Rumahweb Blog
banner blog - Tips Agar Post Muncul di Instagram Explore

Tips Agar Post Muncul di Instagram Explore

Instagram Explore memiliki peran penting untuk meningkatkan jumlah followers karena memungkinkan akun atau post Anda untuk tampil di halaman Explore seseorang. Instagram Explore adalah halaman yang terdiri atas foto, video, dan story yang disusun secara khusus bagi setiap pengguna Instagram berdasarkan akun yang di-follow atau unggahan yang disukai. Dengan kata lain, Instagram Explore adalah halaman yang berisi rekomendasi akun atau post yang mungkin disukai seseorang.

Pada bulan Mei 2019, Instagram merombak tampilan Explore mereka untuk memudahkan penggunanya mencari post sesuai topik yang disukai. Perubahan ini dapat dilihat pada bagian atas halaman Explore, di mana Anda dapat memilih topik yang ingin dicari, misalnya, makanan, fashion, atau teknologi.

Lalu, apa saja keuntungan jika Anda memanfaatkan Instagram Explore? Tentunya, dengan muncul di halaman Explore, akan lebih banyak orang yang melihat post Anda. Hal ini akan berpengaruh ke engagement dan penambahan followers baru.

Ada banyak cara untuk memperbesar peluang post atau akun Anda muncul di halaman Explore. Berikut tiga tips mudah yang dapat diikuti:

1. Perhatikan waktu yang tepat untuk mengunggah post

Meskipun Instagram sudah tidak menampilkan timeline unggahan di home secara kronologis, namun algoritma Instagram didesain untuk menyajikan post terbaru di halaman penggunanya. Pastikan untuk mengunggah post pada saat kebanyakan followers Anda sedang aktif agar mendapatkan engagement yang tinggi. Hal ini akan menjadi langkah pertama untuk memperbesar peluang akun muncul di halaman Explore.

2. Memaksimalkan penggunaan tag

Salah satu tips yang harus diperhatikan adalah untuk selalu menambahkan tag lokasi pada post yang diunggah. Menambahkan tag lokasi dapat memperbesar peluang post tersebut muncul di halaman Explore lokal (daerah sekitar tag lokasi).

Selain menggunakan tag lokasi, Anda juga dapat menggunakan hashtag yang populer dan relevan dengan post yang akan diunggah. Berikut rekomendasi hashtag Instagram populer yang dapat dipertimbangkan untuk dipakai.

3. Unggah story yang menarik dan dapat merepresentasikan brand

Will Ruben, Product Lead for Discovery Instagram, menyatakan bahwa Instagram memiliki algoritma yang lebih spesifik untuk story yang akan muncul di halaman Explore. Selain mempertimbangkan akun yang mirip dengan akun yang telah di-follow, Instagram juga memprioritaskan Story berupa video, gambar yang tidak memiliki banyak teks, dan story yang mirip atau merepresentasikan post yang biasa diunggah oleh akun Anda, dan bukan story berisi repost dari pengguna Instagram lainnya.

Muncul di halaman Instagram Explore dapat sangat berguna bagi sebuah brand, terutama jika Anda memasukkan Instagram dalam salah satu strategi pemasaran yang utama. Instagram menerapkan algoritma yang akan mengarahkan pengguna ke post atau akun baru sesuai dengan minat mereka. Anda tidak hanya memiliki kesempatan untuk mendapatkan followers baru saja, melainkan followers yang kemungkinan besar akan berinteraksi dengan post yang diunggah.

Berikan Komentar

Agnes Sony Tianinda