Rumahweb Blog

Apa Perbedaan Antara cPanel dan WHM?

Setelah membeli paket web hosting atau VPS sesuai pilihan, setiap pengguna diberi alat bantu untuk mengelola layanan hostingnya. cPanel dan WHM adalah contoh dua alat bantu yang sering digunakan  untuk membantu pengguna dalam pengelolaan web hosting.

Perbedaan yang mendasar dari keduanya adalah cPanel digunakan oleh user hosting, sedangkan WHM digunakan untuk Anda pengguna VPS yang didalamnya terinstal cPanel. Dengan menggunakan WHM Anda dapat membuat akun-akun cPanel.

Singkatnya, WHM adalah tools di level admin server yang digunakan untuk mengelola akun cPanel, sedangkan cPanel sendiri adalah tools di level user yang memudahkan untuk mengelola akun hosting.

Supaya lebih jelas terkait perbedaaan antara cPanel dan WHM, melalui artikel ini Rumahweb akan membahas selengkapnya untuk Anda.

 

Apa itu cPanel?

cPanel adalah panel kontrol online yang membantu pengguna mengelola layanan hosting berbasis Linux. Dengan bantuan cPanel, pengguna dapat mengontrol tugas administratif hosting seperti membuat dan mengelola email, mengatur ulang kata sandi, mengatur mail forward, mengelola addon domain dan subdomain, mengunggah dan mengelola file, database, dll.

Apa manfaat utama cPanel?

cPanel memungkinkan pengguna untuk mengatur file dengan mudah. Menggunakan GUI (graphic user interface) sederhana yang bertindak sebagai enabler untuk mengelola sistem admin saat Anda tidak ingin menggunakan website builder. Hal ini membuat cPanel user-friendly dibandingkan dengan yang lain. Berikut ini adalah kelebihan cPanel :

  • Memungkinkan Anda menambahkan domain dan mengelola email sesuai dengan paket hosting
  • Memberikan kontrol atas akun FTP untuk mengupload, menghapus atau memindahkan file di server
  • Menyediakan statistik terkait web seperti jumlah pengunjung per- bulan melalui statistik AWS
  • Banyak add-ons dan API yang terintegrasi dengan Softaculous yang memungkinkan pengguna mendownload update WordPress, Joomla atau Drupal
  • Memastikan bahwa data Anda aman dengan beberapa pilihan backup dan restore (pemulihan)
  • Jauh lebih ekonomis dibanding Windows

 

Apa itu WHM?

WHM (Web Host Manager) adalah alat akses administratif untuk backend akun cPanel. WHM bisa disebut juga admin dari cPanel. Dengan WHM, seseorang dapat membuat akun cPanel di hosting. WHM memudahkan pengguna mengelola banyak file. Bahkan, seseorang dapat menjual layanan hosting dan mengelola beberapa cPanel dengan pilihan modifikasi, seperti upgrade (menambah) atau downgrade (menurunkan) akun serta dapat juga memantau penggunaan bandwidth.

Apa manfaat utama dari WHM?

WHM memungkinkan pengguna mengakses DNS Zone dari semua domain. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat, menghapus dan menangguhkan (suspend) akun cPanel. Terlepas dari kemampuannya untuk mengkonfigurasi dan mendukung permintaan pelanggan melalui cPanel, WHM memungkinkan pengguna mengubah nama domain dan username klien. Dengan kontrol sepenuhnya atas backend cPanel, WHM memiliki banyak manfaat lainnya untuk Virtual Private Server dan Dedicated Server. Daftarnya sebagai berikut:

  • WHM memungkinkan pengguna untuk menginstal dan mengelola sertifikat SSL dengan mudah.
  • Memungkinkan penugasan dan whitelisting dari alamat IP.
  • Dengan WHM, seseorang bisa mendapatkan akses ke semua akun di dalamnya. Selain itu juga memungkinkan seseorang mengubah kepemilikan akun jika akun dijual atau dihapus.
  • Klien dapat menerima  newsletter, update dan upgrade kesepakatan melalui WHM.
  • WHM memungkinkan situs-situs lain menamai diri mereka dengan WHM yang berbeda
  • Memantau status server dan sumber daya
  • Secara keseluruhan, WHM memangkas waktu yang dihabiskan untuk administrasi server dan fokus pada pengelolaan kebutuhan pelanggan.

 

Apa perbedaan antara cPanel dan WHM?

Nah, setelah kita tahu peran mana yang dimainkan cPanel dan WHM, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui apa perbedaan antara cPanel dan WHM. Atau mungkin Anda sudah bisa menemukannya dengan informasi yang Kami berikan kepada Anda? Sebagai masukan, inilah beberapa poin utama yang menyoroti perbedaan antara cPanel dan WHM:

 

Paramater WHM cPanel
Controller WHM adalah panel kontrol reseller yang digunakan oleh reseller untuk mengelola semua akun hosting mereka cPanel adalah panel kontrol yang digunakan oleh pengguna akhir di bawah reseller penyedia hosting, yang digunakan oleh pelanggan untuk mengelola akun hosting mereka sendiri.
Access WHM menyediakan reseller dengan root level access. cPanel hanya menyediakan akses ke akun web hosting di server kepada penggunanya.
Port number WHM menggunakan port 2087, sebagai nomor port yang aman cPanel menggunakan port 2083 sebagai nomor port amannya.
Pasword Reset Password details untuk WHM berkaitan dengan akun cPanel-nya. Jika Anda mengganti password WHM maka Anda juga bisa mengubah password cPanel. Password untuk cPanel dapat diatur oleh pengguna sesuai keinginannya.

cPanel dan WHM memiliki karakteristik yang sangat berbeda satu sama lain. Keduanya bekerja bersamaan, namun pada saat yang sama mempertahankan perbedaan yang menguntungkan pengguna akhir dan reseller.

 

Apakah bisa saya mendapat akses ke cPanel dan WHM?

Apabila ingin mendapatkan akses cPanel dan WHM, maka Anda perlu memiliki server VPS dan cPanel. Dengan melakukan pemesanan cPanel pada VPS nya, otomatis akan mendapatkan akses ke WHM.

Demikian pembahasan tentang perbedaan antara cPanel dan WHM. Dengan membaca artikel ini diharapkan, Anda akan mengetahui lebih lanjut kegunaan cPanel dan WHM terutama memahami apa tujuan dan perbedaan antara keduanya.

Berikan Komentar

RumahWeb