Blog
open graph Bagaimana Cara Kerja Search Engine?

Bagaimana Cara Kerja Search Engine?

Beberapa pengguna internet mungkin ada yang penasaran, “Bagaimana ya cara kerja search engine?” Pada artikel ini Rumahweb tidak akan menjelaskan tentang bagaimana algoritma Google bekerja, namun kami akan memberikan informasi tentang cara kerja search engine pada umumnya.

Berikut adalah beberapa hal utama yang harus Anda ketahui.

Apa itu search Engine?

Dalam istilah bahasa, search engine artinya mesin pencari. Dalam penjabarannya, search engine adalah program yang digunakan untuk mencari informasi dalam database, sesuai dengan kata kunci atau keyword yang dimasukkan.

Contoh search engine seperti Google, Bing hingga Duckduckgo. Informasi lebih lengkap tentang apa itu search engine bisa anda baca pada artikel Search Engine: Pengertian, Contoh dan Cara Kerjanya.

Sebelum kami terangkan tentang cara kerja search engine, lebih dulu kami akan menjelaskan tentang tujuan dan cara indexing yang dilakukan.

Tujuan Dari Search Engine

Tujuan utama search engine adalah memberikan hasil sebaik dan serelevan mungkin dengan apa yang dicari oleh penelusur. Dengan memberikan informasi yang dibutuhkan, search engine memastikan pengunjung akan mendapatkan informasi seperti yang mereka cari.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Setelah itu ada juga tujuan lain dari search engine yaitu menghasilkan uang dari iklan. Pebisnis bersedia membayar untuk beriklan di search engine karena mereka tahu banyak orang menggunakannya setiap hari.

Indeks Search Engine

Agar search engine dapat mengidentifikasi halaman web yang tepat untuk setiap kemungkinan pencarian, ia harus memiliki catatan semua halaman web yang masih online. Untuk melakukan itu, search engine membuat indeks-indeks halaman web. Indeks ini mengidentifikasi dan mengatur setiap website dan halaman web dengan cara menarik korelasi antara kata kunci yang dicari orang dan konten yang disertakan di setiap halaman.

Selain itu, search engine harus dapat menetapkan referensi ke halaman web berbeda yang berisi topik yang sama. Jika dijelaskan akan sangat rumit karena semua ini adalah cara kerja mesin.

Website Crawler

Tantangan dalam membuat indeks search engine adalah cara untuk mengidentifikasi semua halaman web yang ada. Bagian ini dikerjakan oleh website crawler. Setiap kali website crawler menemukan halaman baru, ia terlebih dahulu menelusuri halaman tersebut. Selanjutnya mengumpulkan semua informasi relevan yang diperlukan untuk indeks search engine.

diagram Cara Kerja Search Engine

Pemilik website dapat mempercepat proses crawling search engine dengan mengirimkan peta situs  (sitemaps) dan menggunakan tautan internal.

Faktor Penentu Peringkat

Ada banyak faktor untuk menentukan peringkat website atau halaman mana yang layak mendapat peringkat atas hasil search engine. Faktor-faktor tersebut antara lain:

Tautan (links)

Tautan adalah faktor yang paling penting, terutama tautan eksternal (yang berasal dari satu website ke website lain) karena tautan website lain ke website Anda akan memberi sinyal kepada Google bahwa ada sesuatu yang otoritatif atau berharga pada laman yang ditautkan. Jika ada sebuah halaman web yang banyak terhubung dengan website lain, tautan itu akan meningkatkan otoritas halaman tersebut.

Usia Website

Website yang telah dibuat lama umumnya dianggap lebih terpercaya dan otoritatif daripada website baru.

Kata kunci

Cara kerja search engine adalah dengan mencari istilah di laman yang terkait dengan kueri penelusur. Semakin banyak Anda menggunakan kata kunci yang terkait, semakin banyak memberi sinyal ke search engine bahwa konten Anda relevan.

Ramah Seluler

Google menggunakan fitur konten yang ramah seluler sebagai faktor peringkat. Jika website Anda terlihat keren di desktop, tetapi tidak optimal di seluler, maka peringkat Anda bisa menurun karena hal ini.

Kecepatan Halaman

Laman yang dimuat lambat akan diberi peringkat lebih rendah oleh Google dan istilah ini dikenal sebagai ‘core web vitals’. Core web vital akan mengukur kecepatan load page sebuah website, berdasarkan load pada browser chrome.

Halaman website akan dikatakan lambat, apabila untuk membuka halaman tersebut lebih dari 2.5 detik. Karena itu disarankan agar page load di website, kurang dari 2.5 detik baik versi mobile maupun desktop.

Pelajari cara optimasi page atau halaman pada website, sesuai panduan Optimasi Kecepatan Website Menggunakan Google PageSpeed.

Behavior Data

Google melacak apa yang dilakukan orang setelah mereka masuk ke halaman hasil search engine. Jika seseorang mengklik sebuah halaman dan segera backtracks, artinya halaman tersebut tidak menyediakan apa yang mereka cari. Namun jika pengunjung menghabiskan waktu di laman atau bahkan mengklik ke halaman yang berbeda di situs yang sama, maka Google akan menambah peringkat di situs tersebut.

Google dan search engine lainnya telah memberikan beberapa informasi tentang faktor peringkat yang mereka gunakan, tetapi mereka umumnya tetap merahasiakan cara algoritma search engine mereka bekerja, dengan alasan keamanan dan menghindari peretas yang bisa memanipulasi hasil.

Demikian artikel dari Rumahweb tentang Bagaimana cara kerja search engine. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda memiliki gambaran cara kerja sistem pencari. Dapatkan tips optimasi SEO agar menjadi peringkat 1 melalui layanan RankingCoach dari Rumahweb.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Yeni Setiawan