Rumahweb Blog
opengraph - Tren Web Design di Tahun 2021

Tren Web Design di Tahun 2021

Seperti halnya tren-tren lainnya, tren digital pun konstan berubah sepanjang tahun. Beberapa digandrungi dan bertahan sementara, sebelum akhirnya benar-benar dilupakan. Namun, beberapa tren lainnya bisa merevolusi lanskap desain dan bertahan hingga bertahun-tahun kedepan, dan menandai era baru yang mendefinisikan bagaimana desain web yang baik semestinya dibuat.

Mengikuti perkembangan desain web paling panas, inovatif, dan yang terkini amat vital dilakukan oleh semua bisnis untuk mengkonversi pengunjung web menjadi pelanggan.

Tahun 2020 telah memberikan ruang tanpa batas bagi setiap desainer untuk menciptakan konsep inovatif dengan bebas mengaplikasikan teknik yang beragam. Secara umum, tren yang kerap terlihat di 2020 dan akan berlanjut di tahun 2021, masih bertumpu pada kreativitas, keunikan, interaktivitas, dan keberanian mengambil risiko. Pengunjung terkadang butuh suguhan yang lebih dari sekedar interface yang keren.

Di tahun 2021, diprediksi akan banyak desainer web yang tak hanya fokus pada aksesibilitas dan kegunaan, tapi juga mengimplementasikan fungsionalitas yang diperbaharui, dengan tujuan memberikan pengunjung pengalaman berselancar yang lebih baik.

Jika Anda tengah mencari-cari inspirasi untuk menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan digital presence melalui tampilan website yang kece, berikut ini adalah tren web design di tahun 2021 yang diprediksi akan banyak digandrungi.

1. Fokus pada aksesibilitas

Dengan empat milyar orang mengakses internet setiap harinya, penting bagi sebuah website untuk didesain seaksesibel dan seinklusif mungkin untuk semua orang. Web accessibility atau aksesibilitas website, berarti sedemikian rupa mendesain dan membangun sebuah website beserta dengan teknologi dan tools-nya sehingga orang dengan disabilitas pun bisa menggunakannya.

Jika website bersahabat untuk semua pengunjung, hal ini akan memungkinkan Anda untuk dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Membuat situs Anda aksesibel untuk semua orang, berguna tak hanya untuk pengunjung tapi juga untuk bisnis Anda. Di satu sisi, Anda menyediakan informasi yang bisa diakses bahkan oleh orang-orang dengan disabilitas, dan di sisi lain, Anda pun meningkatkan SEO dan conversion rate website.

Tren Web Design di Tahun 2021 - image 1

Beberapa tips untuk meningkatkan aksesibilitas website di antaranya:

  • Menggunakan warna yang kontras antara background dengan teks
  • Mengimplementasikan focus indicators yang membuat link dan ornamen-ornamen bentuk semakin terlihat berbeda saat menggunakan keyboard navigation
  • Meletakkan label-label untuk membantu pemberian instruksi
  • Membuat functional image alt tags, yang sekaligus bisa membantu meningkatkan SEO.

2. Layout dan bentuk asimetris

Layout dan bentuk-bentuk asimetris cukup banyak ditemui di tahun 2020, dan akan tetap populer di 2021. Pendekatan ini menantang cara-cara tradisional dalam membangun sebuah website, dan lebih membuka kesempatan bagi desainer untuk memberi sentuhan keunikan pada karyanya.

Tren Web Design di Tahun 2021 - image 2

Bentuk yang asimetris juga terbilang cukup berguna. Mereka membuat website cenderung tidak kaku dan lebih exciting untuk dilihat. Banyaknya kemungkinan yang bisa dibuat dengan mengkreasikan bentuk-bentuk asimetris memungkinkan terciptanya baik keseluruhan desain yang terkesan bold maupun clean.

Namun, perlu diingat untuk tetap menjaga keseimbangan visual dalam membuat desain-desain yang terkesan asimetris. Bisa-bisa nanti malah terlihat lebay.

3. Tema dengan nuansa gelap

Tema dengan dominasi warna-warna gelap adalah tren yang tidak akan pergi kemana-mana dalam waktu dekat. Sudah banyak aplikasi yang mengadopsi fitur yang memungkinkan penggunanya untuk gonta-ganti antara light dan dark mode kapanpun mereka mau.

Bahkan, jika didukung dengan CSS media queries yang lebih baik (seperti prefers-color-scheme), developer bisa membuat proses perpindahan antara tema dark dan light ini secara otomatis.

Tren Web Design di Tahun 2021 - image 3

Tren modern ini sudah diikuti oleh banyak merek besar, seperti Apple, Mercedes-Benz, dan Sony. Palet warna gelap bisa membuat tampilan website secara keseluruhan terlihat lebih elegan. Jika rasio kontrasnya dinaikkan, maka elemen-elemen lainnya pun bisa lebih mudah terlihat.

Hal ini akan berpengaruh banyak pada web accessibility. Selain itu, dark mode juga cenderung tidak mudah membuat mata cepat lelah dan tidak pula menyebabkan gangguan penglihatan.

4. Pemanfaatan warna dan desain secara kreatif

Salah satu poin tren web design tahun 2021 adalah kombinasi warna. Permainan warna bisa dimanfaatkan untuk memengaruhi pengunjung secara psikologis dan terbukti punya efek yang besar dalam tingkat persuasiveness sebuah website. Manusia memproses warna lebih dengan menggunakan otak ketimbang mata.

Secara tidak langsung, mereka akan mengasosiasikan warna-warna tertentu dengan ekspresi emosional, kultur, pesan, perasaan, maupun kejadian yang spesifik. Maka, usaha untuk membuat visitor merasakan hal tertentu memiliki keterkaitan yang erat dengan memilih palet warna yang tepat.

Di tahun 2021, memanfaatkan kombinasi warna secara kreatif berarti memasangkan warna-warna yang normalnya tidak dikombinasikan atau secara umum dianggap tidak cocok bila disandingkan. Tentu saja, agar tidak menyakiti mata pengunjung website, kombinasi warna ini harus diadaptasi secara apik ke dalam grafisnya. Hal ini tak hanya akan membuat situs Anda menonjol di antara website-website dengan tema minimalis, tapi juga akan jadi lebih mudah diingat oleh audiens.

5. Pemvisualisasian data

Manusia adalah makhluk visual. Maka, sudah pasti orang-orang akan lebih mudah merespon pada desain grafis ketimbang kata-kata ataupun angka. Di 2021, data akan menjadi aset yang berharga untuk website Anda.

Meskipun begitu, kendati audiens peduli pada data dan statistik, namun mereka cenderung tidak mau direpotkan dengan membaca deretan angka dan kata yang rumit dan susah dimengerti.

Mempresentasikan data (baik berupa angka maupun kata-kata) dengan cara yang cerdas, akan memberikan nilai tambah pada informasi yang sedang Anda coba sampaikan. Pemvisualisasian data berarti mengubah data-data yang membosankan menjadi grafis yang menarik, sehingga orang akan lebih mudah memahaminya.

Praktik ini juga akan membantu pengunjung website dalam mengambil keputusan untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan, menggunakan data yang ditampilkan dalam bentuk grafik.

Belum lagi, jika grafik yang Anda buat dianggap berguna dan menarik, bukan tidak mungkin user akan membagikan grafik tersebut di kanal media sosial mereka.

Kesimpulan

Tren web design yang akan muncul di tahun 2021 kelak, adalah desain-desain yang dibuat untuk meningkatkan user experience melalui pendekatan kreatif. Artinya, yang dipikirkan tidak hanya visual yang ciamik, tapi juga memastikan website menjadi responsif, aksesibel dan engaging.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Catra Wardhana