Rumahweb Blog
banner artikel - panduan praktis work from home

Panduan Praktis Work From Home

Dunia bisnis harus tetap berjalan meskipun dalam kondisi krisis. Work From Home (WFH) adalah sebuah solusi yang bisa diterapkan sekarang, ketika orang-orang dihimbau untuk melakukan physical distancing demi memutus rantai penyebaran wabah Corona.

Memang tidak semua bidang usaha bisa menerapkan sistem WFH. Untuk pekerjaan yang tidak memungkinkan WFH, tentu saja ada standar operasional tersendiri yang bisa dilakukan, untuk menjaga kebersihan dan keamanan para pekerjanya.

Nah, apabila Anda memiliki usaha di bidang jasa yang memungkinkan dikerjakan secara remote, Rumahweb Indonesia ingin berbagi panduan praktis work form home.

1. Berdiskusi dan Menentukan Pilihan

Lakukan diskusi dengan seluruh tim dan pastikan semua sepakat untuk menjalani work form home. Kesepakatan bersama sangat penting untuk memastikan karyawan melakukan tugasnya dari rumah dengan tanggungjawab.

2. Menyiapkan Peralatan

Ketika work form home sudah diputuskan, pastikan semua tim memiliki peralatan yang dibutuhkan. Contoh : komputer atau laptop, modem internet dan jaringan internet yang memadai.

3. Memilih Platform Komunikasi

Ketika semua peralatan penunjang sudah tersedia, pilih dan tentukan platform untuk berkomunikasi antar tim.

Ada banyak pilihan aplikasi pengirim pesan yang bisa digunakan untuk berkoordinasi dengan tim, mulai dari Telegram, Skype, Whatsapp, Viber hingga yang berbayar seperti Google Hangout dan Slack.

4. Jam Kerja

Work from home pada prinsipnya hanya memindahkan lokasi kerja dari kantor ke rumah masing-masing. Diskusikan dengan tim, terkait perubahan jam kerja dan jadwal shift, sesuai dengan kondisi masing-masing personal.

5. Presensi

Tentukan sistem presensi karyawan yang efektif dan bisa dipertanggungjawabkan. Jika di hari biasa menggunakan face scanner, untuk presensi WFH bisa memakai sistem lain, semisal : kehadiran di aplikasi pengirim pesan.

6. Komitmen

Bagian paling penting dari WFH adalah komitmen. Bangun kesadaran bahwa keberlangsungan perusahaan adalah kepentingan bersama yang harus diperjuangkan dengan serius.

Penutup

Work from home adalah solusi pintar yang bisa Anda terapkan saat ini, supaya bisnis tetap berjalan di tengah krisis Corona yang sedang melanda. Semoga artikel panduan praktis WFH ini bisa memberikan Anda gambaran tentang apa itu work from home, dan apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan.

Semoga Anda dan kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan tetap produktif di masa krisis.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi