Rumahweb Blog
banner - Apa Itu Social Bookmarking adalah

Apa Itu Social Bookmarking? Arti, Manfaat, beserta Contohnya

Saat ini, bisnis menjadi salah satu sektor yang terus berinovasi dan beradaptasi dalam era serba digital. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi bisnis di dunia digital. Social bookmarking adalah salah satu upaya yang kini sering dilakukan.

Singkatnya, social bookmarking adalah cara untuk meningkatkan kualitas backlink pada sebuah website bisnis atau pribadi. Sama seperti cara optimasi lainnya, tujuan social bookmarking yaitu untuk mendapatkan audiens baru dan meningkatkan visibilitas bisnis dalam berbagai platform digital. 

Untuk mengenal social bookmarking lebih jauh, simak ulasan lengkapnya dari Rumahweb Indonesia berikut ini!

Apa itu Social Bookmarking

Social bookmarking adalah metode atau cara yang digunakan untuk menaikkan performa SEO dari sebuah website atau bisnis. Konsep ini hampir sama dengan sistem bookmark pada umumnya yang bertujuan untuk menyimpan URL. Namun social bookmarking juga bermanfaat bagi SEO.

Melalui social bookmarking, Anda bisa meningkatkan traffic serta backlink berkualitas untuk mengoptimasi performa website. Ada banyak cara untuk melakukan social bookmarking, agar menjadi strategi yang tepat dalam meningkatkan ranking SEO.

Konsep kerja social bookmarking yaitu dengan menyimpan atau menautkan URL agar mudah dicari saat Anda ingin membukanya kembali.

Menurut Webopedia, social bookmarking dianggap sebagai tag yang biasa digunakan dalam sebuah blog dengan menargetkan keyword tertentu untuk ditambahkan link di dalamnya. Tag juga berfungsi untuk mempermudah identifikasi sebuah gambar atau kategori topik.

Sementara itu, Hubspot mengartikan social bookmarking sebagai metode penyimpanan URL spesifik untuk dikunjungi kembali di lain waktu.

Hal ini juga berguna bagi marketer karena pengguna dapat menambahkan, membuat tulisan, dan berbagi halaman web yang di-bookmark dengan tim mereka. Social bookmarking sendiri bisa bersifat publik maupun seperti search engine.

Manfaat Social Bookmarking

Berikut ini adalah manfaat dari social bookmarking yang wajib Anda ketahui:

1. Mempercepat Proses Indexing Website

Manfaat pertama dari social bookmarking adalah dapat membantu proses Googlebot dalam melakukan crawling dan indexing pada website.

Biasanya, Google membutuhkan waktu selama beberapa jam atau bahkan dalam beberapa hari untuk bisa meng-index website atau tulisan yang diunggah.

2. Meningkatkan Kualitas Backlink

Peran berikutnya dari social bookmarking adalah membantu meningkatkan kualitas backlink website yang ditargetkan.

Backlink berfungsi menaikkan ranking SEO website pada search engine Google. Dengan adanya backlink maka akan membentuk lalu lintas referral pada website.

3. Promosi Gratis

Social bookmarking adalah bentuk promosi gratis yang bisa Anda gunakan dalam upaya menaikkan tingkat visibility pada SERP (search engine result page). Jika kehadiran keyword dan bisnis tampil pada halaman pertama, maka hal ini tentu akan berpengaruh besar bagi traffic dan menaikkan tingkat CTR (click through rate).

4. Menaikkan Traffic Website

Manfaat terakhir dari social bookmarking adalah untuk meningkatkan traffic website. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, traffic yang tinggi akan membantu menaikkan performa dari bisnis Anda.

Contoh Social Bookmarking

Setelah memahami penjelasan mengenai social bookmarking dan manfaatnya, kini kita beralih untuk mempelajari apa saja contoh dari social bookmarking yang ada saat ini. Berikut contoh dari social bookmarking yang bisa Anda gunakan:

1. Twitter

Twitter merupakan media sosial yang memfasilitasi penggunanya untuk menulis secara gratis di platform mereka dengan batasan 140 karakter untuk satu unggahan, atau tweet.

Fungsi Twitter sebagai social bookmarking yaitu melalui link yang ditulis dalam sebuah tweet secara terbuka. Hal ini akan memudahkan Google untuk melakukan indexing, sehingga hasil social bookmarking Anda bisa tampil di SERP.

2. Pinterest

Pinterest adalah platform yang berfungsi untuk virtual pinboard, dimana pengguna bisa menjelajahi berbagai foto, gambar, serta video yang bisa dipersonalisasikan berdasarkan selera pengguna.

Peran Pinterest dalam social bookmark adalah untuk mengkategorisasi atau membuat kumpulan karya yang bisa disesuaikan dengan palet, konsep, dan sejenisnya, dengan menggunakan keyword yang relevan, sehingga bisa muncul di SERP.

3. Medium

Medium menjadi platform yang bisa Anda gunakan untuk guest post atau sebagai social bookmarking. Dalam hal ini, Medium memfasilitasi penggunanya untuk bebas menuliskan apapun dengan jumlah karakter yang tidak terbatas.

Manfaat Medium dalam social bookmarking adalah untuk mendapatkan backlink dofollow dengan kualitas baik, tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

4. Quora

Quora adalah media yang bisa Anda gunakan untuk social media bookmark demi meningkatkan kualitas backlink. Peran Quora dalam social bookmarking adalah dengan memberikan media untuk mencantumkan link spesifik yang bisa diunggah secara publik.

5. Tumblr

Contoh terakhir dari social bookmarking adalah Tumblr. Tumblr merupakan salah satu platform yang menjadi pelopor bagi penggunanya agar bisa mengunggah tulisan, artikel, gambar, dan video secara gratis dan bisa digunakan untuk social bookmarking.

Itu dia ulasan lengkap mengenai social bookmarking beserta contohnya dari Rumahweb Indonesia. Bagi Anda yang membutuhkan SEO Tools terbaik untuk optimasi website dan juga Sosial media, kami merekomendasikan untuk menggunakan layanan RankingCoach.

RankingCoach bekerja dengan cara melakukan analisa, menyusun tugas dan memantau performa webiste Anda. Coba gratis selama 10 hari untuk mengetahui fitur-fiturnya.

Demikian artikel kami tentang social bookmarking, semoga dapat bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents