Rumahweb Blog
banner blog - Apa Itu Podcast dan Manfaatnya untuk Pemasaran Bisnis Anda

Apa Itu Podcast dan Manfaatnya untuk Pemasaran Bisnis Anda

Apa itu podcast?Podcast adalah salah satu tren broadcasting yang muncul beberapa tahun terakhir ini, yang populer setelah sering digunakan oleh banyak youtuber terkenal.  Secara definisi, Podcast dapat diartikan sebagai konten audio yang mirip dengan acara radio atau e-book.

Biasanya, podcast disebarluaskan melalui platform berbasis audio macam SoundCloud, Spotify, dan Apple Podcast, di mana audiens bisa mendengarkannya secara cuma-cuma alias gratis. Selain dalam bentuk audio, saat ini juga berkembang tren visual podcast,  di mana proses percakapan juga direkam secara visual. 

Lalu, apakah podcast memiliki manfaat untuk pemasaran bisnis Anda? Jawabnya, tentu saja ada. Selain meningkatkan penjualan, podcast bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness. Berikut 3 manfaat podcast untuk pemasaran bisnis Anda:

1. Meningkatkan Kepercayaan pada Audiens

Pada tahun 2019, PR Newswire menyatakan bahwa audiens merasakan hubungan yang dekat dengan announcer dan memercayai rekomendasi yang disampaikan pada program podcastnya.

Hal ini karena podcast disampaikan dengan cara story telling, menciptakan hubungan yang lebih dekat dibandingkan dengan artikel tertulis. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sembarangan menunjuk announcer. Pastikan memilih orang yang mengerti pengaruh podcast untuk meningkatkan kepercayaan atas brand.

2. Membangun Hubungan Erat

Berdasarkan riset Infinite Dial tahun 2020, demografi pendengar podcast tersebar rata antara audiens laki-laki dan perempuan pada setiap kelompok usia. Hal ini berarti podcast memiliki komunitas yang berasal dari hampir semua target konsumen.

Podcast memiliki kategori yang cukup spesifik untuk menjangkau target audiens yang lebih sempit. Misalnya, Apple Podcast yang memiliki sekitar 67 kategori. Semakin Anda dapat memfokuskan topik, semakin besar peluang Anda menjangkau audiens yang sesuai dengan target konsumen Anda.

3. Meningkatkan Skill Public Speaking

Untuk dapat menarik perhatian audiens dari awal hingga akhir, dibutuhkan announcer yang andal. Memproduksi episode baru secara konsisten dapat meningkatkan kemampuan public speaking announcer.

Oleh karena itu, Anda juga dapat memanfaatkan podcast untuk mengasah kemampuan staf dalam public speaking, terutama bagi staf yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Podcast memang memiliki berbagai keuntungan tak terduga untuk bisnis. Jika Anda berniat untuk mulai membuat podcast, cukup persiapkan mikrofon, software audio recorder dan editor, serta tentunya, akses internet.

 

Selain terjun langsung ke dunia podcast, Anda juga bisa bergabung sebagai sponsor. Announcer program podcast akan merekomendasikan produk atau layanan yang ditawarkan pada siarannya. Dengan cara ini, Anda memiliki kesempatan menjangkau target audiens dalam waktu singkat.

Sampai tahap ini, Anda telah memahami apa itu podcast serta manfaat bagi bisnis Anda. Semoga bisnis Anda semakin meroket. Salam sukses dari Rumahweb Indonesia.

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda