Rumahweb Blog
banner artikel - Afiliasi Pengertian, Manfaat dan Contohnya Pada Bisnis

Afiliasi: Pengertian, Manfaat dan Contohnya Pada Bisnis

Ingin memiliki tambahan penghasilan? Program afiliasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Ya, salah satu usaha digital ini bisa Anda coba untuk memperoleh pendapatan pasif tanpa perlu mengeluarkan modal banyak.

Lalu, apa pengertian afiliasi? Apa saja manfaat, cara kerja, dan contohnya dalam bisnis? Semua pertanyaan ini akan Rumahweb jawab melalui artikel berikut!

Pengertian Afiliasi

Afiliasi adalah sebuah usaha atau bisnis yang tengah digandrungi, lantaran memiliki segudang keuntungan, terutama dari sisi fleksibilitas. Hal ini karena untuk mengerjakan program ini Anda tidak terikat waktu maupun tempat kerja, alias bisa dilakukan di mana pun!

Bagi sebagian orang, terutama yang sudah terjun di dunia bisnis digital, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah satu ini. Afiliasi adalah program di mana Anda akan mendapatkan komisi ketika berhasil membuat konsumen membeli sebuah produk dengan menggunakan kode referal.

Lantas bagaimana menentukan besaran komisi yang didapatkan? Karena program afiliasi adalah hasil kerja sama dengan perusahaan, maka komisi yang didapatkan juga akan menyesuaikan dengan kebijakan perusahan tersebut.

Cara Kerja Afiliasi

Dalam menjalankan program afiliasi, setidaknya ada tiga pihak yang terlibat. Pihak pertama yang terlibat dengan program afiliasi adalah produsen atau pemilik produk, sebagai pihak yang mengadakan program afiliasi.

Pihak kedua yang terlibat afiliasi adalah afiliator, yakni pihak yang mengikuti program afiliasi. Jadi jika Anda bergabung dengan program afiliasi, maka Anda akan disebut sebagai afiliator. Tugas Anda tentu saja untuk membantu memasarkan, atau mengusahakan agar konsumen membeli barang atau produk dari produsen menggunakan kode referal milik Anda.

Pihak ketiga dalam program afiliasi tentu saja adalah konsumen,yang akan ditargetkan untuk membeli produk menggunakan kode referal Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan komisi.

Sebelum memutuskan untuk mengikuti program afiliasi, penting untuk mengetahui cara kerja dari program ini. Singkatnya, terdapat empat tahapan yang akan menjadi siklus kerja program afiliasi.

Pertama, Anda harus mendaftarkan diri pada perusahaan terkait sebagai afiliator. Biasanya, calon afiliator mendaftar melalui website perusahaan. Setelah terdaftar, afiliator akan mendapatkan kode referal, yang nantinya akan menjadi peluang untuk mendapatkan komisi.

Kedua, Anda bertugas melakukan promosi atau memasarkan produk dari perusahaan terkait. Beberapa cara mempromosikan produk afiliasi adalah dengan melakukan review produk di blog, media sosial, hingga forum online. Jangan lupa sisipkan kode referal Anda.

Ketiga, calon konsumen menggunakan kode referal saat membeli produk. Tujuan dari program afiliasi adalah agar kode referal Anda digunakan. Selain konsumen akan mendapat diskon, afiliator juga akan mendapatkan komisi. 

Dan yang terakhir, afiliator akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk tadi. Dalam program afiliasi, terdapat tiga jenis komisi yang biasanya digunakan. Ada pembagian komisi per penjualan, per lead, dan per klik.

Pembagian komisi per penjualan maksudnya konsumen harus membeli produk dengan memasukkan kode referal. Sedangkan komisi per lead dibayarkan ketika calon konsumen menyelesaikan sebuah aktivitas yang sudah ditentukan perusahaan. Misalnya membuat akun, download file, subscribe newsletter, atau mengisi form.

Sedangkan jenis komisi per klik akan dibayarkan ketika calon konsumen mengklik link referal yang diberikan. Link ini biasanya mengarahkan calon konsumen ke website pemilik produk.

Manfaat dan Keuntungan Afiliasi

Setelah memahami pengertian dan cara kerja program afiliasi, tentu Anda kemudian bertanya-tanya, apa manfaat program ini bagi pemilik bisnis maupun afiliator. Berikut Rumahweb rangkum berbagai manfaat afiliasi bagi pihak yang terlibat, terutama bagi afiliator:

  1. Produk dapat Dipasarkan Secara Lebih Luas

Afiliasi adalah sebuah program yang dirancang secara digital. Dengan begitu, jangkauan produk ini dipromosikan tentu akan lebih luas. Apalagi, posisi afiliator yang tersebar di berbagai wilayah.

Oleh karena itu, program afiliasi akan membuka lebar kemungkinan produk menjadi lebih dikenal dari Sabang sampai Merauke.

  1. Tidak Membutuhkan Space atau Gudang untuk Stok Barang

Sebagai afiliator, tugas Anda hanyalah memasarkan produk dari perusahaan, atau pemilik bisnis. Anda tidak perlu memiliki gudang untuk menyimpan stok produk yang akan dijual, karena nantinya proses pengiriman akan menjadi tanggung jawab perusahaan terkait.

  1. Menjadi Sumber Penghasilan Pasif

Program afiliasi tidak mengharuskan Anda melakukan promosi setiap saat. Anda cukup mempromosikan produk dalam beberapa video atau artikel saja. 

Selama media promosi masih bisa diakses calon konsumen dan kode atau link referal milik Anda digunakan oleh konsumen, maka Anda tetap akan mendapatkan komisi, meski tidak melakukan apa pun.

  1. Tak Perlu Mengeluarkan Modal Besar

Ada beberapa perusahaan yang mewajibkan afiliator membeli produk saat mendaftar, ada pula yang tidak mewajibkan, alias benar-benar bisa diikuti secara gratis.

Jika Anda diharuskan membeli produk saat mendaftar, maka pastikan barang yang Anda beli dapat berguna, sehingga Anda bisa memasarkan produk tersebut sembari menggunakannya.

  1. Afiliasi adalah Pekerjaan yang Fleksibel

Salah satu keunggulan dari program afiliasi adalah Anda tidak terikat waktu dan tempat. Afiliator bebas menjalankan strategi promosi kapan saja. Tidak ada kontrak antara afiliator dan perusahaan penyedia program sehingga tidak ada jam kerja seperti layaknya pekerja kantoran.

Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan produk dari mana pun, termasuk dari rumah. Perlengkapan yang diperlukan untuk menjalankan program afiliasi adalah jaringan internet dan juga smartphone atau laptop saja.

Contoh Afiliasi pada Bisnis

Semakin tertarik untuk bergabung dengan program afiliasi? Bagi Anda yang baru akan terjun dalam dunia afiliasi, berikut Rumahweb ulas beberapa contoh afiliasi pada bisnis yang bisa diikuti dengan mudah!

1. Amazon

Siapa yang tidak mengenal perusahaan ini? Amazon merupakan perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Melalui situsnya, pemilik bisnis bisa memasarkan produk ke seluruh penjuru dunia.

Tahukah Anda ternyata, e-commerce ini memiliki program afiliasi berjudul Amazon Affiliate Program! Untuk mengikuti program ini, Anda cukup mendaftar sebagai afiliator lalu pilih produk yang ingin dipasarkan.

Tak main-main, Anda bisa mendapatkan komisi hingga 10%, tergantung dari kategori produk yang dipilih.

2. Zalora

Ingin mengikuti program afiliasi dari perusahaan dalam negeri? Zalora bisa jadi salah satu pilihannya. E-commerce satu ini menghadirkan Zalora Affiliasi Program yang bisa dijadikan sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan pasif.

Cukup rekomendasikan produk yang dijual melalui e-commerce ini, dan Anda  akan mendapatkan komisi di setiap produk yang terjual.

Jika Amazon menentukan komisi berdasarkan kategori, maka Zalora menentukan komisi berdasarkan jenis pelanggan. Persentase komisi yang didapat dari pelanggan baru adalah 6%, sedangkan komisi yang didapat dari pelanggan lama sebesar 4%.

3. Google Suite

Bisnis raksasa milik Google satu ini juga menawarkan program afiliasi bernama G Suite Referral Program. G Suite sendiri merupakan kumpulan alat yang bisa membantu berjalannya sebuah bisnis. 

Jadi, ketika Anda sudah menjadi afiliator Google Suite, lalu ada konsumen yang menggunakan link referal Anda, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan komisi.

Besaran komisi ditentukan berdasarkan jenis paket yang diambil pengguna. Misalnya, jika pengguna mengambil paket basic, maka komisi yang afiliator dapatkan sebesar $15 USD. Sedangkan jika pengguna mengambil paket business atau enterprise, maka afiliator akan mendapat komisi sebesar $30 USD.

Sebenarnya, masih ada berbagai usaha menjanjikan lain yang diprediksi akan meraup kesuksesan di tahun ini, selain program afiliasi. Apa saja? Simak daftar lengkapnya pada artikel berikut 20 usaha menjanjikan 2022.

Demikian penjelasan Rumahweb mengenai afiliasi, manfaat, dan contohnya. Apakah Anda tertarik terjun ke bisnis digital yang menjanjikan ini?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing