Rumahweb Blog
banner blog - Permohonan Maaf atas Gangguan Network 19 Februari 2021

Permohonan Maaf atas Gangguan Network 19 Februari 2021

Kami beritahukan bahwa sejak tanggal 19 Februari 2021 sekitar pukul 10.15 WIB, telah terjadi gangguan pada network internasional yang mengakibatkan gangguan berupa ketidakstabilan dan penurunan kualitas link akses dari network Rumahweb ke arah luar Indonesia dan sebaliknya.

Penyebab Gangguan Network

Gangguan ini disebabkan karena putusnya jaringan submarine fiber B3JS (Jakarta-Bangka-Bintan-Batam-Singapore) yang menjadi backbone konektivitas internasional bagi banyak ISP di Indonesia.

Apakah Rumahweb tidak Memiliki Backup?

Rumahweb menggunakan 3 ISP untuk mengkoneksikan jaringannya ke jaringan internasional dengan tujuan agar bisa saling mem-backup ketika terjadi gangguan di salah satu atau bahkan dua ISP sekaligus.

Kami juga memilih ISP yang memiliki backbone NAP (Network Access Provider) berbeda, sehingga ketika ada masalah di sisi NAP tidak akan berimbas banyak, dengan asumsi ISP-ISP yang kami gunakan memiliki NAP yang berbeda-beda.

Namun setelah kejadian pada tanggal 19 Februari 2021 tersebut, kami baru mengetahui bahwa NAP-NAP tersebut meski berbeda koneksi, hampir semuanya menggunakan jaringan submarine fiber B3JS yang terganggu.

Sehingga, meskipun kami menggunakan 3 ISP yang berbeda, semuanya mengalami gangguan berupa putus total maupun degradasi kualitas link.

Apakah Koneksi Lokal dari Indonesia Terganggu?

Rumahweb terkoneksi langsung melalui IIX, OpenIXP, CDIX, dan CIX sehingga sebenarnya relatif tidak ada gangguan. Kendati demikian, kami mengamati ada gangguan saat akses website dengan HTTPS. Hal ini terjadi karena koneksi antara server kami ke CA (Certificate Authority) yang semuanya berada di luar negeri terganggu.

Efek dari Gangguan Jaringan Internasional

Beberapa efek dari gangguan tersebut, antara lain:

  • Website lambat/gagal diakses dari luar negeri;
  • Email mengalami delay baik dari dan ke mail server yang berada di luar negeri;
  • Akses ke HTTPS terganggu;
  • dll

Kami paham bahwa gangguan ini menyebabkan terganggunya juga proses bisnis Anda. Untuk itu, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami memonitor bahwa konektivitas internasional mulai stabil pada hari ini, namun belum sepenuhnya pulih sehingga mungkin masih ada beberapa kendala minor. Kami juga sedang dalam proses penarikan link baru untuk semakin memperlancar jaringan internasional kami.

Sekali lagi, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas gangguan dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

RumahWeb