Rumahweb Blog
banner blog - 5 Strategi Digital PR untuk Meningkatkan Pencarian Organik

5 Strategi Digital PR untuk Meningkatkan Pencarian Organik

Pembatasan kontak fisik yang terpaksa harus dilakukan sejak merebaknya pandemi global pada awal 2020 silam, berimbas pada perkembangan teknologi pemasaran online yang kian cepat. Banyak perusahaan yang mulai menjelajahi berbagai opsi digital sebagai upaya pemasaran produk.

Salah satu fungsi yang beralih dengan cepat ke opsi digital adalah public relations (PR). Dalam sebuah perusahaan, digital PR adalah salah satu strategi pemasaran yang dapat membantu membentuk image perusahaan.

Terdapat beberapa strategi Digital PR yang dapat digunakan, antara lain:

1. Skyscraper Technique

Skyscraper technique dinilai sebagai cara yang efektif untuk membangun backlink. Caranya dengan mencari topik konten yang berkualitas dan memiliki peluang mendatangkan banyak link menggunakan bantuan SEO Tools seperti SEMRush, Moz, Ahrefs, dan sebagainya. Selanjutnya, Anda dapat mulai membuat konten yang menarik dari topik tersebut.

Dengan cara ini, Anda dapat memproduksi konten menarik, berkualitas, dan up-to-date yang akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

2. Situs Komunitas

Digital PR mencakup semua usaha untuk membangun dan meningkatkan brand awareness serta meningkatkan inbound traffic. Oleh karena itu, situs komunitas seperti Reddit dan Quora adalah saluran yang tepat untuk melakukan focused campaign.

Anda dapat memulai diskusi baru atau bergabung dengan diskusi yang sudah ada mengenai topik yang relevan dengan bisnis Anda. Selain meningkatkan brand awareness dan traffic, Anda juga memiliki peluang untuk mendapatkan nofollow link melalui situs komunitas tersebut.

3. Internal Linking

Internal linking dapat dijadikan sebagai salah satu strategi yang memanfaatkan halaman website yang sudah ada untuk meningkatkan traffic halaman lain yang ingin dipromosikan.

Sebagai contoh, website biasanya menggunakan menu dan navigation bar sesuai dengan prioritasnya seperti Home, About, Contact Us, dan sebagainya. Dengan strategi internal linking, Anda dapat memasukkan link halaman yang ingin diprioritaskan tersebut  di footer, sidebar, teks blog, maupun landing page.

Selain dapat meningkatkan visibilitas konten dalam website, internal linking dapat membuat halaman website akan terindeks dengan lebih baik di mesin pencari.

4. Menambah Review Pelanggan di Profil Google My Business

Dalam menentukan hasil pencarian secara lokal, Google mendasarkan pada relevansi, jarak, dan keunggulan. Keunggulan yang dimaksud dapat berupa link dan online mention sebuah bisnis yang dipantau oleh Google.

Faktor lain yang digunakan untuk menentukan keunggulan ini adalah review pelanggan. Dengan demikian, semakin banyak review dan rating positif mengenai suatu bisnis di profil Google My Business dapat berimbas pada meningkatkan peringkat pencarian, sekaligus membentuk persepsi konsumen terhadap bisnis tersebut.

5. Reverse Engineering

Reverse engineering atau rekayasa balik adalah strategi digital PR yang memanfaatkan profil backlink dari kompetitor.

Caranya dengan mencari tahu backlink yang digunakan di situs kompetitor bisnis Anda dengan bantuan SEO Tools. Dengan mengetahui informasi mengenai bagaimana kompetitor memberikan backlink pada websitenya, Anda dapat menggunakan backlink serupa agar dapat bersaing dengan kompetitor Anda.

Digital PR penting untuk sebuah bisnis karena dapat meningkatkan peringkat SEO, yang kemudian akan berdampak pada peningkatan traffic organik dan referral. Selain itu, digital PR juga dapat membantu untuk meningkatkan brand recognition bisnis Anda.

Dengan berbagai keuntungan ini, tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan beberapa strategi digital PR dalam bisnis Anda. Pastikan untuk memilih strategi paling tepat, mempersiapkan tools yang harus digunakan, dan lakukan evaluasi untuk menilai keberhasilan strategi yang digunakan.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda