Rumahweb Blog
apa itu promosi adalah

Pengertian Promosi dan Penerapan Strategi yang Paling Ampuh

Bagi pelanggan, promosi adalah momen yang ditunggu-tunggu, karena harga produk akan lebih murah dibanding harga normal, maupun penawaran menarik lainnya. Namun dari sudut pandang pelaku bisnis, promosi tentu saja memiliki tujuan yang berbeda.

Pada pembahasan kali ini, Rumahweb akan mengupas secara tuntas tentang apa itu promosi, tujuan, contoh, hingga ide strategi yang bisa diterapkan. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Pengertian Promosi

Promosi adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga. Istilah ini biasa digunakan dalam dunia pemasaran maupun pekerjaan. Dalam pekerjaan, yang dimaksud dengan promosi adalah peningkatan pangkat atau posisi karyawan dalam organisasi perusahaan.

Hal ini tentu berbeda dengan konsep promosi dalam dunia pemasaran atau marketing. Dalam dunia marketing, promosi adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau perusahaan kepada masyarakat untuk memperkenalkan produk dan mempengaruhi mereka untuk menggunakan atau membeli produk tersebut.

Menurut Harper Boyd, promosi adalah upaya untuk membujuk orang agar menerima produk, gagasan, maupun konsep. Sedangkan menurut Louis E. Boone & David L. Kurtz, promosi adalah upaya untuk membujuk, memberikan informasi, dan memengaruhi keputusan pembelian.

Sebenarnya, ada banyak pengertian mengenai promosi. Namun, intinya tetaplah sama: memberitahukan, menginformasikan, menyebarluaskan, dan menawarkan jasa atau produk kepada calon konsumen, hingga akhirnya mereka melakukan pembelian.

Media Promosi

Media untuk melakukan promosi sangatlah beragam. Apalagi dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, tentu media untuk mempromosikan produk semakin banyak. Beberapa media yang bisa Anda coba untuk promosi adalah:

1. Promosi Secara Fisik

Promosi satu ini mungkin menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan. Promo atau Promosi secara fisik biasanya ditemukan saat ada kegiatan tertentu, seperti bazaar, pameran, konser, dan lainnya.

Biasanya, pelaku usaha akan membuka booth dan menampilkan produk yang mereka jual.

Kelebihan dari promosi ini adalah Anda bisa langsung berinteraksi dengan calon konsumen, yang tentu saja ada potensi lebih besar untuk mempersuasi calon konsumen membeli produk atau memakai jasa yang Anda tawarkan.

Namun, kekurangan dari promosi secara fisik adalah calon konsumen yang diraih juga sangat terbatas pada calon konsumen yang hadir pada acara tersebut atau yang mengunjungi booth Anda saja.

2. Promosi Melalui Media Tradisional

Anda tentu pernah melihat iklan di televisi, media cetak, atau mendengarkan iklan di radio. Beberapa iklan tersebut adalah contoh promosi melalui media tradisional. Tidak hanya itu saja, promosi melalui media tradisional juga bisa melalui billboard, baliho, iklan banner, dan sejenisnya.

Promosi ini dinilai cukup efektif karena bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen. Namun, ongkos biaya promosi yang dikeluarkan juga jauh lebih mahal dibanding promosi secara fisik.

3. Promosi Melalui Media Digital

Media promosi terbaru yang mulai digandrungi adalah promosi melalui media digital. Perkembangan teknologi membuat pelaku usaha bisa mempromosikan produk atau jasanya jauh lebih luas. 

Namun, tingkat kreativitas yang tinggi juga dituntut ketika melakukan promosi di media digital. Bukan tanpa alasan, banyaknya kompetitor di niche yang sama membuat Anda harus putar otak menghasilkan promosi yang unik dan menarik.

Beberapa media promosi yang efektif dalam dunia digital saat ini adalah:

Media Sosial

Media sosial seperti Facebook dan Instagram bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau bisnis Anda. Melalui Facebook, Anda bisa membuat fan page brand atau bisnis untuk melakukan promosi.

Sedangkan di Instagram, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur yang sangat berguna untuk promosi, salah satunya adalah hashtag. Tak hanya itu, Anda juga memanfaatkan fitur quiz, question, hingga polling sebagai media promosi sekaligus membangun interaksi dengan konsumen.

Marketplace

Tak hanya tempat untuk jual beli, marketplace ternyata juga bisa menjadi media promosi. Anda bisa mempromosikan brand bisnis anda melalui sejumlah marketplace yang tersedia, misalnya Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Email Marketing

Ingin mempromosikan produk untuk menaikkan penjualan, sekaligus meningkatkan brand awareness? Email marketing adalah salah satu strategi yang tepat!

Email marketing dianggap sangat efektif untuk melakukan promosi, baik pada calon konsumen maupun konsumen lama. Untuk lebih jelasnya, pembahasan seputar email marketing telah Rumahweb rangkum dalam artikel satu ini: Email Marketing: Pengertian, Strategi, dan Toolsnya

Salah satu tips agar strategi promosi melalui email marketing dapat berhasil adalah dengan menggunakan alamat email yang valid, seperti [email protected].

Tak hanya itu saja, layanan email juga sangat memengaruhi keberhasilan promosi melalui email marketing. Bayangkan saja. jika email batch gagal terkirim hanya karena salah memilih layanan email.

Oleh karena itu, Rumahweb menawarkan layanan email terbaik sebagai solusi promosi melalui email marketing bisnis Anda! DirectMail adalah layanan email yang simpel dan efisien, dengan jaminan deliverability yang tinggi.

Langsung akses laman DirectMail – Layanan Email Marketing Terbaik untuk informasi lebih lanjut.

Website

Media promosi lain yang bisa Anda manfaatkan adalah website. Keberadaan website dapat membantu konsumen untuk menemukan bisnis Anda dengan lebih mudah.

Jangan khawatir jika Anda belum memiliki website dan tidak berpengalaman dalam membuat website, karena Rumahweb siap membantu! Rumahweb menyediakan jasa pembuatan website company profile yang mampu mewujudkan keinginan anda memiliki website yang menarik.

Cukup siapkan materi, pilih tampilan website yang diinginkan, dan berbekal biaya mulai dari Rp49.000 per bulan, Anda sudah bisa memiliki website impian! kunjungi link berikut untuk informasi lebih lanjut: Jasa Pembuatan Website dari Rumahweb Indonesia

Tujuan Promosi

Anda mungkin bertanya-tanya, apa tujuan dari promosi, dan mengapa hal ini menjadi salah satu kunci utama dalam marketing yang tak jarang membutuhkan biaya besar. Beberapa tujuan yang bisa dicapai melalui promosi adalah:

  1. Menyebarluaskan informasi mengenai produk atau jasa kepada calon konsumen potensial.
  2. Menarik perhatian calon konsumen untuk melakukan pembelian.
  3. Mendapatkan konsumen baru dan menjaga loyalitas mereka.
  4. Menaikkan profit atau keuntungan perusahaan.
  5. Membentuk citra (branding) produk atau perusahaan sesuai dengan yang diharapkan.
  6. Menunjukkan perbedaan dan keunggulan produk atau jasa dengan milik kompetitor.
  7. Mengubah pendapat konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Contoh Promosi

Ada banyak contoh perusahaan yang berhasil melakukan promosi dan membekas di ingatan masyarakat. Karena penawaran yang menarik dan berbeda, tak heran jika berbagai perusahaan ini terus berkembang. 

Beberapa contoh sukses promosi adalah sebagai berikut:

1. Promosi Coca Cola “Share a Coke”

Promosi Coca Cola “Share a Coke”

Promosi satu ini mungkin masih diingat oleh sebagian orang. Bagaimana tidak, saat itu, penjualan Coca Cola langsung meningkat tajam. Promosi yang dilakukan cukup sederhana, yakni membubuhkan nama-nama populer pada botol atau kaleng Coca Cola tersebut.

Pendekatan seperti ini tentu membuat konsumennya merasa spesial. Banyak orang kemudian berlomba-lomba untuk mencari nama mereka di botol minuman Coca Cola, bahkan tak sedikit yang memburunya untuk dijadikan hadiah.

2. Promosi P&G “Thank You Mom”

Promosi P&G “Thank You Mom”

Pada tahun 2012 lalu, perusahaan P&G menjadi perbincangan hangat usai mengeluarkan promosi bertajuk “Thank You Mom”. Tujuan promosi ini adalah menunjukkan rasa terima kasih terhadap ibu di seluruh dunia.

Bertepatan dengan momen Olimpiade London 2012, P&G pun menggaet International Olympic Committee (IOC) dalam melakukan kampanye ini.

Di Indonesia, promosi P&G dihadirkan melalui video yang memperlihatkan sosok Susi Susanti dan Richard Sam Bera yang pernah mengharumkan nama Indonesia. Alhasil, video tersebut berhasil menggugah kesadaran masyarakat tentang betapa besar peran ibu di balik kesuksesan seseorang.

Strategi Promosi yang Ampuh

Promosi adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh konsumen, karena penawaran dari brand atau perusahaan membuat konsumen merasa diuntungkan. Begitu pula bagi perusahaan, promosi adalah salah satu cara untuk menggaet konsumen agar melakukan pembelian dengan penawaran menarik dan sayang dilewatkan.

Promosi tentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika salah langkah, Anda justru bisa mengalami kerugian yang tak sedikit. Untuk itu, dibutuhkan strategi yang ampuh agar tujuan promosi bisa tercapai. 

Beberapa strategi yang bisa dicoba dalam promosi adalah sebagai berikut:

1. Beli 1 Gratis 1

Anda bisa mencoba strategi ini untuk promosi produk baru, karena konsumen akan merasa diuntungkan. Jika strategi ini dapat meningkatkan penjualan, maka Anda bisa melanjutkannya dengan promosi beli 2 gratis 1 atau semacamnya.

2. Diskon atau Potongan Harga

Jika strategi beli 1 gratis 1 terasa berat, maka Anda juga bisa menawarkan diskon atau potongan harga pada produk tertentu. Hal ini juga dapat menarik konsumen baru yang masih ragu mencoba produk Anda, karena sayang untuk melewatkan diskon.

3. Gratis Ongkos Kirim (Ongkir)

Promosi free ongkir alias ongkos kirim gratis juga jadi salah satu strategi promosi yang sangat menarik!

Praktik ini biasanya ditawarkan oleh banyak brand di marketplace maupun website perusahaan. Anda hanya perlu menentukan minimal transaksi yang akan mendapatkan gratis ongkir.

4. Flash Sale

Flash sale juga menjadi ajang promosi yang patut dicoba. Promosi harga spesial dalam jangka waktu terbatas biasanya dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Konsumen merasa harus membeli saat itu juga, karena setelahnya harga akan kembali normal.

5. Cashback

Salah satu tujuan cashback dalam promosi adalah agar konsumen melakukan pembelian kembali. Biasanya, cashback dapat berbentuk voucher atau poin yang hanya bisa digunakan di website atau marketplace Anda.

Dengan cara ini, Anda juga berpotensi memiliki jajaran konsumen atau pelanggan loyal.

6. Garansi Produk

Hal yang tak kalah penting dalam promosi adalah menawarkan garansi produk. Misalnya, garansi produk yang rusak diganti dengan produk baru atau jaminan uang kembali. Menarik, bukan?

7. Poin Reward

Strategi lain yang bisa Anda coba saat promosi adalah dengan memberikan poin reward. Setelah mencapai angka tertentu, poin kemudian bisa ditukarkan dengan produk tertentu. Hal ini juga dapat meningkatkan transaksi yang dilakukan oleh konsumen.

Itulah penjelasan lengkap dari Rumahweb mengenai promosi. Anda dapat mengaplikasikan strategi promosi yang paling sesuai dengan bisnis dan budget Anda. Jadi, sudah tahu mana strategi promosi yang ingin Anda coba?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 3 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

SSL Murah

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing