Rumahweb Blog

Apa Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org?

Keraguan dalam membedakan WordPress.com dan WordPress.org sering dialami banyak orang, termasuk para profesional di bidang web.

Meskipun mereka sudah memahami poin-poin tertentu, namun kadang mereka melewatkan poin-poin yang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Oleh karena itu, bagi setiap web developer yang memanfaatkan WordPress sebagai alat untuk membuat situs web atau menerbitkan konten, penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya.

Pada artikel ini Rumahweb Indonesia akan memberikan penekanan tentang apa itu WordPress.com dan WordPress.org, kelebihan dan kekurangannya, perbedaan antara keduanya dan kapan waktu terbaik untuk menggunakannya.

Apa itu WordPress.org?

WordPress.org adalah platform open source yang gratis tak berbayar. Karena ini adalah perangkat lunak gratis, Anda dapat mengunduh dan memasangnya di server web Anda sendiri. Dengan WordPress.org, Anda dapat meng-host situs web atau blog Anda sendiri. Oleh karena itu, sering disebut oleh banyak orang sebagai ‘self-hosted’ WordPress.

Apa manfaat dari WordPress.org?

Selain gratis, WordPress.org juga memiliki beberapa manfaat menarik. Berikut beberapa manfaatnya.

  1. Dengan WordPress.org, Anda memiliki kontrol penuh atas situs web Anda.
  2. Anda dapat memasang iklan di situs web dengan menjalankan iklan-iklan pilihan Anda, tanpa berbagi pendapatan.
  3. Tidak ada batasan dalam hal mengunduh tema untuk situs web Anda. Sama halnya dalam penggunaan plugin.
  4. Karena situs web dihosting di server web Anda sendiri, Anda dapat membuat perubahan pada direktori file web seperti yang Anda inginkan.
  5. Anda dapat menyesuaikan situs web sesuai keinginan dan mengubah desainnya, itu juga tanpa membutuhkan biaya apa pun.

Apa kerugian dari WordPress.org?

  1. Anda mungkin memerlukan beberapa pengetahuan teknis sebelumnya, khususnya pemahaman yang baik tentang HTML.
  2. Karena situs web dihosting sendiri, Anda bertanggung jawab langsung atas pembaruan keamanan, cadangan, dan dukungan untuk situs web.

Apa itu WordPress.com?

WordPress.com adalah layanan hosting WordPress yang dibuat oleh WordPress untuk pelanggannya. Jika Anda memanfaatkan layanan hosting mereka, situs web Anda akan dihosting di server mereka. Singkatnya, WordPress.com menangani semua kebutuhan hosting Anda.

Apa kelebihan WordPress.com?

WordPress.com pada dasarnya memudahkan Anda jika tunduk pada persyaratan hosting. Selain itu, ada banyak keuntungan lainnya.

  1. WordPress.com tidak memerlukan banyak investasi waktu dari sudut pandang pengguna. Waktu pengaturannya jauh lebih sedikit.
  2. Manajemen keseluruhan situs web hanya sedikit karena penyedia hosting mengurus semua layanan langsung dari unggahan file dll. Yang berarti Anda tidak perlu mengakses akun FTP atau bahkan menambahkan domain melalui panel kontrol atau melakukan tugas-tugas semacam itu.
  3. Anda tidak perlu memiliki pengetahuan teknis apa pun sehingga Anda tidak perlu mengkodekan atau mengetahui bahasa pemrograman.
  4. Karena menyediakan layanan yang berbayar, WordPress.com menyediakan dukungan email dan obrolan kepada pelanggan. Selain ini, karena Anda adalah bagian dari komunitas WordPress, maka dapat mengirimkan lalu lintas ke situs web Anda dengan menampilkan situs web Anda di portal pasarnya.

Apa kerugian dari WordPress.com?

  1. WordPress.com memungkinkan akses ke sejumlah tema dan template terbatas untuk situs web mereka (hanya 165).
  2. Anda tidak sepenuhnya memiliki konten di WordPress.com, artinya WordPress.com memiliki hak untuk mematikannya. Anda tidak memiliki hak untuk menjual situs web atau blog tanpa izin.
  3. Paket gratis WordPress.com akan memberi Anda subdomain, artinya situs web Anda akan dibaca sebagai bloganda.wordpress.com dan bukan www.bloganda.com.

Perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com

Berdasarkan beberapa parameter penting, kami menjelaskan perbedaan WordPress.com dan WordPress.org seperti berikut:

Parameter WordPress.org WordPress.com
Kontrol WordPress.org memberi Anda kontrol penuh atas konten serta aspek hosting situs web. Seluruh kendali situs web ada di tangan layanan hosting. Namun Anda dapat mengontrol file mana yang harus diunggah dengan memberi tahu penyedia layanan Anda
Theme and Plugin support Anda dapat memanfaatkan sejumlah tema dan plugin yang tidak terbatas. Anda juga dapat memanfaatkan plugin pihak ketiga jika diperlukan. Akses ke jumlah tema dan plugin terbatas. Namun, Anda dapat membeli tema dan plugin dengan paket khusus.
Pemeliharaan Karena kontrol situs web terletak pada pengguna, pemeliharaan situs web juga ada di tangan pengguna. Pemeliharaan situs web sepenuhnya terletak di tangan penyedia hosting yaitu WordPress.com.
Monetisasi Pengguna dapat dengan bebas memonetisasi melalui WordPress.org karena platform memungkinkan seseorang untuk membuat model monetisasi mereka sendiri. WordPress.com memberlakukan kebijakan yang ketat ketika menyangkut monetisasi yaitu pengguna harus memiliki sejumlah lalu lintas di situs web untuk menggunakan model monetisasi WordPress sendiri.
Analytics Dengan WordPress.org, ujung analytics Anda dapat tumbuh lebih kuat dengan mengintegrasikan situs web Anda dengan analisis Google atau alat canggih lainnya seperti KissMetrics, MixPanel, dll. dapat memanfaatkan Google analytics dengan mengintegrasikan plugin dengan situs web hanya jika mereka memanfaatkan bussiness plans dari WordPress.com. Selain itu, analitik disediakan langsung dari WordPress.
Biaya Biaya bisa lebih tinggi dengan WordPress.org sejak biaya hosting, biaya desain yang dikeluarkan jadi tidak terkendali. Biaya dalam WordPress.com dapat dikurangi karena biaya hosting bulanan terbatas.
SEO Dengan WordPress.org, Anda dapat menginstal fitur SEO tanpa batas. Dengan WordPress.com, Anda dapat menambahkan sejumlah plugin pihak ketiga untuk SEO.

 

Sebagai penutup, kami ingin menambahkan bahwa WordPress.com dan WordPress.org memiliki ciri khas sendiri. Misalnya, paket gratis WordPress.com sangat berguna ketika Anda ingin memiliki blog gratis Anda sendiri. Padahal, dengan WordPress.org, Anda dapat mengembangkan situs web sendiri sesuai keinginan dengan menambahkan lebih banyak produk, layanan, atau iklan untuk dimonetisasi.

Kami harap Anda telah memahami perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org sangat jelas. Jika Anda memiliki keraguan atau pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar Anda di bawah ini.

Ketika Anda memutuskan akan membuat website menggunakan WordPress.org, Rumahweb akan membantu Anda memberikan penawaran server terbaik untuk WordPress. Dengan menggunakan layanan WordPress Hosting Rumahweb, akses ke Website WordPress Anda akan jauh lebih kencang dari server hosting biasa.

Berikan Komentar

RumahWeb