Rumahweb Blog
Hashtag Instagram Terpopuler untuk Promosi Bisnis

Hashtag Instagram Terpopuler untuk Promosi Bisnis

Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk saat ini, Instagram adalah platform media sosial terbesar yang bisa diakses oleh publik. Di Instagram, dikenal sebuah simbol # yang disebut sebagai hashtag. Dengan Hashtag, semua orang dapat saling terkait dalam percakapan publik dari semua pengguna yang berada dalam satu pembahasan.

Lalu, apakah hashtag hanya digunakan untuk sebuah percakapan saja? Tentu tidak. Saat ini Hashtag memiliki fungsi lain, contohnya dalam hal bisnis di Instagram.

Ada beberapa alasan kenapa bisnis dengan skala kecil, menengah, hingga yang besar mengandalkan Instagram untuk mempromosikan brand mereka. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, baik perusahaan B2C maupun B2B bisa mengambil keuntungan dengan menggunakan Instagram sebagai media promosi.

Kenapa Anda Harus Membuat Profil Instagram Business dan Bagaimana Hashtag Bisa Membantu

Instagram memberikan pemilik bisnis kesempatan untuk mengubah profil mereka menjadi business page. Hal ini membantu mereka menarik audiens yang tepat, karena business profile memiliki akses ke fitur-fitur dan tools yang bisa dimanfaatkan untuk memperkuat keberadaan mereka di jagad Instagram.

Salah satu cara yang bisa dipakai untuk menarik orang melihat post yang Anda buat adalah dengan membubuhkan hashtag. Users biasanya mengetikkan hashtag atau keyword di search bar ketika mereka hendak mencari post, IGTV, atau story dengan tema tertentu.

Users bisa menambahkan hingga 30 hashtag dalam satu post dan video IGTV. Jika hashtag yang dituliskan lebih dari 30, maka tidak akan muncul ketika dicari. Namun, untuk story, hanya 3 hashtag yang bisa disematkan untuk setiap post-nya.

Dilansir dari Social Bakers, hanya dengan menambahkan satu hashtag saja di post Anda, akan meningkatkan engagement hingga 12,6%.

Bagaimana Memanfaatkan Hashtag dalam Strategi Promosi Bisnis di Instagram?

Menambahkan hashtag pada post, story, maupun IGTV mungkin terdengar mudah, tapi Anda tetap harus berpikir strategis dalam melakukannya. Anda harus memilih hashtag yang tepat dan memikirkan bagaimana memanfaatkan hashtag tersebut. Untuk belajar bagaimana menggunakan hashtag Instagram dengan baik dan semestinya, pastikan untuk mengikuti trik-trik yang akan dibahas di bawah ini.

Buat Hashtag Unik

Tentu saja Anda ingin brand Anda menonjol di antara kompetitor yang ada. Salah satu caranya, adalah dengan menciptakan hashtag yang unik dan secara konsisten menuliskannya di tiap story, post,dan video IGTV. Anda juga bisa mendorong audiens untuk menggunakan hashtag ini, ketika mereka membuat post tentang brand Anda.

Selalu Perhatikan Jumlah Hashtag yang Digunakan

Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa ada batasan akan jumlah hashtag yang bisa dipakai dalam satu post, story, maupun IGTV. Anda bisa memakai maksimal 30 hashtag untuk post dan IGTV, dan maksimal 3 hashtag untuk story.

Kendati demikian, memakai terlalu banyak hashtag bisa membuat post yang Anda buat terlihat seperti spam atau bot. Menurut sebuah penelitian, jumlah hashtag yang ideal dalam sebuah post atau IGTV adalah sebelas.

Gunakan Hashtag di Kolom Comment

Jika Anda tidak ingin tampilan post Anda tampak terlalu spammy, maka pertimbangkanlah untuk menaruh hashtag di kolom komentar. Anda bisa langsung menambahkannya sesaat setelah Anda mengunggah konten Anda, sehingga hashtag-hashtag tersebut nantinya akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh audiens di kolom komentar.

Pastikan Hashtag yang Anda Buat Sesuai dengan Materi Foto

Anda tidak bisa asal mengambil semua hashtag yang sedang populer dan menyematkannya dalam caption di tiap post yang Anda unggah. Sebelumnya, selalu pastikan terlebih dulu bahwa hashtag yang Anda buat relevan dengan foto atau konten yang Anda unggah, agar tak hanya bisa menarik audiens yang tepat, tapi juga agar user bisa menemukan konten Anda.

Sesekali Ikuti Tren

Terkadang, penting juga untuk ikut meramaikan hashtag yang tengah ramai di Instagram. Coba cari topik dan hashtag yang sedang tren dan lihat apakah ada yang sesuai dengan konten yang hendak Anda post.

Kuncinya adalah sabar dan tidak gegabah, karena Anda tidak mungkin akan selalu mendapatkan topik tren yang cocok dengan konten Anda.

Variasikan Penggunaan Hashtag

Apabila Anda telah menggunakan sebuah hashtag dalam jangka waktu tertentu tapi angka engagement tak kunjung naik, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk mengubahnya. Lakukan riset dan coba bereksperimen dengan hashtag-hashtag baru.

Memakai hashtag baru juga akan memberi Anda kesempatan untuk menjangkau audiens baru. Pantau performa akun Instagram bisnis Anda untuk melihat hashtag mana yang paling efektif menarik perhatian.

Contoh Hashtag Instagram Paling Populer untuk Memasarkan Jenis Bisnis yang Berbeda

Setelah membahas beragam cara menggunakan hashtag di Instagram, sekarang coba tilik hashtag-hashtag populer berdasarkan kategori berikut ini.

Umum

General - Hashtag Instagram Terpopuler untuk Promosi Bisnis
  1. #love
  2. #instagood
  3. #photooftheday
  4. #fashion
  5. #beautiful
  6. #happy
  7. #cute
  8. #tbt
  9. #like4like
  10. #followme

Digital Marketing

Digital Marketing - Hashtag Instagram Terpopuler untuk Promosi Bisnis
  1. #digitalmarketing
  2. #marketing
  3. #socialmediamarketing
  4. #business
  5. #onlinemarketing
  6. #digitalmarketingagency
  7. #digitalmarketingtips
  8. #digitalmarketingservices
  9. #digitalmarketinglife
  10. #digitalmarketingtools

Fashion

Fashion - Hashtag
  1. #fashin
  2. #fashionblogger
  3. #fashionista
  4. #fashionable
  5. #fashionstyle
  6. #fashionblog
  7. #fashiongram
  8. #fashionaddict
  9. #fashionweek
  10. #fashiondiaries

Travel

Tagar Travel
  1. #travel
  2. #travelgram
  3. #traveling
  4. #travelphotography
  5. #travelling
  6. #travelblogger
  7. #traveler
  8. #travelersnotebook
  9. #travelingram
  10. #traveltheworld

Bisnis

Tagar Bisnis di IG
  1. #business
  2. #businessman
  3. #businesswoman
  4. #businessowner
  5. #businessowners
  6. #businesscoach
  7. #businesswomen
  8. #businesslife
  9. #businesstips
  10. #businessminded

Demikian tadi penjelasan kami tentang hashtag Instagram terpopuler untuk bisnis di tahun ini. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Catra Wardhana