Rumahweb Blog
banner blog - upgrade server rumahweb

Upgrade Server Rumahweb: Faster, Stronger, and Simply Better

Sebagai upaya dalam menjaga komitmen untuk selalu meningkatkan kualitas produk dan layanan, Rumahweb akan melakukan peremajaan server pada layanan hosting. Server-server generasi lama akan digantikan oleh server dengan teknologi terbaru, agar pelanggan memperoleh performa yang jauh lebih cepat, stabil, dan tentunya lebih baik dibandingkan saat ini.

Selama dilakukannya proses pembaruan ini, akan ada migrasi akun hosting secara bertahap dari server lama ke server generasi terbaru, dengan total estimasi pengerjaan kurang lebih selama tiga bulan, dimulai pada tanggal 21 September 2020 dan diproyeksikan akan selesai pada pertengahan Desember 2020.

Secara umum, proses pemindahan tidak akan menyebabkan gangguan atau downtime, terutama untuk yang comply dengan SLA kami dengan menggunakan Nameserver di Rumahweb. Kemungkinan risiko yang ada, hanya muncul jika sedang terjadi update data pada saat data tersebut dipindahkan. Maka, ada kemungkinan data tersebut tidak ikut dipindahkan, dan masih tertinggal di server yang lama. Meski begitu, berdasarkan pengalaman kami hal tersebut sangat jarang terjadi, karena pemindahan dilakukan pada dini hari ketika aktivitas akun hosting secara umum akan sangat rendah. 

Sedangkan, bagi Anda yang memiliki domain pada akun hosting yang tidak menggunakan NameServer Rumahweb, proses pemindahan ini akan sangat tergantung pada respon Anda terhadap notifikasi yang dikirimkan oleh Tim Rumahweb. Melalui notifikasi tersebut, Anda bisa memilih tanggal pemindahan akun hosting, karena update record DNS harus dilakukan secara manual. Jika Anda tidak memberikan respon dalam rentang waktu yang telah ditentukan, maka akun hosting akan tetap dipindahkan. Namun, saat diakses, website Anda akan menampilkan “suspend page.” Hal ini pun juga berlaku bagi Anda yang menggunakan layanan dari Cloudflare.

Mengingat banyaknya jumlah akun hosting yang akan dipindahkan, Rumahweb akan secara berkala menyampaikan laporan melalui kanal media sosial, terkait jumlah akun yang telah berhasil di migrasi. Kami harap upaya kami dalam menghadirkan server generasi termutakhir ini akan makin memberikan kontribusi yang signifikan bagi bisnis Anda dalam menjangkau dunia melalui layanan hosting yang lebih cepat dan lebih stabil.

Berikan Komentar

Catra Wardhana