Rumahweb Blog
banner blog - work from home yang efektif dan nyaman

Work From Home yang Efektif dan Nyaman

Work from home (WFH) menjadi kebijakan yang ditempuh oleh banyak organisasi, sebagai bagian dari upaya memutus rantai penyebaran virus Corona. Untuk organisasi yang sudah terbiasa menerapkan sistem kerja remote, WFH tidak lagi terasa asing dan tidak akan menemui banyak kesulitan.

Sebaliknya, bagi organisasi yang belum pernah menerapkan sistem kerja remote, penerapan WFH mungkin akan mendatangkan tantangan atau kesulitan, terutama pada masalah tingkat produktivitas pegawai.

Pada kesempatan kali ini, Rumahweb Indonesia menyusun beberapa tips praktis Work from home yang efektif dan nyaman.

1. Membersihkan Diri

Kebersihan diri sangat berperan penting dalam mendatangkan semangat atau mood kerja yang produktif. Mentang-mentang bekerja dari rumah, mengabaikan kebersihan diri justru akan membuat Anda merasa lesu dan tidak bersemangat. Sebelum memulai kerja, pastikan Anda mandi, memakai pakaian yang bersih dan memakai sedikit wewangian.

2. Tempat Yang Terbaik

Telusuri setiap sudut rumah Anda, dan temukan spot yang dirasa paling nyaman untuk bekerja. Beranda rumah yang berhadapan langsung dengan kebun, barangkali adalah lokasi yang terbaik, yang bisa memberikan Anda nuansa segar dan damai.

3. Menggerakkan Badan

Setelah jeda beberapa jam dan Anda mulai merasa letih, berdirilah dan berjalan beberapa langkah untuk melemaskan persendian.

4. Snack dan Minuman

Makanan ringan dan minuman yang tidak terlalu kompleks bisa membantu Anda memperbaiki mood. Selain itu, asupan makanan dan minuman juga diperlukan untuk menambah energi. Hindari snack yang justru memerlukan effort lebih untuk mengonsumsinya, seperti kacang kulit atau kwaci.

5. Hindari Gangguan

Usahakan untuk tidak berada di dekat benda yang bisa mengganggu konsentrasi Anda seperti televisi.

6. Hindari Zona Nyaman

Work form home, bagaimanapun adalah proses bekerja seperti biasanya. Hanya saja lokasinya yang terpisah di kediaman masing-masing. Usahakan Anda tidak duduk di kasur atau sofa yang empuk, karena itu bisa menjadi zona nyaman yang melenakan, sehingga Anda bisa tertidur.

7. Koordinasi

Jalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan tim. Komunikasi yang lancar dan koordinasi yang baik adalah kunci dari produktivitas tim dalam sebuah organisasi.

8. Disiplin

Poin terpenting dari work from home yang efektif adalah disiplin. Pastikan Anda online, istirahat dan kemudian offline secara tepat waktu, selaiknya hari-hari biasa Anda bekerja di kantor. Dengan penerapan waktu yang disiplin, Anda tidak akan kehilangan ritme kerja, meskipun berada di rumah.

Penutup

Untuk bidang-bidang usaha yang memungkinkan, work from home adalah solusi terbaik yang bisa ditempuh di saat krisis saat ini. Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita berpartisipasi aktif untuk membantu mencegah penyebaran virus Corona secara lebih luas.

Dengan segala keterbatasannya, work from home bisa menjamin keberlangsungan sebuah organisasi di tengah krisis Corona. Semoga artikel blog ini bisa membantu Anda menemukan formula paling optimal dalam menjalani work from home. Semoga Anda semua selalu sehat dan semoga krisis ini lekas berlalu.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi