Rumahweb Blog
banner blog - 5 Podcast Microphone Terbaik di Tahun 2021

5 Podcast Microphone Terbaik di Tahun 2021

Sebagai platform berbasis audio, suara yang jernih dan nyaman didengarkan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan saat membuat podcast. Untuk dapat menghasilkan suara yang berkualitas, maka Anda juga harus memiliki podcast microphone yang layak dan memiliki standar yang sudah teruji.

Baca juga artikel : Apa itu Podcast?

Faktor yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Podcast Microphone

Ada banyak pilihan podcast microphone dengan merek, bentuk, dan harga yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan untuk membeli podcast microphone, Anda harus mempertimbangkan tiga faktor berikut ini:

1. Desain

Tidak hanya sekedar memilih podcast microphone dengan kualitas dan harga yang diinginkan. Anda juga harus mempertimbangkan desain atau bentuk podcast microphone yang akan digunakan.

Sebuah pertanyaan yang akan sangat membantu dalam memilih desain podcast microphone yang tepat adalah: di mana microphone nantinya akan diletakkan saat proses rekaman? Ada beberapa jenis podcast mic yang cocok untuk diletakkan di meja dengan bantuan tripod, menggantung, atau menggunakan stand.

Dengan memilih desain podcast microphone yang sesuai, Anda juga berinvestasi jika sewaktu-waktu akan merambah ke visual podcast, di mana desain interior ruangan akan sangat berpengaruh karena dapat dilihat oleh audiens.

2. Directionality

Microphone memiliki pola pickup, di mana microphone tersebut bisa menangkap suara dari satu, atau banyak arah. Pola pickup pada microphone ini akan sangat mempengaruhi hasil rekaman suara.

Berdasarkan pola pickupnya, microphone dapat dibagi menjadi dua jenis,yaitu:

  • Cardioid Mic

Cardioid mic akan menangkap suara dari depan saja, dan cenderung menekan atau menghilangkan suara dari arah lain, seperti samping dan belakang. Oleh karena itu cardioid mic cocok digunakan untuk merekam suara atau percakapan.

  • Omnidirectional Mic

Omnidirectional mic menangkap suara dari semua arah: depan, samping, dan belakang. Microphone ini lebih cocok digunakan untuk merekam musik.

Berdasarkan dua jenis microphone di atas, dapat disimpulkan bahwa cardioid mic adalah jenis microphone yang cocok digunakan sebagai podcast microphone karena kemampuannya menangkap suara dari satu arah saja, yang akan meningkatkan kejernihan rekaman.

3. Kedalaman Bit

Kedalaman bit adalah banyaknya jumlah bit yang ada pada sampel audio yang akan mempengaruhi kejernihan suara, ukuran file, dan bitrate. CD memiliki kedalaman 16 bit, sedangkan DVD atau cakram blue-ray memiliki kedalaman 24 bit.

Untuk merekam suara, Anda harus memastikan bahwa podcast mic yang digunakan memiliki kedalaman setidaknya 16 bit.

Setelah mengetahui pentingnya microphone dalam proses pembuatan podcast serta faktor yang harus diperhatikan dalam memilih podcast mic yang paling sesuai, selanjutnya ada berbagai jenis podcast mic dari berbagai brand yang tersedia dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

5 Podcast Microphone Terbaik

Dari banyaknya podcast mic yang ada saat ini, berikut 5 rekomendasi podcast microphone terbaik di tahun 2021:

1. Rode NT USB Mini

Rode NT USB Mini-min

Rode sudah cukup terkenal sebagai brand microphone berkualitas tinggi. Rode NT USB Mini dengan tipe microphone cardioid ini cocok digunakan bagi pemula yang ingin serius dalam memproduksi podcast.

Sesuai namanya, di samping headphone jack 3.5mm, podcast mic ini memiliki output USB Type C yang akan memudahkan Anda dalam menyambungkan podcast mic langsung ke laptop, komputer, atau bahkan handphone.

Dengan ukuran yang cukup kecil dan sudah memiliki built-in stand dan pop-filter, Rode NT USB Mini dapat dipesan dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 1.600.000.

2. Audio Technica AT2020USB+

Audio Technica AT2020USB+-min

Satu lagi brand yang terkenal dengan kualitas produknya adalah Audio Technica. Podcast mic seri AT2020USB+ ini dapat langsung disambungkan ke laptop Anda menggunakan kabel USB.

Selain dapat disambungkan dengan mudah, podcast mic ini juga memiliki kualitas suara yang sangat bagus dan memang dirancang untuk membuat voice-over dan podcast. Podcast Mic AT2020USB+ juga dilengkapi dengan control gain dan volume, serta jack headphone internal.

Memiliki bentuk mic yang sedikit lebih besar dibandingkan Rode NT USB Mini, podcast mic ini ditawarkan dengan harga Rp 2,600.000 sudah termasuk dengan tambahan aksesoris tripod, kabel USB, dan tas penyimpanan.

3. Rode Procaster

Rode Procaster-min

Seri lain dari Rode pada daftar ini adalah Rode Procaster. Dirancang khusus untuk merekam suara, atau lebih spesifiknya untuk merekam percakapan, podcast mic ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari microphone berkualitas tinggi.

Salah satu keunggulan Rode Procaster adalah kemampuannya menghilangkan noise. Meskipun Anda merekam suara di ruangan atau lingkungan yang cukup berisik, namun podcast mic ini diklaim dapat tetap menghasilkan rekaman dengan suara yang jernih.

Dipasarkan sebagai broadcast microphone, Rode Procaster dapat dibeli dengan harga Rp 2.775.000 dan menjadi podcast mic dengan kualitas terbaik dalam daftar ini.

4. Blue Microphone Snowball

Blue Microphone Snowball-min

Jika Anda ingin membeli podcast mic dengan harga di bawah satu juta, maka Blue Microphone Snowball dapat menjadi pilihan yang tepat. Meskipun awalnya dirancang untuk meningkatkan kualitas panggilan telepon, microphone ini juga sangat cocok digunakan sebagai alternatif podcast mic.

Podcast mic ini memiliki tipe kabel konektor USB. Sehingga, Anda cukup menyambungkan podcast mic ini ke gadget, dan microphone langsung siap untuk digunakan. 

Dengan harga sekitar Rp 705.000, Anda sudah mendapatkan satu unit podcast mic, lengkap dengan stand atau tripodnya. Meskipun harganya jauh lebih murah dibandingkan podcast mic pada umumnya, namun kualitas suara yang dihasilkan sudah layak untuk membuat podcast.

5. Audio Technica AT2035PK Microphone Pack

Audio Technica AT2035PK Microphone Pack-min

Satu lagi podcast mic dari Audio Technica yang dapat menjadi opsi menarik adalah Audio Technica AT2035PK. Menariknya, seri podcast mic ini banyak dijual dalam satu paket lengkap, berisi microphone, stand, dan headphone.

Jika Anda ingin mencari podcast mic dengan koneksi XLR, maka seri AT2035PK ini akan sangat cocok dengan kebutuhan Anda. Podcast mic ini akan lebih banyak menangkap suara dari arah depan dibandingkan dari samping atau belakang, yang akan mengurangi noise dan membuat suara lebih jernih.

Set podcast mic ini cocok bagi Anda yang tidak mau repot, dengan membeli satu paket lengkap berisi mic, kabel XLR, boom arm, shock mount, dan monitor headphone ATH m20x, lengkap dengan tas penyimpanannya dengan harga Rp 4.700.000. 

Berikut tadi 5 rekomendasi podcast microphone terbaik di tahun 2021 yang dapat menjadi acuan Anda. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan Anda sudah menyesuaikannya dengan budget yang disiapkan, serta mengetahui keunggulan dan kekurangan podcast mic tersebut.

Dengan memilih peralatan yang tepat, Anda dapat menghasilkan kualitas suara yang jernih. Kualitas suara yang bagus ini akan mempermudah langkah selanjutnya, yaitu mengedit audio, yang tentu akan mempercepat proses produksi podcast.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda