Tips Memilih Nama Domain

Tips Memilih Nama Domain

Apa itu domain? Bagi anda yang belum familir jangan khawatir ya!

Domain adalah nama unik yang mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain juga lebih mudah die=kenali dengan alamat website!

Nama domain kini kian beragam,lho! Saat ini banyak sekali pilihan dmain yang ditawarkan kepada anda. Mulai dari harga hingga tingkat keunikan pun sangat beragam. Dengan banyaknya pilihan ini, tentunya anda juga harus jeli menentukan domain yang akan anda pakai di website.

Yuk, simak dulu tips memilih nama domain ini agar anda memiliki website yang sukses!

1. Bedakan istilah

Sebagai seorang marketer, anda harus jeli membedakan URL dan nama domain anda. Contohnya sangat mudah, http://www.forsuccess.com adalah URL anda, sementara forsuccess.com adalah nama domain anda.

Tips Memilih Nama Domain yang Cocok untuk Bisnis Anda!

2. Gunakan Branding Perspectives

Jangan lupa untuk gunakan branding perspectives dalam menentukan nama domain anda, melalui perspektif ini akan lebih mudah bagi anda untuk mendeskripsikan bisnis anda melalui alamat domain. Coba lihat contoh berikut!

  • Generic / decriptive branding: sampaikan usaha anda secara singkat melalui tujuannya contoh jogjaphotorgaphy.com
  • Personal branding: berikan kesan terpercaya dan kepemilikan yang terakreditasi contohnya zaynmalik.net
  • Hybrid branding: Dalam penamaan ini, mengandung nama perusahaan dan tujuannya. Contoh drmartensguitar.com
  • Suggestive branding: Berkaitan dengan tujuan perusahaan dengan bahasa yang abstrak. Contoh: flipthesandal.com
  • Fanciful branding: Penamaan tidak berkaitan dengan langsung dengan tujuan perusahaan. Contoh: starbucks.com

3. Pilih Ekstensi yang Tepat

Jangan lupa bahwa banyak pilihan ekstensi beragam. Ekstensi yang dimaksud adalah identifikasi atau klasifikasi dari nama domain. Ada banyak ekstensi yang tersedia seperti .com, .net, .xyz, .top, dan lain-lain. Tentunya banyak pilihan ekstensi domain berdasarkan klasifikasi dari usaha anda seperti .com yang populer atau .surf yang sudah spesifik.

Memilih Web Hosting yang Tepat untuk Situs Web Marketing

4. Pilih Nama yang Sederhana

Pengertian sederhana di sini adalah penggunaan nama domain harus sederhana dan tidak boleh terlalu panjang. Nama domain harus mudah diingat, diidentifikasi, dan unik. Alangkah lebih baiknya, jika penggunaan nama domain tidak terlalu rumit dan tidak begitu panjang. Makin pendek namanya, akan makin mudah dikenali bukan?

Itu dia tips mudah dalam memilih nama domain untuk website anda. Yuk, mulai analisis lagi dan pertimbangkan nama domain untuk meraih kesuksesan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *